CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jika Gunung Berapi Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e75d4f782d49574d17b984b/jika-gunung-berapi-dijadikan-tempat-pembuangan-sampah

Jika Gunung Berapi Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah

Jika Gunung Berapi Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah
Sampah merupakan masalah besar dalam peradaban manusia. Berbagai cara telah dilakukan, beberapa diantaranya adalah dengan cara membakarnya, baik secara konvensional, maupun menggunakan alat pembakar sampah yang tertutup, atau disebut juga dengan incinerator.

Sebagian dari kita mungkin pernah terbesit sebuah tanya mengapa tak memanfaatkan kawah dalam gunung berapi untuk menyelesaikan permasalahan sampah? Menurut catatan LIPI dan situs MAGMA, Indonesia memiliki 127 gunung berapi aktif. Jadi, mengapa tidak dimanfaatkan saja? Ada beberapa alasan mengapa manusia sebaiknya tak menjadikan gunung berapi sebagai tempat pembuangan akhir.

Memakan biaya pengangkutan yang tinggi
Mengangkut sampah dengan voleme besar ke daerah pegunungan memang merupakan pekerjaan sulit dan juga berbahaya. Perjalanannya yang jauh akan membuat biaya pengangkutan menjadi lebih tinggi, serta kondisi jalannya yang sulit dijangkau justru berbahaya bahaya bagi para pengemudi.

Membuang dan membakar sampah di kawah gunung berapi memang banyak pertimbangan. Beberapa puncak gunung yang mungkin bisa di tempuh dengan truk bermuatan berat setidaknya memiliki kriteria shield volcano, atau gunung berapi perisai. Di Indonesia sendiri, kebanyakan gunung berapi yang aktif berjenis stratovolcano, bagian puncaknya berbentuk kerucut.

Polusi udara
Setiap kita melakukan pembakaran, tentu akan menimbulkan asap. Sama halnya jika sampah dibakar di dalam kawah gunung berapi. Asapnya akan menimbulkan polusi udara, dan justru menjadi sangat berbahaya kalau terhirup saat bernafas.

Jika menggunakan alat incinerator pun, harus dipastikan asap hasil pembakaran tidak menimbulkan racun udara untuk daerah sekitarnya. Polutan utama seperti sulfur dioksida, karbon monoksida, dan yang lainnya, harus tersaring dengan baik.

Memicu aktivitas gunung berapi
Jika kita membuang sampah sedikit saja ke dalam kawah gunung berapi, maka akan menimbulkan reaksi ledakan. Danau lava sangat-lah tidak stabil. Bahkan koyakan kecil saja dapat memicu reaksi berantai yang mengakibatkan ledakan karena adanya uap dengan tekanan tinggi, beserta keasamannya.

Beberapa hipotesis mengatakan bahwa pergerakan yang disebabkan oleh gempa bumi saja, bisa memicu aktivitas gunung berapi. Meskipun begitu, pernyataan tersebut masih terus di teliti secara ilmiah terkait kebenarannya.

Pada tahun 2002 lalu, sekelompok peneliti asal Ethopia melakukan percobaan dengan membuang 30 kilogram sampah ke dalam kubangan magma yang sangat panas. Hasilnya, kawah tersebut bergolak serta terjadi letusan kecil. Namun jika dialakukan dengan jumlah sampah yang begitu banyak, kemungkinan akan menyebabkan letusan yang lebih besar.

Pencemaran lingkungan
Dr. Robin Andrews selaku ahli vulkanologi asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa benar jika lava di kawah gunung berapi, memiliki tingkat panas yang tinggi, sehingga mampu melelehkan beberapa benda. Meskipun begitu, tak semua benda bisa melebur di dalam sana.

Tingkat kedalaman lava di kawah gunung berapi memiliki keterbatasan. Jika ada beberapa sampah yang tak bisa terurai dengan sempurna, maka akan tertampung di dalam danau lava. Suatu waktu, jika terjadi erupsi besar, sisa-sisa material tersebut akan keluar bersama lava dan akan mencemari lingkungan sekitar gunung. Kondisi seperti itu justru menambah permasalahan baru.

Itulah beberapa alasan mengapa kita tak seharusnya menjadikan gunung berapi sebagai tempat pembuangan akhir. Kita memang tak memiliki banyak pilihan untuk mengelola sampah, selain reduce, reuse, and recycle (kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang).


Suus: ALTER IMAJI




profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh riobebx
Halaman 1 dari 8
ada demo ahli lingkungan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
XXXID dan 2 lainnya memberi reputasi
ane nyimak aja gan, belum nyoba soalnya buang sampah ke gunung berapi emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ganjabang dan 4 lainnya memberi reputasi
yang paling utama bakal meledak gan.

sesuatu yg bersifat sintetis (untuk saat ini) tidak akan pernah bisa menyatu dengan alam.

nais thread buat para awam.
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azull27 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kok ada ya... emoticon-Bingung
Ide sekonyol itu emoticon-Matabelo emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shterklax dan 2 lainnya memberi reputasi
Bisa2nya emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan simsol... memberi reputasi
Mustahil sii ....
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Dlu w punya pikiran begini


Ternyata after effectnya yg berbahaya emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cwopendiem dan 5 lainnya memberi reputasi
baangun incinerator aja udah. tiap2 daerah di paksa punya. jadi gak numpang2 ke daerah lain. yg numpang kenai biaya mahal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andhikap1102 dan 2 lainnya memberi reputasi
Alam selalu diperkosa oleh keserakahan manusia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azull27 dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:

sepemikiran juga bray emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


koruptor berarti bisa ya om, tapi mesti ditelanjangin dulu biar ngga mencemari lingkungan, alam pasti seneng nelen ginian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
XXXID dan 4 lainnya memberi reputasi
lebih ke polusi udaranya dan berbahayanya pengantar sampahnya sihemoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gunung Berapi gak ada harga dirinya di negara +62
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
sebenarnya biasa saja asal tahu kompisisinya dan bagaimana me management pengolahannnya...

kalo gak mah jafi lebih bahya dari bom atom .. emoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
aprilice dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Mantap emoticon-thumbsup
jir ad yg punya pemikiran begini ?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Klo ada ide seperti ini kebangetan emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
xcqtor dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Bahkan, gue pun ga pernah berfikiran untuk menjadilan gunung sebagai tempat pembuangan limbah akhir
profile-picture
ferdyan54 memberi reputasi
Quote:


Kwkwwk auto rame
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
serius ane gak kepikiran tuh buang sampah ke kawah gunung berapi bisa jadi solusi. cuma emang pernah diadain penelitian yak, klo memungkinkan bisa aja sih. tempat pembuangan sampah udah kagak muat lagi .. harus diolah sebenernya
Diubah oleh lubangkaca
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di