CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Waduh, Ternyata Jateng Belum Bisa Tes Corona Sendiri Gan...!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e77f2c8eaab256e87114cc2/waduh-ternyata-jateng-belum-bisa-tes-corona-sendiri-gan

Waduh, Ternyata Jateng Belum Bisa Tes Corona Sendiri Gan...!

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menginginkan daerahnya bisa melakukan tes pemeriksaan spesimen virus corona Covid-19 sendiri.

Sebelumnya, tes harus dilakukan di laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta.
"Saya sedang berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar ada laboratorium pemeriksaan di Jateng. Saya minta setiap enam eks karesidenan ada rumah sakit yang bisa mengecek," kata Ganjar, Minggu (22/3/2020).

Dia berharap Presiden Jokowi bisa mengeluarkan kebijakan hal tersebut.
Mengingat, sudah banyak daerah yang bisa melakukan pemeriksaan sendiri.

Awalnya, tes terkait positif atau tidak Covid-19, hanya bisa dilakukan di Jakarta (Puslitbangkes Kemenkes), Unair (Rumah Sakit Universitas Airlangga), dan Eijkman (Lembaga Biologi Molekuler Eijkman). Saat ini, sudah ada tambahan beberapa laboratorium dan rumah sakit yang bisa memeriksa.


"Kalau itu bisa, maka setiap daerah bisa melakukan pengetesan dengan lebih cepat karena jaraknya yang pendek," ujarnya.

Menurutnya, sumber daya manusia, peralatan akan disiapkan. Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo, menuturkan saat ini di Jawa Tengah sudah ada laboratorium kesehatan. Hanya saja, belum bisa memeriksa Covid-19.

"Laboratorium itu membutuhkan peralatan moleluler untuk memeriksa virus corona.
Jadi memang butuh waktu persiapan, tidak bisa langsung instan," terangnya.
Saat ini, kata dia, Jateng sudah menggunakan tempat pemeriksaan Covid-19 di BTKLPP DIY sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan dan perjalanan lebih singkat.

"Ya pemeriksaan hingga bisa diketahui hasilnya sekitar 24 jam tinggal ditambah perjalanan," jelasnya.

Sementara, Kepala BTKLPP Jogja, Irene mengatakan pihaknya melayani pemeriksaan sampel yang ada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Kami melayani pemeriksaan warga Jateng dengan harapan hasilnya bisa cepat diketahui dan diharapkan memutus rantai penularan," kata Irene.


Ketika ditanya apakah warga bisa ke institusinya untuk memeriksakan diri, Irene menuturkan saat ini hanya diberi penugasan untuk melakukan pemeriksaan sampel spesimen terhadap pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP) dan seseorang yang melakukan kontak langsung dengan pembawa virus.
"Sedangkan yang mandiri atau inisiatif dari masyarakat, belum bisa dilayani," jelasnya.

Setelah hasil keluar, lanjutnya, pihaknya akan menyampaikan ke pemerintah pusat jika hasil positif. Nanti dari pusat ke pemerintah provinsi. Sumber.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan delia.adel memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Mintak kit rapid tes ke Jokowi
profile-picture
amiruls.lee memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Yupz, dukung pemerintah agar mempersiapkan semuanya. Minimal tiap provinsi punya fasilitas lab corona. Dan khususon di Jabodetabek semua RS tipe B juga harus punya. melihat gelagat pemerintah yg kayaknya akan memksakan herd immunity, fasilitas medis harus mencukupi. Tenaga medis, relawan, APD harus siap
Quote:


kayaknya dibawa ke lab gan..
Lihat 1 balasan
wilayah Indonesia terlampau besar. pastinya lah kekurangan pasokan..apalagi dana untuk mendapatkan apaapa saja yang dibutuhkan..duh tidak terbayangkan pokoknya dah
Lihat 1 balasan
tenang kita udah beli rapit tes bnyk
yg klaim sumbang2an tu hoax inget ye kite udeh beliemoticon-Recommended Seller
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Rapid test setau saya untuk screening saja.

Mengacu ke WHO,
tes untuk konfirmasinya tetap pake PCR.
Lihat 1 balasan
Pokokmen taruh lah di solo satu emoticon-Takut
Waduh, Ternyata Jateng Belum Bisa Tes Corona Sendiri Gan...!
emoticon-Takut
Quote:


Bermasalah ini maksudny ODP??
tapi gw heran aja sih jateng ini TKI nya banyak gk mungkin yg positif dikit ....
Quote:


Banyak yg komen didetik lonjakan ini setelah
Kapal pesiar diterima ,
Padahal tuh kapal udah ditolak didbeberapa tempat
Waduh, Ternyata Jateng Belum Bisa Tes Corona Sendiri Gan...!
Quote:


Nah ini buruknya kalo gak mau lockdown
Org2 masih bebas pulang pergi
Quote:


Nyebar nya cepet bgt nih virus
Ngeri emoticon-Takut
emoticon-Turut Berduka
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Gubelnul nya ngapusi emoticon-Big Grin

https://m.detik.com/news/berita/d-3442223/jaksa-sebut-ganjar-pranowo-terima-usd-520-ribu-terkait-korupsi-e-ktp1
profile-picture
pamansengkuni memberi reputasi
Quote:


kemarin baca klo lockdown jakarta bisa ancur
karena bahan2 makanan di kasih dari kota2 lain, lockdown bisa bikin bahan makanan ga bisa di kirim ke jakarta

jakarta udah ga ada sawah dan perkebunan, semua dijadikan perumahan

klo lockdown, ya mati semua itu warganya kelaparanemoticon-Big Grin

cmiiw

BATA!
Diubah oleh red.bezos
per hari kemarin, rapid test udah turun dari pusat
ganjar memprioritaskan daerah semarang & solo
Lab yg siap dan mumpuni di indo cuma di balitbangkes jkt dan TDC unair Sby.. jd ente bayangin sendiri lah gmn siapnya negri ini emoticon-Sorry
undip labnya apa ga mampu ya
Quote:


Cina dana kenceng chuy dan persatuan sejuta umat nya entuh top wkkwwk lah indo entuh elo pan tau sendiri pagimana dah wkwkk
Lu kerjanya ngapain aja sih nies...? emoticon-Blue Guy Bata (L)
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di