CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indonesia Borong Obat Virus Corona Avigan dan Klorokuin, Memang Ampuh?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e75e193a7276848fa4a659f/indonesia-borong-obat-virus-corona-avigan-dan-klorokuin-memang-ampuh

Indonesia Borong Obat Virus Corona Avigan dan Klorokuin, Memang Ampuh?

Indonesia Borong Obat Virus Corona Avigan dan Klorokuin, Memang Ampuh?Covid-19 atau virus corona di Indonesia semakin mengkhawatirkan, per hari Sabtu (21/3/2020) jumlah kasus telah mencapai 450 dan sebanyak 38 orang meninggal dunia sementara 20 orang sembuh.

Tidak ingin situasi semakin memburuk, pemerintah telah melakukan upaya pembatasan mobilitas masyarakat dengan memberlakukan kebijakan kerja dari rumah (Work From Home).

Selain itu, pemerintah juga berencana untuk membeli obat untuk mengatasi virus corona di tanah air. Obat yang dimaksud adalah Avigan dan Klorokuin.

Jumlah yang dipesan pun tidak main-main, pemerintah akan mendatangkan sebanyak 2 juta butir Avigan dan 3 juta butir Klorokuin dari Jepang.

Avigan dan Klorokuin ini nantinya bukan menjadi obat untuk melawan Covid-19 secara langsung melainkan sebagai obat meringankan gejala virus corona.

Hal tersebut dilakukan sambil menunggu vaksin virus corona yang tengah dilakukan uji coba oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan China pada minggu ini.

Obat Avigan
Avigan atau disebut juga Favipiravir adalah obat antivirus yang dikembangkan oleh perusahaan Fujifilm Toyama Chemical dari Jepang dan diproduksi oleh Zhejiang Hisun Pharmaceutical.

Pada tahap awal, Avigan diproduksi untuk mengobati virus flu (influenza) namun kembali dikembangkan untuk mengobati pasien virus corona.

Hasilnya cukup menjanjikan, hal ini seperti yang dikatakan oleh Zhang Xinmin dari Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China “Obat ini memiliki tingkat keamanan yang terbukti tinggi dan jelas efektif untuk digunakan melawan virus corona,” katanya dilansir dari The Guardian.

Pengujian Avigan Secara Klinis
Dari hasil penelitian yang melibatkan sebanyak 340 orang di Wuhan dan Shenzhen mayoritas menunjukkan hasil negatif virus corona setelah empat hari mengkonsumsi obat Avigan.

Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan orang yang tidak mendapatkan obat Avigan. Orang-orang ini baru menunjukkan hasil negatif pada hari ke 11 setelah terinfeksi virus corona.

Selain itu, perbedaan yang mencolok lainnya antara orang yang mengkonsumsi Avigan dan tidak sama sekali terletak pada besarnya paru-paru.

Melalui sinar-X diketahui bahwa orang yang mengkonsumsi obat Avigan mempunyai peningkatan paru-paru hingga 91 persen sedangkan paru-paru orang yang tidak mengkonsumsi Avigan hanya meningkat sebanyak 62 persen saja.

Tidak hanya itu, penelitian lainnya mengenai obat Avigan terbukti mampu mempersingkat durasi demam pada penderita virus corona yang biasanya 4,2 hari menjadi 2,5 hari.

Meski begitu, obat Avigan hanya efektif untuk penderita yang mempunyai gejala Covid-19 ringan saja dan tidak akan begitu berguna untuk orang dengan gejala Covid-19 berat.

Obat Klorokuin
Klorokuin Fosfat (Chloroquine phosphate) adalah obat yang mempunyai struktur sama seperti Quinine Sulfate dari ekstrak kulit pohon kina.

Quinine Sulfate selama ini digunakan untuk mengobati orang dengan penyakit malaria.

Kedua jenis obat tersebut khususnya Klorokuin tengah diteliti oleh Wuhan Institute of Virology di Chinese Academy of Sciences guna menjadi antivirus Covid-19.

Dalam penelitian pertamanya, didapatkan bahwa Klorokuin mampu menghambat kemampuan virus dalam menginfeksi dan berkembang di dalam sel yang dilakukan pada seekor kera.

Para peniliti berpendapat jika Klorokuin mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus tanpa reaksi berlebihan yang berisiko menyebabkan kegagalan organ.

Pengujian Klorokuin Secara Klinis
Meski digadang-gadang mampu memblokir infeksi dan mengganggu kemampuan beberapa virus seperti SARS-CoV-2 termasuk virus corona, namun masih perlu adanya uji klinis.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh dr Nafrialdi dari Pakar Farmakologi dan Clinical Reasearch Supporting Unit FKUI bahwa Klorokuin tidak lagi digunakan untuk obat malaria karena kebanyakan kasus malah terjadi resisten.

Ia berpendapat Klorokuin harus dilakukan serangkaian uji klinis agar dapat dinyatakan sebagai obat antimalaria hingga obat antivirus Covid-19.

“Itu mungkin hanya sinyal awal, tapi jangan langsung diterjemahkan bisa dipakai. Perlu dilakukan serangkaian uji klinis untuk bisa menyatakan obat antimalaria menjadi obat virus corona,” pungkasnya dilansir dari Kompas.com.

Sumber: Indonesia Borong Obat Virus Corona Avigan dan Klorokuin
profile-picture
profile-picture
rehan186 dan chisaa memberi reputasi
Diubah oleh insanmedikaid
Ane sih berharap nya ampuuh..
Kalo yg kek gini jgn diviralkan deh. Ujung2nya pada diborong sama orang gblk trus dijual pake harga super mahal lagi. Ga peduli orng sembuh. Yg penting kaya mendadak
profile-picture
profile-picture
zeledi dan gombalnews memberi reputasi
Quote:


Diumumkan supaya masyarakat gak panik. Nih obat kudu dijaga tentara utk pendistribusiannya, wibawa pemerintah taruhannya....
Lihat 1 balasan
Awas nanti disalahgunakan oknum demi keuntungan pribadi, harus dijaga dalam pendistribusian/penjualannya agar teapt guna ke masyarakat yg benar2 membutuhkan
nah ini salah satu fenomena janggal +62..
yang bisa mandiri karantina ogah2an, banyak alesan, ngeyel, dan nyolot..
yang musti pakai diagnosa, analisa, resep dan pantauan dokter malah dicari sendiri..
Cuma manusia berjiwa binatang yg berharap obat ini tdk manjur


emoticon-Malu
Di twitter bigot2 PKS sudah bikin Tagar Kontra tuh, ampuh apa engga ini obat.

Partai agama kon*tol ini ngga ngerti ikhtiar emoticon-fuck
profile-picture
zeledi memberi reputasi
Seengaknya ada usaha pencegahan untuk menekan penyakitnya

Daripada pasrah ga ngelakuin apa2 sambil pake slogan koit itu ditangan auloh

profile-picture
tetettoet76 memberi reputasi
CONORA BISA SEMBUH SBDIEI BEGOK
Lihat 1 balasan
avigan katanya bisa mandul. n klorokuin sebabkan kerusakan mata. bener gak sih?
profile-picture
328745 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngapain beli obat..wong bisa sembuh sendiri kok..
Cuma flu biasa aja ditakutin..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Obat klorokuin kan sudah lama diproduksi di Indonesia, kenapa mesti beli dari Jepang?
mulai muncul pakar kesehatan
Efek sampingnya kayanya amanan Avigan ya dari beberapa bacaan. Semoga udah dipertimbangkan matang2 deh sama pemerintah
Quote:


Baca jurnal luar tong, jangan dari Twitter PKS.
Lihat 1 balasan
Klo hasil riset jepang china yg mungkin gak gampang juga prosesnya dibilang gak ampuh, trus yg ampuh apa? Semua obat emang ada efek samping. Karena pada dasarnya obat juga racun sebenernya bagi tubuh.
Sekarang simple aja deh. Yang gak yakin ya gak usah make klo nantinya kena. Buat yg yakin ajah.
Atau klo kena, minum obatnya nunggu hasil riset yg bener2 mujarab, terbukti pasti sembuh ajah. Itu juga klo belum mokat duluan.
emoticon-Hammer2
kenapa italy tidak borong obat ini juga untuk rakyatnya??
semoga aja ampuh
profile-picture
ampekduo memberi reputasi
Quote:


Tanda kutip
profile-picture
ampekduo memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di