CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Heboh Di Jogja! Sayur Lodeh Tujuh Rupa Bikin Harga "Lodehan" Menggila!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e76e698c8393a40626d09cb/heboh-di-jogja-sayur-lodeh-tujuh-rupa-bikin-harga-quotlodehanquot-menggila

Heboh Di Jogja! Sayur Lodeh Tujuh Rupa Bikin Harga "Lodehan" Menggila!

Makna Filosofis di Balik Sayur Lodeh Tujuh Rupa



Heboh Di Jogja! Sayur Lodeh Tujuh Rupa Bikin Harga "Lodehan" Menggila!

Pagi ini, waktu ane ke pasar, ada sedikit kehebohan. Setelah beberapa hari pasar agak sepi, pagi ini pasar agak menggeliat lagi. Ane pikir, ini efek isu akan ditutupnya pasar besok Senin terkait Corona. Ternyata, bukan karena itu, GanSist. Ya, di Pasar Kranggan, Jogja, banyak orang mencari "lodehan" tujuh rupa pagi ini. What? Lodehan tujuh rupa? Apa itu?


Jumpa lagi dengan ane, Mayya Rossa, yang akan membawa sebuah trit yang informatif, tentang sebuah kearifan lokal di kota Jogja. Apakah itu? Yuk, kita simak bareng!


Beberapa hari terakhir ini, grup WA ane dihebohkan oleh sebuah broadcast yang isinya ajakan untuk memasak sayur lodeh tujuh rupa. Ada yang menyebut sayur tolak bala. Tak tanggung tanggung, header dari ajakan ini adalah "Dhawuh dari Ngarsa Dalem untuk menghadapi "pageblug". Dan di Jogja, sabda raja adalah hal yang pasti diikuti (Sabda Pandita Ratu).

Heboh Di Jogja! Sayur Lodeh Tujuh Rupa Bikin Harga "Lodehan" Menggila!

Sayur lodeh sendiri adalah sayur berkuah santan. Sayuran tujuh rupa ini bukan sembarang sayur, tapi mengandung filosofi, yaitu:

1. Kluwih: kluwarga luwihana anggone gulowentah, gatekne.

Artinya: lebih memperhatikan pengasuhan keluarga.

2. Cang Gleyor: cancangen awakmu aja lunga-lunga.

Artinya: tahanlah diri, jangan pergi-pergi.

3. Terong: terusna anggone olehe manembah Gusti Ojo datnyeng, mung yen eling tok.

Artinya: Teruskanlah berserah dan beribadah pada Tuhan, jangan hanya jika ingat aja.

4. Kulit Mlinjo: Aja mung ngerti njobone Ning kudu ngerti njerone babakan pageblug.

Artinya: Jangan hanya tahu luarnya, tapi juga dalamnya. Dalam hal ini, kita harus paham dan mengerti bencana yang menimpa.

5. Waluh: uwalana ilangana ngeluh gersulo.

Artinya: Lepaskan, hilangkan keluhan.

6. Godhong So: golong gilig donga kumpul wong sholeh sugih kawruh babakan agama lan pageblug.

Artinya: berdoa dan berkumpul dengan orang yang paham agama dan juga bencana.

7. Tempe: temenana olehe dedepe nyuwun pitulungane Gusti Allah.

Artinya: bersungguh-sungguhlah memohon pertolongan dari Tuhanmu.


Nah, itulah filososfi sayur lodeh tujuh rupa yang sedang pada dibikin, Gansist. Terlepas dari tujuan dibikinnya, filosofi sayur lodeh tujuh rupa ini bagus juga ya, Gansist.

Heboh Di Jogja! Sayur Lodeh Tujuh Rupa Bikin Harga "Lodehan" Menggila!
Sayur lodeh tujuh rupa yang dibikin rame-rame satu RT di kampung ane, dokpri

Nah, di oasar, harja lodehan ini menjadi amat mahal, GanSist. Terong yang tadinya 8000/kg, orang bisa jual 8.000 per biji. Kluwih yang tadinya 10.000/kg, jadi 50.000/kg. Daun so juga begitu, naik dua kali lipat. Hanya tempe yang harganya masih tetap.

Di samping itu, mereka juga membuat jenang/bubur tujuh rupa. Bubur ini terbuat dari beras dan santan. Berwarna merah dan putih. Merah didapat dari gula jawa/gula merah. Bubur ini terdiri dari bubur merah, bubur putih, bubur putih merah, bubur merah silang putih, bubur merah tumpang putih, bubur putih tumpang merah, dan bubur merah diberi serutan gula dan kelapa(baro-baro).

Heboh Di Jogja! Sayur Lodeh Tujuh Rupa Bikin Harga "Lodehan" Menggila!


Bubur putih melambangkan ayah, bubur merah melambangkan ibu. Lalu mereka hidup bersama, terjadi hubungan timbal balik, lalu lahirlah seorang anak. Ada pula yang menyebut, bubur merah putih adalah perwujudan dari tulang dan darah, dan bubur ini sebagai simbol kepasrahan kepada Yang Maha Kuasa, agar diberi keselamatan dan keberkahan.

Heboh Di Jogja! Sayur Lodeh Tujuh Rupa Bikin Harga "Lodehan" Menggila!
Bubur tujuh rupa yang dibuat pagi ini juga, dokpri.

Terlepas dari mitos atau apapun itu, ada hal menarik dari cerita ini. Pada jaman pemerintahan HB IX, seringkali ada perintah dari Sultan untuk membuat sesuatu bila terjadi wabah atau bencana.

Dan percaya nggak percaya, rakyat melaksanakan perintah itu dengan senang hati. Hal ini menunjukkan kepercayaan dan kepatukan rakyatkepada sang pemimpin. Mereka yakin, dengan melakukan hal itu, bisa terbebas dari bencana. Terlepas dari mitos atau apa pun itu, hal yang mungkin sepele ini, bisa menenangkan hati rakyat, sehingga mengurangi tingkat stress karena memikirkan bencana yang melanda.

Ane ingat, jaman ane kecil dulu, waktu Merapi meletus, dan ada ancaman lahar dingin, simbah ane pun membuat sayur tujuh rupa. Lalu, ada beras kuning ditaruh di dalam selongsong ketupat, juga uang seratus rupiah yang bergambar gunungan. Maklum, rumah ane di pinggir sungai Code, GanSist, sungai yang dilewati lahar dingin Merapi.

Nah, demikian GanSist yang bisa ane sampaikan. No debat yes, ini hanya menyampaikan sebuah kearifan lokal.

Sumber Referensi:
1. Pengalaman pribadi
2. Dokumentasi pribadi
3. Grup WA
4. di sini
5. di sini
6. di sini

Semoga menambah wawasan, dan semoga pandemi Corona segera berlalu.

Jogja, 22 Maret 2020

Dari ane, yang pagi ini mau sarapan pake sayur lodeh tujuh rupa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mayyarossa
Halaman 1 dari 4
ayok yang mau nyicip sayur lodeh dan bubur
apa kearifan lokal di daerahmu?
jangan ragu sharing di sini ya
Sayurrr lodehhh
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
ruthsteve dan mayyarossa memberi reputasi
jadi pengen makan itu sayurnya 😂
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Rasanya kulit melinjo gitu gimana sist?
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Enyakkk🙈🙈🙈
Quote:


Sini Gan, masih banyak nih. Kami masak sepanci besar buat sekampungemoticon-Malu
Quote:


Rasanya krenyes krenyes gimana ... gitu
wkwkw ane jga lihat tdi di grub rt.. bapak2 pd kirim ini gambar

itukan cuma pesan tersembunyi.. orng jawa kan gitu sering ngasih pesan2 kehidupan di kait2kan sama sesuatu benda/sesuatu di sekitar.. kadang jga sampe di jadiin tembang(lagu) jawa.. bukannya suruh makan sayur lodeh emoticon-Leh Uga

jd pengen makan lodeh+ bandeng emoticon-Big Grin
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Iya, bener Gan. Pesan tersembunyi🙈
Dengan memasukkan unsur makanan orang lebih mudah nerima pesan/ajakan itu Ganemoticon-Malu

Sinih Gan, masih banyak sayur lodehnya
🙈
harga kluwih 5rebu sekarang gilee, kaga jadi nyayur ane gan
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Tadi pagi masih mehong, entah besok pagi,Gan
Quote:


ane ditawarin tetangga ane malah 10rb gan, padahal dia bilang sendiri kalo abis panen di rumahnya ,langsung auto kzl
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Sebiji Gan? Biasanya sekilo 10 rebu😂😂😂
Quote:


Iya gan, sebiji kecil lagi hadeeeeh puyeng
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
lama juga ane nggak makan sayurr lodehhh, jadi kepengenn
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Waah enaaaakk banget!! Di tumis campur ikan teri kecil sama cabai muantaap
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Kemarin di wonsa ada yg sampe 40rb sebiji Gan. Pengen tak balang kluwih😂😂😂
Quote:


Ayo Gan, masak. Seger loh gan buat makan siang
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di