CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
49 TKA Cina Bebas Masuk Kendari, MPR: Keselamatan Rakyat Diabaikan karena
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e773ff128c99152c4294e3f/49-tka-cina-bebas-masuk-kendari-mpr-keselamatan-rakyat-diabaikan-karena

49 TKA Cina Bebas Masuk Kendari, MPR: Keselamatan Rakyat Diabaikan karena Investasi

49 TKA Cina Bebas Masuk Kendari, MPR: Keselamatan Rakyat Diabaikan karena Investasi

49 TKA Cina Bebas Masuk Kendari, MPR: Keselamatan Rakyat Diabaikan karena

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, menegaskan bahwa larangan masuk atau bahkan sekadar transitnya warga negara asing (WNA) asal Cina ke Indonesia masih berlaku sejak diumumkan pada 2 Februari 2020. Di samping itu, Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal dalam Upaya Pencegahan Masuknya Virus Corona, juga tetap berlaku.

Dia pun menyambut baik keseriusan legislator lokal dari DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menyerukan agar para TKA itu segera dipulangkan. “Kalau memang serius atasi corona, laksanakanlah aturan-aturan dengan tegas. Jangan untuk kepentingan investasi, keamanan dan keselamatan rakyat dan negara akibat corona diabaikan. Jangan sembrono,” ungkap Hidayat dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (19/3).

Semestinya, kata dia, semua pihak serius mengatasi penyebaran wabah virus corona (Covid-19), baik pihak Imigrasi, Kepolisian RI, dan Kemenakertrans, harus taat terhadap ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh Kemenlu dan Kemenhumham. Karena itu, dia mempertanyakan 49 TKA Cina yang lolos ke Kendari, padahal mereka hanya memegang visa kunjungan, yang mestinya (berdasarkan keputusan Kemenlu) tak boleh masuk ke Indonesia.

“Apalagi mereka datang dari Negara Tiongkok, negara asal awal virus corona dan penyebarannya. Ini harus diusut secara tuntas sebagai bukti keseriusan penanganan virus corona dan untuk timbulkan efek jera, agar tak terulang lagi,” ucapnya.


Dia mengingatkan agar pemerintah serius dalam menangani masalah penyebaran virus corona. Yaitu dengan ketat melaksanakan ketentuan hukum dan mengusut tuntas masuknya 49 TKA ilegal asal Cina itu.

Dia berpendapat, Presiden Joko Widodo perlu mengikuti langkah tegas yang telah dilakukan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam mengatasi masalah corona. Duterte bahkan tak segan memecat pejabat Imigrasi yang membiarkan WNA asal Tiongkok masuk ke Filipina di tengah mewabahnya virus corona di negara tersebut.

“Ini perlu dipertimbangkan untuk menunjukkan bahwa Pemerintah Indonesia benar-benar serius menegakkan aturan dan mengatasi wabah corona,” ujarnya.

Selain itu, Hidayat juga meminta agar pihak yang memberikan informasi secara salah ke Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) juga perlu diusut tuntas. Di mana, kasus ini berawal dari adanya video yang kemudian viral yang direkam oleh salah seorang warga di Sultra terkait kedatangan TKA asal Tiongkok ke wilayahnya.

Warga tersebut kemudian diperiksa di Kepolisian Daerah Sultra karena dianggap menyebarkan hoaks, karena para TKA tersebut diinformasikan hanya memperjanjang visa di Jakarta. Namun, informasi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menyebutkan bahwa para TKA tersebut bukan dari Jakarta, melainkan TKA asal Tiongkok dari luar Indonesia yang baru masuk melalui visa kunjungan.

Dengan begitu, mereka adalah TKA ilegal yang masuk ke wilayah Indonesia sebagaimana informasi yang disebutkan dalam video yang viral tersebut. “Kapolda Sultra sudah minta maaf. Jadi sudah clear, lalu, bagaimana dengan mereka yang memberikan informasi salah kepada kapolda?” ujarnya. (AIJ)

sumur
profile-picture
satriagujis4 memberi reputasi
Diubah oleh kaum.milenial
gowa, kesehatan rakyat juga diabaikan krn ... 😅
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan mavve512 memberi reputasi
presiden gak merakyat nih masa rakyatnya udah kena corona presidennya ngupet aja
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan satriagujis4 memberi reputasi
oke juga kalo jokowi ikutin style duterte, cuman siap gak kalo pujaannya bakal masuk list dipecat ato dijadikan kambing hitam? emoticon-Big Grin

anies ama manajemen mrt tj sengaja kurangin armada - bisa bisa langsung ditendang begitu drama corona kelar

staff imigrasi - sama

mui, somad, aa gym - bakal dibully abis abisan kayak menkes nasibnya

panitia seminar anti riba - begitu ketangkep bisa dipenjara seumur hidup ama didenda puluhan m - pasti bakal jadi alesan buat oposisi play victim
yang sudah ya sudah, semoga para pejabat terkait bisa lebih baik lagi koordinasinya
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
Bisa2nya nggak dikunci kedatangan orang dr tempat asal virus

emoticon-Nyepi Bodoh ini namanya
profile-picture
fauzan432176 memberi reputasi
yg midioin kmaren udah dilepasin belum? parah emg ni rezim, nglebihin orba
profile-picture
kaum.milenial memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ganti si kowi ama yg cabul aja
emoticon-Belgia
Mo blok babi cina
Tapi ternyata yg nularin babi jepang,
Ama onta tablig akbar dan seminar anti riba
Apa ga malu?
Itu pun kl masih punya
Lihat 1 balasan
Quote:


Tahu juga ente kalo mereka pro sodara tua.

emoticon-Jempol
Kok gak komentar soal tabliq akbar, itu udah ribuan orang yang berkumpul. Sedang yg 49 orang udah menjalani karantina pula.

Yang 200 org dari luar apakah udah di karantina sebelum nya? Bilang aja karena ada embel2 china nya.

Kalo emang udah di karantina dan ternyata negatif bahaya nya darimana?
profile-picture
slider88 memberi reputasi
Upetinya bayar pakai apa kalau kagak ada asing aseng asong?
Quote:


Ah g jg. Itu midioin aja terang2an ditangkep, udah ngelebihin orba yg nangkepnya diem2. Dr kmaren kan gtu, nangkepnya terang2an.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di