CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Masih Sulit Menulis Dialog Tag yang Benar? Ah, Masa, Sih? Yuk, Belajar Paham
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e77016aaf7e93246e18d263/masih-sulit-menulis-dialog-tag-yang-benar-ah-masa-sih-yuk-belajar-paham

Masih Sulit Menulis Dialog Tag yang Benar? Ah, Masa, Sih? Yuk, Belajar Paham



BELAJAR CARA MENULIS DIALOG TAG YANG BENAR


Kali ini saya akan bahas seputar kepenulisan, mengenai dialog. Dialog adalah percakapan  atau karya tulis yang disajikan dalam bentuk percakapan antara dua tokoh atau lebih yang sering kita temukan dalam cerpen atau novel. Fungsi dialog adalah menghidupkan sebuah cerita agar terasa lebih menyentuh. Keberadaan dialog sangat penting dalam sebuah cerita, sebagai pelengkap yang manis. Namun, terlalu sering membuat dialog dalam sebuah cerpen, itupun dapat merusak sebuah cerita.

Dialog harus ditulis secara apik, tidak mengandung pemborosan kata, ditulis secara benar, dan dialog adanya untuk menuliskan hal-hal yang tidak mungkin ditulis secara narasi saja. Sebagai pemancing emosi pembaca.


Dalam menulis dialog tidak boleh sembarangan. Ada aturan main yang harus diiikuti sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Secara umum, dialog itu sesudah tanda petik pertama selalu diawali dengan huruf kapital dan sebelum tanda petik kedua, dibubuhi berbagai tanda baca sesuai konteks kalimat dalam dialog. 


Dialog tag selalu diakhri koma, karena merupakan frase pelengkap dialog tersebut dan diawali dengan huruf kecil.


Contoh: 

“Emak, aku pengen mewek,” lirih Arfy.

“Mewek ajeh, ngapain bilang-bilang?” tanya Emak.

Arfy lalu bergumam, ”Aku kena virus, Emak.”

Emak menoleh, lalu membentak, “Kena virus apaan!”

“Virus patah hati karena cinta tak berbalas, Emak,” rengek Arfy, “karena diputusin si Amal.” 

Emak pun ngambek, "Dasar anak alay, lu!"

"Biarin!" jerit Arfy di tengah meweknya.

Emak berjalan mendekat dan berujar, "Lu, kagak boleh gitu. Emak kan udah kasih tahu, kalo pacaran itu haram."

Arfy mendelik dan ngedumel, "Aku kan manusia biasa, Mak."

"Makanya elu harus belajar jadi manusia biasa yang tahu aturan hidup, kita sebagai muslim harus nyaho apa yang dilarang sama Sang Pencipta," nasihat Emak dengan semangat, "jatuh cinta itu lebih enak lu kasih sama Allah aja. Maka elu ga akan ngerasain patah hati."

Arfy menatap Emak Semok, lalu mengangguk dan berkata, "Makasih nasihatnya, Emakku. Mulai hari ini Arfy mau jatuh cintanya sama Allah saja."

"Nah, gitu. Itu baru anak Emak Semok," puji Emak sambil ngelus kepala anak ABG-nya yang masih labil itu.


Perhatikan pola di atas baik-baik, ya.

Berikut ini adalah jenis-jenis dialog tag : ujar, ucap, kata, cetus, tutur, ungkap, tandas, tanya, sapa, puji, nasihat, panggil, pungkas, tegas, ajak, dan pinta, sahut, jawab, balas, terang, jelas, sela, tukas, dan potong, sindir, ejek, hina, cela, kelakar, canda, teriak, jerit, raung, seru, sergah, murka, bisik, gumam, dan lirih.


Yuk, mulai belajar nulis dialog tag yang benar agar terbiasa.
Masih Sulit Menulis Dialog Tag yang Benar? Ah, Masa, Sih? Yuk, Belajar Paham
Gambar: dokumen pribadi Dina Rosita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radetra dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
love, mkasih ilmunya teeh
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
dapat ilmu baru.
makasih Bun.
Quote:


Sami sami
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Quote:


Sama sama
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
waduh ada nama fhi dsn mantap thanks ilmunya bun
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan qoni77 memberi reputasi
Barokallah
Aku kagak tahu kalau kak Amal pacaran ma Arfhy
eh ada mbak dina di kaskus juga hehe...selamat datang mbak. Jgn2 mas elang ada juga toh
Quote:


Tumben ngaskus Kakak😂😂😂
Quote:


Beb ke lapakku beb. udah bangun aku dr tidur
Masyaallah...
Ilmu baru lagi nih, makasih bund😘
Gelar tiker, nyimak
Quote:


Hihihi
Quote:


Haiiii, abang Elang ga tahu aku juga apa dia ngaskus engganya
Quote:


Rebahan teruuuuusss bosen🤣
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Quote:


Sama sama
Quote:


Siiippp makasih udah mampir
Quote:


Iya, semoga pada sehat semuanyaemoticon-Keep Posting Gan
Quote:


Aamiin
"Terima kasih suhu," ucap sang murid sambil membungkuk dalam-dalam.
Quote:


"Terima kasih, Suhu," ucap si murid.

Perhatikan huruf S kapital ya
profile-picture
arjunabuncit memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di