CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Resep Sop Iga Kambing Santan Yang Enak dan Spesial
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e783ebec9518b04fe00c202/resep-sop-iga-kambing-santan-yang-enak-dan-spesial

Resep Sop Iga Kambing Santan Yang Enak dan Spesial

Pada artikel kali ini saya akan membahas artikel tentang Resep Sop Iga Kambing Santan Yang Enak dan Spesial. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah, dan disajikan untuk kaluarga anda tercinta.


Resep Sop Iga Kambing

Resep Sop Iga Kambing Santan Yang Enak dan Spesial


1. Resep Sop Iga Kambing Kuah Susu

Bahan utama sup kambing Betawi kuah susu:
buah kaki kambing
1500 cc air
5 sendok makan susu bubuk kambing (bisa diganti dengan susu bubuk full cream)

Bahan untuk bumbunya:
3 siung bawang putih, haluskan
5 butir bawang merah, haluskan
5 cm kayu manis
3 cm jahe, haluskan
5 butir kapulaga
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
3 butir cengkeh
gula merah sedikit
garam secukupnya


Bahan pelengkapnya:
irisan jeruk nipis
tomat, iris tipis
emping goreng
bawang goreng untuk taburan
acar mentimun

Cara membuat sup kambing Betawi kuah susu:
1. Bersihkan dulu kaki kambing yang sudah disiapkan. Kalau masih berbulu, bersihkan hingga benar-benar bersih.
2. Selanjutnya, potong-potong kaki kambing sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jangan terlalu tipis atau kecil, karena akan membuatnya sulit dipotong, bahkan jadi mudah hancur.
3. Setelah dipotong-potong, cuci lagi hingga benar-benar bersih.
4. Masukkan potongan kaki kambing ke dalam panci, beri air dan rebus hingga kaki kambing menjadi lebih empuk secara merata.
5. Setelah empuk, angkat dan sisihkan. Sisakan air rebusan kaki kambing untuk dijadikan sebagai kuah kaldunya.
6. Siapkan wajan di atas kompor, beri sedikit minyak goreng dan tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum dari tumisan.
7. Selesai menumis, angkat dan panaskan lagi rebusan kaki kambing. 8.Kemudian masukkan bumbu hasil tumisan ke dalamnya. Aduk hingga tercampur rata dan meresap ke dalam daging.
9. Encerkan susu bubuk dengan 100 ml air hangat biar tidak menggumpal.
10. Masukkan susu bubuk ke dalam kuah dan masak hingga matang merata dan kaki kambing benar-benar empuk. Masukkan juga bumbu-bumbu yang belum dimasukkan.
11. Diamkan hingga bumbu meresap dan berpadu bersama kuah susu kaldu dan cicipi rasanya hingga pas.
12. Kalau rasanya sudah pas dan kaki kambing sudah matang. Angkat rebusan dan matikan kompor.
13. Sup kambing kuah susu pun siap untuk dihidangkan.

Demikian tadi artikel saya. Selamat mencoba ya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 2 lainnya memberi reputasi
duhhhh ane udh lama bgt ga makan sop betawi begini emoticon-Frown pake kuah susu pulaaa pasti mantep neh rasanye
ane mejeng dulu di trit kuliner favorit ane
Post ini telah dihapus oleh KASKUS.Dev 01
bikin lapeeer
maooooo
maooooo
Quote:


Hati hati gan, jangan sampe ngeces.
Hehehe
profile-picture
ojo.kondor memberi reputasi
Quote:


Rasanya pasti cetar membahanaaaaaaaaaaaaaaaa!!!
Lihat 1 balasan
Sop iga kambing nya kuahnya kental ya gan
emoticon-Matabelo
Quote:


Siap bre
kayaknya enaak nih jadi pengen anee, tapi ga make kambing kalo ane wkwk ga doyan. ayam atau sapi udah enak jg kayaknya
diem di rumah ane bosen banget waktunya cari2 resep hahaha tengs gan
duhhhh ga nahaann, sop igaaa santan buat lebaran nantiii enak banget pasti
Pakai kuah susu ya sist ini, wah gimana rasanya ya, pasti tambah gurih dan lezat.. Ane penasaran sop yang menggunakan kuah susu tuh rasanya seperti apa.. sayangnya disini nggak ada yang jual, sop dan soto disini pakai kuah kaldu ayam atau sapi.
Quote:


Iya gan bener banget ane juga udah lama ini ga makan Sop betawi. Jadi pengen yaampun
Quote:


Iya gan bener banget emang kebanyakan pake kuah kaldu pasti jarang banget pake kuah susu
Wahhh enak banget sih ini jadi laper deh pengen makan sop betawi hehehe
Quote:


Iya gan bener banget bikin laper nihhh enak banget sih ngeliatnya. Ane pengen buat deh kalo dah ada bahan bahan nya
Quote:


Iya gan bener banget ane malah belom pernah nyobain tuh yang pake kuah susu rasanya gimana hehehe
Wahhh info bagus nih ane jadi pengen buat hehehe. Belanja dulu besok bahan bahan nya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di