CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Help, Tips & Tutorial Music /
Terapi Musik Mengurangi Rasa Sakit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e786aa0e83c7257f31b23a4/terapi-musik-mengurangi-rasa-sakit

Terapi Musik Mengurangi Rasa Sakit

Musik dipercaya dapat membantu pasien yang sedang sakit karena penyakit tertentu, tidak secara langsung menyembuhkan, tapi dapat mengurangi rasa sakit yang sebelumnya sangat menghantui . Jika ingin sembuh, harus lebih sering menyimak musik dalam bentuk terapi . 
Di Indonesia, sudah ada beberapa klinik terapi musik .

Menurut Don Knox, dosen audio senior dari Glasgow Caledonian University, musik memang terbukti mampu mengurangi kecemasan, ketakutan, depresi, nyeri dan tekanan darah . Selain itu, musik juga dapat membantu anak-anak saat menjalani berbagai prosedur medis terkait dengan masalah gigi, bedah dan anestesi . Don juga menunjukkan bahwa musik memiliki efek positif yang lebih besar terhadap rasa sakit dan persepsi, mengurangi kecemasan dan meningkatkan perasaan kontrol atas rasa sakit .

Terapi Musik Mengurangi Rasa Sakit



Terkait hal itu, Peter Vuust dari Functionally Integrative Neuroscience (CFIN) di Aarhus UniversityDenmark, mengatakan pasien fibromyalgia cenderung membaik dari rasa sakit kronis setelah mendengarkan musik favorit .
Untuk menguji pendapat itu, Peter dan kawan-kawan menguji secara langsung pasien yang mengalami rasa sakit . Mereka diminta mendengarkan musik favorit mereka . Para peneliti juga mengukur dampaknya dengan semua parameter . Hasilnya, para pasien melaporkan bahwa rasa sakit menjadi berkurang .

Terapi Musik di Indonesia .

Tidak hanya di luar negeri, terapi musik juga telah diterapkan di Indonesia . Sejak Maret 2015 lalu, Conservatory OF Music Universitas Pelita Harapan telah membuka klinik terapi musik untuk umum . Klinik ini berlokasi di Gedung B ruang 406E, kampus UPH Karawaci .

Uph, mata kuliah yang dipelajari pada peminatan ini gabungan antara ilmu psikologi dan musik . Selain itu, mahasiswa juga akan di perkenalkan dengan anatomi, fisiologi dan neurologi guna mengenal lebih jauh gangguan-gangguan fisik maupun mental manusia .

Menurut beberapa pakar di Indonesia, selain meredakan nyeri, terapi musik juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit .

Terkait hal itu, Profesor Tjut Nyak Deviana Daudsjah, pendiri Institut Musik Daya Indonesia (IMDI), mengatakan bahwa "Berbagai penyakit yang bisa di bantu penyembuhannya itu (terapi musik) adalah stroke, penyakit jantung, gangguan neurologis, epilepsi serta depresi" .


Selain itu, dia mengatakan terapi musik dapat membantu menyembuhkan berbagai aspek seperti fisik, mental, emosional, estetika dan spiritual serta peningkatan keterampilan motorik dan fungsi kognitif .

"Musik dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan efek negatifnya" .


Menarik bukan?? beruntung lah bagi kalian yang sudah bisa memainkan alat musik, dengan sendiri nya bisa menghibur diri dengan bermain alat musik .

Buat kalian yang baru ingin belajar bermain alat musik, bisa banget bersama kami di Allegra Private Music Course !! dengan sistem jadwal yang fleksibel serta kalian juga bisa belajar dengan guru datang kerumah-rumah siswa .

profile-picture
akunflo memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di