CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e770c7cb84088346507f841/virus-corona-kapankah-pandemi-covid-19-ini-berakhir-dan-kehidupan-kembali-normal

Virus corona: Kapankah pandemi Covid-19 ini berakhir dan kehidupan kembali normal?

sumber: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-51971580

James GallagherKoresponden BBC bidang kesehatan dan sains

Sejumlah negara mulai menutup perbatasannya. Tempat-tempat yang biasanya ramai, kini menjelma menjadi kota hantu karena berbagai kebijakan karantina wilayah hingga penutupan sekolah dan pembatasan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.
Situasi ini merupakan respons terhadap wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tapi, kapankah semua ini berakhir dan kapankah kita bisa kembali ke kehidupan normal?
Perdana Menteri Boris Johnson menyatakan bahwa ia yakin Inggris akan menangani virus corona dalam 12 minggu ke depan dan negara tersebut dapat mengakhiri wabah ini segera.
Tapi kalau pun angka kasus mulai menurun dalam tiga bulan ke depan, kita masih jauh dari akhir masalah.
Butuh waktu lama hingga badai benar-benar berlalu - mungkin butuh tahunan.
Sepuluh hal yang paling sering ditanyakan mengenai Covid-19 beserta jawabannya
Apa yang terjadi pada tubuh jika terinfeksi Covid-19?
Kasus Covid-19 diprediksi capai lebih dari 8.000, seperti apa kapasitas kesehatan Indonesia?

Strategi karantina wilayah dan berbagai pembatasan sudah jelas tidak dapat diterapkan terus-menerus karena konsekuensi ekonomi dan sosialnya akan terlalu besar dan mengganggu.
Apa yang dibutuhkan semua negara yang kini tengah bertarung menghadapi wabah adalah "strategi keluar" - sebuah cara untuk menghentikan berbagai kebijakan pembatasan dan mengembalikan kehidupan normal.
Tapi virus corona tidak akan menghilang dalam waktu dekat.
Jika pembuat kebijakan membatalkan berbagai karantina wilayah, jumlah kasus bisa melonjak tajam.
"Kita punya masalah besar dengan apa strategi keluar yang baik dan bagaimana mengakhiri semua ini," kata Mark Woolhouse, profesor epidemiologi penyakit menular di University of Edinburgh.
"Tidak hanya Inggris, tidak ada satupun negara yang punya strategi keluar."
Pandemi ini merupakan tantangan ilmiah dan sosial yang sangat serius.
vaksinasi
cukup orang yang mengembangkan kekebalan tubuh dari infeksi
atau mengubah perilaku masyarakat secara tetap

Masing-masing pendekatan ini dapat mengurangi kemampuan virus untuk menyebar.
Vaksin - setidaknya 12 - 18 bulan lagi
Vaksin dapat memberikan ketahanan tubuh terhadap seseorang sehingga mereka tidak akan sakit jika terpapar.
Berikan vaksin ke banyak orang, atau setidaknya 60% dari populasi, dan virus tidak akan menimbulkan wabah - konsep yang dikenal sebagai herd immunity atau imunitas kelompok.
Orang pertama telah diberikan vaksin yang tengah diuji coba di Amerika Serikat minggu ini setelah peneliti mendapatkan izin untuk melewatkan tahapan uji pada binatang.
Penelitian untuk menemukan vaksin dilakukan secara cepat, tapi tidak ada garansi jika upaya ini berhasil dan akan dibutuhkan imunisasi secara global.
Perkiraan terbaik memprediksi vaksin akan tersedia dalam 12 sampai 18 bulan jika semua berjalan lancar. Ini merupakan waktu yang lama jika membayangkan harus ada karantina wilayah sepanjang waktu tersebut.
"Menunggu vaksin tidak seharusnya dianggap bagian dari strategi, itu bukan strategi," kata Prof Woolhouse kepada BBC.

Imunitas alami - setidaknya dua tahun lagi
Salah satu strategi jangka pendek Inggris adalah untuk menekan angka kasus untuk menghindari lonjakan pasien yang membebani rumah sakit - saat sebuah negara kekurangan kasur perawatan intensif, angka kematian akan melonjak.
Setelah kasus berhasil ditekan, sebuah negara akan punya sedikit keleluasaan untuk mengurangi pembatasan untuk sementara waktu - hingga ada kenaikan kasus dan pembatasan kembali dibutuhkan.
Kapan ini dapat terjadi, masih menjadi pertanyaan. Kepala penasihat sains, Sir Patrick Vallance, mengatakan "menentukan tenggat waktu adalah hal yang tidak mungkin dilakukan."
Melakukan hal ini dapat, secara tidak sengaja, menciptakan imunitas kelompok karena semakin banyak orang terinfeksi.
Tapi pendekatan ini butuh waktu tahunan, menurut Prof Neil Ferguson dari Imperial College London: "Kita berbicara tentang menekan penularan pada level di mana, jika memungkinkan, hanya sedikit dari populasi yang terinfeksi."
"Jadi, pada akhirnya kita akan melanjutkan ini untuk dua tahun atau lebih mendatang, mungkin pada saat itu sudah cukup orang terinfeksi untuk menciptakan perlindungan kelompok."
Tapi ada pertanyaan seputar sampai kapan imunitas ini akan bekerja. Varian virus corona lainnya, yang menimbulkan gejala demam biasa, menciptakan respons imun yang lemah dan manusia dapat terkena virus yang sama berkali-kali sepanjang hidupnya.

Alternatif - tidak ada akhir
"Opsi ketiga adalah perubahan secara permanen perilaku masyarakat yang membantu kita untuk menekan penularan," kata Prof Woolhouse.
Opsi ini menuntut pemerintah untuk tetap memberlakukan beberapa kebijakan yang sudah diterapkan. Atau meningkatkan tes cepat dan isolasi pasien untuk berusaha menekan wabah.
"Kita sudah melakukan deteksi dini dan pelacakan kontak tapi metode itu tidak efektif," Prof Woolhouse menambahkan.
Mengembangkan obat-obatan yang dapat menangkal infeksi Covid-19 dapat membantu strategi lain juga.
Obat-obatan ini dapat digunakan sesegera mungkin setelah seseorang menunjukkan gejala dalam proses yang disebut "pengendalian penularan".
Atau merawat pasien di rumah sakit untuk membuat penyakitnya tidak terlalu mematikan dan mengurangi tekanan terhadap ruang gawat darurat. Ini dapat memungkinkan banyak negara untuk menangani kasus sebelum kembali memberlakukan karantina wilayah.
Meningkatkan jumlah ranjang di unit gawat darurat akan menimbulkan efek yang sama dengan peningkatan kapasitas penanganan wabah yang lebih besar.
Saya bertanya pada kepala penasihat medis Inggris, Prof Chris Whitty, apakah jalan keluar yang ia miliki.
Ia berkata: "Untuk jangka panjang, yang jelas vaksin adalah salah satu jalan keluar dari semua ini dan kita semua berharap ini akan terjadi secepatnya."
Dan jika "di tingkat global, sains dapat menawarkan solusi".

sumber: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-51971580 


emoticon-Takutemoticon-Takut

profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kiamat bray
emoticon-Takutemoticon-Turut Berduka
Ane minta maaf kalau ada salah dikaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo gw baca2 bbc luar perkiraan akhir tahun 2021...

masiii panjang perjalanan,,, emoticon-linux2

mending kita ngayal kalo udah selse yang pertama mau dilakuin kluar ngapain emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sampe vaksin d temukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
backspace00 dan 2 lainnya memberi reputasi
obat dulu
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
Jaga dan tingkatkan imunitas tubuh. Jangan terlalu lelah menjalankan rutinitas harian. Dengan kata lain hindari kegiatan yg dapat menurunkan bahkan menguras stamina.
Badai pasti berlalu, gan. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Entah kenapa ane berharap wabah ini bisa menyapu bersih minimal 30% populasi homo sapiens emoticon-Frown

Mohon maaf untuk yang udah positif emoticon-Frown

Dan mohon maaf juga untuk yang akan positif, bisa ane bisa kalian emoticon-Blue Guy Smile (S)














































emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprilice dan 7 lainnya memberi reputasi
Tetap bertahan.

Yang penting di Indonesia tetap tertib dan jangan rusuh.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan 6 lainnya memberi reputasi
Kesimpulan ane... jaga diri, hindari buang2 tenaga untuk sesuatu yg ga perlu, kita mesti sehat semua dan jaga stamina karena kedepannya mau ga mau kehidupan dipaksa berjalan senormal2nya sampai herd immunity terjadi atau vaksin ditemukan. Korban akan berjatuhan ta bisa dihentikan

emoticon-DP
emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rcsquarehobby
Lihat 1 balasan
Waktunya tobat aja dah udah,
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
ambil hikmahny saja....
hidup hanya sebentar.....
perbanyak dkatkan diri pd Nya...

emoticon-Cool

sampe skrang ane cman bisa nulis doang.... hehehe
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
naga2nya sih bakalan lama.... makin di liat makin surem...
yah paling gak kita bersiap aja untuk jangka panjang,..

berhenti / kurangi konsumsi barang2 yang mengurangi kemampuan tubuh memproduksi antibodi
Alkohol, Kopi, Makanan yang digoreng, rokok, Makanan olahan -
Quote:


Jaga orang tua - mertua atau keluarga kita yang berusia lanjut...
konsumsi vitamin, social distancing

Sulit awalnya lama2 terbiasa,.. goodluck everyone emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 3 lainnya memberi reputasi
Jujur, sepanjang ane hidup, tampaknya baru ini wabah yang bener2 mengubah kebudayaan di seluruh dunia.

barangkali sebelumnya pernah ada, seperti flu Spanyol, tapi kan saat itu ane belum lahir........

jika sampai Juli wabah ini belum juga berlalu, maka haji tahun ini tidak akan terselenggara. Hal yang sama dengan momen olimpiade dan mungkin di negara kita, PON.

entah apakah OBAT buat wabah ini akan segera ditemukan atau seperti dalam berita ini, "menunggu imun alami" untuk menekan angka penyebaran korona sebab vaksin sendiri katanya butuh 12-18 bulan.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Damn you china!!!

Kalau benar wabah ini dari kebiasaan makan orang cina yang makan segalanya termasuk trenggiling dan kelelewar.,bener2 ya,.gak habis pikir ane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 7 lainnya memberi reputasi
kalau begini, target 1 juta penduduk bumi yang terinfeksi bakalan tercapai
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
seleksi alam.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
jaga diri, tingkatkan immunitas dsb bisa dilakukan
tapi dampak ekonomi sampai ditemukan vaksinnya itu yg tidak bisa di prediksi dan diluar kemampuan individu masyarakatemoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh 0land
Lihat 3 balasan
Yg dibahas kapan Corona bisa ilang atau gak menjangkiti manusia. Tapi masa iya buat social distancing ini sampe akhir tahun depan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Obat atau vaksinnya? Kalo obat katanya pemerintah udah beli?
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tahun 2030, bre.
pada enteng banget ngomongnya rmang kalo katakannsatu tahun ente mau makan gmn
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di