CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Semakin Meluas Wabah Virus Corona,pemerintah Indonesia Akan Larang Mudik Lebaran 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e774334337f9370bf410cdf/semakin-meluas-wabah-virus-coronapemerintah-indonesia-akan-larang-mudik-lebaran-2020

Semakin Meluas Wabah Virus Corona,pemerintah Indonesia Akan Larang Mudik Lebaran 2020

Semakin Meluas Wabah Virus Corona,pemerintah Indonesia Akan Larang Mudik Lebaran 2020

BANGKAPOS.COM - Sejak diumumkannya 2 kasus positif corona yang berasal dari depok, penyebaran virus tersebut kini semakin meluas.

Hingga kini, Minggu (22/3/2020) total kasus virus corona yang ada di Indonesia mencapai 450 positif, 20 sembuh, dan 38 meninggal dunia.

Pemerintah pun membahas sejumlah langkah antisipasi dan menanggulangan wabah Covid-19 agar tidak makin meluas.

Salah satunya adalah dengan membuat skenario terburuk, adanya pelarangan mudik Lebaran tahun 2020.

Skenario tersebut mulai dibahas saat ini jika memang status darurat virus corona masih belum mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan bahwa pihaknya saat ini bersama dengan kementerian dan lembaga terkait tengah melakukan pembahasan terkait skema pelarangan dan pelaksaan mudik Lebaran tahun ini.

"Tadi didiskusikan apakah mudik akan dilakukan seperti biasa atau ada peninjauan ulang, atau bahkan ekstremya dilarang. Tapi ini belum diputuskan," terang Adita Irawati dalam video conference, Jumat (20/3/2020).

Munculnya rencana pelarangan mudik tersebut dibahas untuk mencegah terjadinya penularan virus corona.

Pasalnya, mudik sangat identik dengan perkumpulan dan pergerakan masyarakat di satu titik.

Dari kegiatan tersebut dapat menimbulkan potensi yang sangat tinggi dalam terjadinya penularan virus Covid-19.

Padahal, saat mudik Lebaran pasti terjadi pergerakan besar-besaran terutama dari perkotaan ke pedesaan.

Pergerakan yang masif tersebut akan membuat kontrol terhadap penyebaran virus semakin sulit selama mudik terjadi.

"Mudik itu sendiri kita tahu, pengumpulan massa dihindari. Bicara mudik sudah terbayang seperti apa yang akan terjadi, perkumpulan masyarakat," lanjut Adita.

Adita pun menegaskan bahwa fokus pemerintah saat ini adalah mencegah penularan virus semakin banyak.

Oleh karena itu, mudik menggunakan transportasi umum atau pribadi masih akan dibahas keputusannya nanti melalui tim khusus.

"Bagaimana mudik gratis? ini juga sedang dibahas apakah akan dilarang, ditiadakan atau dibatasi," ucapnya yang dikutip dari Kompas.com.

Perayaan hari raya Idul Fitri nantinya diperkirakan akan jatuh pada Mei 2020.

Hal tersebut berarti pemerintah harus segera tanggap mengambil langkah terbaru terkait kebijakan mudik jika status darurat akhirnya diperpanjang.

Diketahui BNPB secara resmi telah mengumumkan perpanjangan status darurat bencana akibat virus corona hingga 29 Mei 2020.

Terdapat empat poin keputusan dalam surat yang disahkan kepala BNPB Doni Monardo, diantaranya:

Pertama, menetapkan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia

Kedua, perpanjangan status keadaan tertentu sebagaimaan dimaksud dalam diktum kesatu berlaku selama 91 hari, terhitung sejak 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020

Ketiga, segala biaya yang akan dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya surat keputusan ini dibebankan kepada dana siap pakai yang ada di BNPB

Keempat, keputusan ini berlaku pada tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Kemudian, beberapa opsi lain seperti mudik akan dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya dengan penjadwalan mudik berdasarkan kota tujuan hingga pembatasan transportasi umum.

Pembatasan mudik juga diberlakukan untuk kendaraan pribadi, khusus untuk kebijakan ini, pemerintah akan dibahas dengan alot lantaran ada kekhawatiran bisa memicu bertambahnya kepemilikan kendaraan pribadi.

(TribunnewsWiki.com/Restu, Kompas.com/Muhammad Idris)

https://bangka.tribunnews.com/amp/20...an-2020?page=2

Mudik bawa oleh2 enyakit buat apa?

Cukup video call,kalo masih sayang keluarga dirumahemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Di depan komplek ane, anak2 motor masih pada nongkrong, baris2in motor nya.... Ada kali 1000 orang...

Bandung jabar...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprilice dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
buat apa juga mudik kalo nga bawa uang.

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mending dilarang dulu aja ...cuman sekali doang karena darurat coronaemoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Aku di depok, ga kelihatan sama sekali warga sekitar kuatir ... ga ada yang pakai masker... kalaupun ada malah di ledekin...

Btw kalau perusahaan ga mampu bayar THR karena rugi, ya ga perlu mudik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mandatini
Lihat 1 balasan
Demi kebaikan bersama......
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan simsol... memberi reputasi
Kemungkinkan emang gini, hal terburuknya semua akan lockdown.
Mulai sekolah diperpanjang sampai pekerja. emoticon-Hansip
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
malah sebagian mahasiswi kosan udah pada pulang dari kemarin kok.

yg dipikirin gimana caranya yg di jaksel jgn sampai mudik atau kemana2
isolasi itu wilayah
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Quote:


alhamdulillahnya di sini udah pada sadar diri sih, palingan kalo terpaksa makan diluar ya cuman makan doang trus pulang gitu ga pake nongkrong2 dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


mau ditindak keras kepentok yg namanya agama, HAM, norma, adat, sama IQ rakyatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 6 lainnya memberi reputasi
tetap waspada dan jangan panik gaes, jaga kesehatan dan kebersihan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
dilarang pas udah kejadian, kmaren2 malah kek gini
Semakin Meluas Wabah Virus Corona,pemerintah Indonesia Akan Larang Mudik Lebaran 2020
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan rizaradri memberi reputasi
Quote:


yang terakhir... iq rakyatnya emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Semakin Meluas Wabah Virus Corona,pemerintah Indonesia Akan Larang Mudik Lebaran 2020

Semakin Meluas Wabah Virus Corona,pemerintah Indonesia Akan Larang Mudik Lebaran 2020

Semakin Meluas Wabah Virus Corona,pemerintah Indonesia Akan Larang Mudik Lebaran 2020
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
sudah seharusnya
Quote:


Quote:


paling enak ditembak aja itu org org
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kadrun bakal siapkan pasukan item putih
Pasukan item ngomporin pemerintah
Pasukan putih counter kebijakan pemerintah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan simsol... memberi reputasi
Darurat gaes.. stay safe
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
di ponorogo malah sudah sliweran mobil plat B dalam moll banyak orang bicara logat sunda sama keluarganya.. :d

nggak mudik darimana?
nggak ketauan iya
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
saat wabah seperti ini jagalah kesehatan, tetaplah rajin berolah raga agar tubuh tetap bugar

Semakin Meluas Wabah Virus Corona,pemerintah Indonesia Akan Larang Mudik Lebaran 2020

olah raga sepak bola memang baik buat tubuh
emoticon-Takut
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di