CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
#MumpungDiRumah Yuk Seru-Seruan Gambar Wajah, Kalo Bisa Sambil Merem Ya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7851f9a2d195503350701d/mumpungdirumah-yuk-seru-seruan-gambar-wajah-kalo-bisa-sambil-merem-ya

#MumpungDiRumah Yuk Seru-Seruan Gambar Wajah, Kalo Bisa Sambil Merem Ya

#MumpungDiRumah Yuk Seru-Seruan Gambar Wajah, Kalo Bisa Sambil Merem Ya

*****

Wah wah wah ... ane lihat-lihat kok pada santuy rebahan aja nih agan-agan. Seharian udah habis berapa jam nih di depan gadget? hehehe ...

Daripada hari agan sia-sia dan #mumpungdirumah, gimana kalau dipakai buat iseng-iseng berkesenian aja. Ane mau ajak agan-agan sekalian untuk menggambar wajah di kertas. Nanti yang digambar wajah agan sendiri ya, bukan wajah orang lain.

Tapi, ada tapinya, cara yang kita pakai untuk menggambar kali ini sedikit berbeda dengan biasanya.

*****

Mungkin video dari Austin Kleon ini bisa menjelaskan maksud ane dengan lebih baik.
Quote:

Teknik menggambar ini biasa disebut sebagai "blind contour drawing", yaitu menggambar tanpa melihat media menggambar kita. Misal, kita gambar di kertas, berarti kita gambar tanpa melihat kertasnya. Kalau kita gambar di tembok, ya berarti kita gambar tanpa melihat temboknya. Kira-kira begitu.

*****

Sekarang mari kita coba. Caranya simpel aja sih gan. Agan cuma perlu menyiapkan pulpen, kertas, dan cermin. Lalu eksekusi tanpa melihat ke kertas.

Sebagai contoh, berikut ini adalah hasil blind contour drawing ane.
Quote:

Kok jelek? ya memang begitu. Tapi nyeni kan? hehe ... Agan gak perlu khawatir hasil gambar kita jelek atau bagus. Yang jelas akan ada kejutan-kejutan yang agan temui saat usai menggambar, dan melihat kembali ke kertas agan.

*****
Quote:

Katanya sih blind contour drawing adalah salah satu latihan menggambar yang biasa dipraktikkan di kelas seni. Mengutip Sam Anderson, aktivitas menggambar tanpa melihat ini diklaim memberikan efek seperti meditasi, atau semacam kegiatan memurnikan diri.

Kalau ane lebih cucok meong dengan pendapat Austin Kleon yang menggunakan blind contour drawing sebagai cara untuk melakukan pemanasan, sebelum menulis jurnal hariannya.

Austin Kleon, mengutip Kimon Nicolaïdes, menganggap bahwasannya dengan menggambar tanpa melihat, kita mengaktifkan indra "penglihatan" kita yang lain, atau mungkin lebih tepatnya, "melihat" dengan indra peraba.

*****

Nah, kalau yang ini adalah hasil gambar dari Kleon,
Quote:

dan Sam Anderson.
Quote:

Untuk mendapatkan hasil yang bagus seperti rangorang ini sebaiknya agan menggambar tanpa terburu-buru dengan mengandalkan intuisi agan. Jangan kek ane yang asal-asalan. Tapi hasilnya sama aja deng. emoticon-Hammer

*****

Saran ane biar hemat kertas gunakan kertas bekas aja gan, alias yang udah gak kepakai. Biar gak terlalu buang-buang kertas.

Lumayan lho, bisa di-posting di IG agan-agan sekalian. Itung-itung buat konten ya kan? #mumpungdirumah juga. emoticon-Wowcantik

*****

Sekian dari ane Bre & Sis.
Silakan share hasil blind contour drawing agan sekalian di kolom komen emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
profile-picture
tetasgrandes memberi reputasi
Diubah oleh Papa.T.Bob


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di