CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ritual Adat Baduy Usir Virus Corona Covid19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e77039009b5ca631d69dbff/ritual-adat-baduy-usir-virus-corona-covid19

Ritual Adat Baduy Usir Virus Corona Covid19

Lebak - Masyarakat Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Lewidamar mempunyai ciri khas yang unik saat mengantisipasi menyebarnya virus Corona atau Covid-19. Mereka melakukan ritual bersama tokoh adat dengan cara berdoa lewat kebatinan. 

Sejauh ini, belum ada masyarakat Baduy yang dilaporkan terkena virus Corona.


"Kita berkunjung ke tokoh-tokoh adat untuk melakukan ritual adat yang bertujuan agar leluhur memberikan keselamatan untuk masyarakat Baduy," kata Kaur Umum Desa Kanekes Ari Kuncoro kepada Tagar, Rabu, 18 Maret 2020.

Selain itu, kata Ari, diberikan sosialisasi hidup bersih agar terhindar dari virus Corona sesuai dengan petunjuk dari Dinas Kesehatan dan aturan adat di Baduy.

"Saat ini warga Baduy juga tidak diperbolehkan untuk pergi ke kota-kota besar selama tiga bulan sebelum Seba. Terkecuali ada keperluan mendesak yang hanya diperbolehkan," ujar Ari.


Bahkan, kata Ari, Kepala Desa Kanekes telah memberikan himbauan lewat surat edaran untuk masyarakat Baduy yang masih berada di Jakarta maupun kota besar besar lainnya. Mereka diminta untuk segera pulang kembali ke rumahnya masing-masing. Sebelum pulang, diwajibkan untuk memeriksa kesehatan di rumah sakit atau puskesmas terdekat.

"Himbauan dari kepala desa dan tokoh-tokoh adat agar masyarakat Baduy menjaga kesehatan dan kebersihannya di lingkungannya masing-masing. Sejauh ini, belum ada masyarakat Baduy yang dilaporkan terkena virus Corona," ucap Ari.

Hal serupa dikatakan salah seorang warga Baduy Luar bernama Kudil. Ia mengatakan, masyarakat Baduy melakukan ritual adat untuk menghilangkan wabah virus Corona dengan cara berdoa bersama tokoh-tokoh adat kampung.

Kegiatan ritual adat tersebut, kata Kudil, sebagai upaya masyarakat Baduy untuk mengantisipasi menyebarnya virus Corona, terutama di kawasan wisata.

"Jajaran tokoh-tokoh adat mencoba ritual dengan cara berdoa lewat batinnya masing-masing. Mereka meminta petunjuk ke leluhur agar diberikan keselamatan dan kesehatan agar terhindar dari virus Corona," ujar Kudil.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lebak telah mengeluarkan surat edaran Nomor 440/1367/-Kesra/2020 tanggal 13 Maret 2020 tentang langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Corona.

Keputusan tersebut hasil dari musyawarah bersama lembaga adat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan perwakilan pengusaha kerajinan untuk menutup sementara objek wisata adat di Baduy Desa Kanekes, Kecamatan Lewidamar. []

https://www.tagar.id/ritual-adat-bad...corona-covid19

Baduy luar resikonya lumayan karena banyak yang merantau jualan madu dan kalung di Jabotabek.
Sedangkan Baduy dalam lebih diuntungkan lewat sistem adat mereka yang selektif memilih tamu dan bisa mengisolasi diri secara mandiri dengan ketahanan adat merekaemoticon-thumbsup
Diubah oleh mabdulkarim
baguslah....
ada usaha....
emoticon-Cool
dr pd nyinyir mulu...
Baduy dalam sudah terbiasa mengisolasi diri mereka sendiri
Kearifan lokal.
ya bagus juga, adat dan budaya harus dilestarikan
Kalau mau benar-benar aman, maka jgn suruh masuk siapapun yg berada di luar daerah. Luar dan dlm jg jgn bercampur.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di