CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Separah Apakah Dampak Virus Corona Bagi Tubuh Kita?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e78851d0577a935d5512724/separah-apakah-dampak-virus-corona-bagi-tubuh-kita

Separah Apakah Dampak Virus Corona Bagi Tubuh Kita?

Separah Apakah Dampak Virus Corona Bagi Tubuh Kita?


Masih banyak peneliti yang belum mengetahui dengan jelas dan lengkap akan virus Corona atau COVID-19 ini. Namun, salah satu yang pasti tentu adalah dampak yang sangat membahayakan bagi tubuh.

Tak seperti SARS dan MERS, virus ini banyak menyerang ke beberapa organ tubuh. Maka tak heran jika virus ini bisa menjadi pandemi dan begitu membahayakan nyawa. Bagi kalian yang belum tahu, berikut dampak berbahaya dari virus ini saat menyerang organ, dilansir dari National Georaphic.

Separah Apakah Dampak Virus Corona Bagi Tubuh Kita?

Persebaran Corona. (Sumber: Unsplash/Martin Sanchez).

Paru-paru

Seperti yang kita tahu, virus Corona banyak menyerang ke sistem pernafasan kita, terutama paru-paru. Virus ini mudah tersebar melalui tetesan batuk atau bersin seseorang  kepada siapapun yang berada dalam kontak terdekat. Virus ini juga memberikan tanda atau gejala yang hampir mirip seperti flu, mulai dengan demam, batuk hingga berkembang menjadi pneumonia atau bisa lebih buruk dari itu.

Setelah wabah SARS pernah terjadi, WHO melaporkan bahwa penyakit ini biasanya juga menyerang paru-paru dalam tiga fase: replikasi virus, hiper-reaktivitas imun hingga kerusakan paru-paru. Profesor rekanan dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, B. Matthew B. Fireman mengatakan bahwa virus Corona di hari-hari awal terinfeksi akan dengan cepat menyerang sel paru-paru manusia. Ia juga mengugkapkan bahawa virus juga tersebut memiliki gejala dan pola kerusakan yang sama pada paru-paru seperti SARS.

Kerusakan tersebut terjadi karena paru-paru dipenuhi dengan material inflamasi sehingga tidak mampu mendapat oksigen yang cukup untuk aliran darah. Hal inilah yang menyebabkan kemampuan tubuh untuk mengambil oksigen dan menyingkirkan karbon dioksida menjadi berkurang.



Hati

Tak hanya paru-paru, virus Corona ini juga akan memberikan dampak negatif pada hati kita. Hati merupakan orang yang sangat vaskular sehingga kemungkinan virus dapat dengan mudah masuk ke dalam hati. Hati memiliki tugas utama untuk memproses darah setelah meninggalkan lambung, menyaring racun dan menciptakan nutrisi yang dapat digunakan tubuh.

Selain itu, hati bersama dengan empedu juga bertugas membantu usus kecil dalam memecah lemak. Normalnya, sel-sel hati akan mati dan melepaskan enzim ke dalam aliran darah dan segera melakukan regenerasi sel-sel baru setelahnya. Sudah terbayang kan bagaimana efeknya jika virus tersebut menyerang hati?

Walau demikian, para ilmuan juga tidak sepenuhnya memahami bagaimana virus ini dapat memengaruhi hati. Virus mungkin dapat langsung menginfeksi, mereplikasi dan membunuh selnya sendiri atau justru mengalami kerusakan tambahan karena respon imun tubuh terhadap virus memicu reaksi inflamasi yang parah di hati.

Separah Apakah Dampak Virus Corona Bagi Tubuh Kita?

Virus Corona. (Sumber: NEXU Science).

Ginjal

Seperti hati, ginjal juga memiliki peran sebagai penyaring darah. Setiap ginjal diisi dengan sekitar 800 unit penyulingan mikroskopis yang disebut dengan nefron. Nefron tersebut juga memiliki komponen utama seperti filter untuk membersihkan darah dan juga tabung kecil untuk mengembalikan hal-hal baik ke dalam tubuh serta membuang yang kotor melalui urine.

Kar Neng Lai, profesor emeritus di University of Hong Kong sekaligus ahli nefrologi di Hong Kong Sanatorium and Hospital menyatakan, tidak jarang ditemukan virus di tubulus ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal yang terus-menerus bertugas untuk menyaring darah dan dapat menyebabkan cedera. Cedera itu bisa jadi mematikan jika virus menembus sel dan mulai bereplikasi.

Demikian beberapa ancaman bahaya yang terjadi saat virus Corona menyerang tubuh kita. Bila tak ingin merasakan efek berjangka panjang, maka mulailah teratur dalam menjaga diri. Awali dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang telah disosialisasikan.





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di