CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e75cb25b840883c5131932f/secuil-kisah-sejarah-transportasi-indonesiaals-si-raja-paket-dari-sumatera-utara

Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara



Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber


Transportasi bus masih menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia,baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh,antar kota antar provinsi bahkan sampai antar pulau.Bicara soal dunia transportasi darat,khususnya bus.Kali ini TS akan membagikan sedikit ulasan mengenai salah satu bus legendaris dari pulau Sumatera,bus itu adalah ALS (Antar Lintas Sumatera).


Bus legendaris asal Sumatera Utara (ALS),salah satu pelopor trayek bus jarak jauh di Indonesia. Dimana awalnya didirikan di Kotanopan,Mandailing Natal pada september 1966.Siapa sangka sudah lebih dari setengah abad,ALS melaju melintasi jalur Sumatera dan Jawa.Pada awal berdirinya ALS memulai dengan membuka trayek dari Muara Sipongi/Kotanopan ke Medan.


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara


Sumber


Menjadi salah satu pelopor transportasi penghubung antar kota di Sumatera,dengan membuka trayek dibeberapa kota.Mulai dari Pekanbaru, Banda Aceh,Bengkulu,Jambi, Palembang,Padang dan Lampung.Saat itu (1960-1970an) belum bisa menyebrang dari Bakauheni ke Mera,karena kapal yang ada belum mampu untuk mengangkut kendaraan besar. Penumpang yang mau melanjutkan ke pulau Jawa harus menyudahi perjalanannya,dengan melanjutkan menumpang kapal untuk menyebrang selat Sunda.


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber


Di era 80-90an ketika kapal ferry mulai berlayar diselat Sunda,ALS pun membuka jangkauan trayeknya.Dari sebelumnya hanya melayani penumpang antar kota dipulau Sumatera,mereka membuat gebrakan baru.Dengan membuka trayek dari Medan sampai beberapa kota di pula Jawa seperti,Jakarta,Solo,Jogja,Surabaya hingga Denpasar emoticon-Belo
Bisa banyangkan gan sist,betapa jauh jarak yang harus ditempuh ALS,tahun 80-90an bisa dibilang era jaya bus ALS.Sekali perjalanan bisa menempuh kurang lebih 3000 km jauhnya emoticon-Belo


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Salah satu livery ALS dengan gambar kupu-kupu

Sumber


Setelah sukses membuka trayek menuju kota-kota besar di pulau Jawa,ALS melanjutkan gebrakannya dengan menjelajah beberapa kota kecil di Jawa Timur.Seperti trayek Medan-Surabaya-Malang,dan yang paling jauh dan masih eksis sampai saat ini Medan-Jember.Menjadi salah satu trayek terjauh di Indonesia saat ini,bagi TS yang berdomisili di Jatim,bertemu ALS di jalan merupakan momen yang langka.Tidak setiap hari bisa melihatnya berseliweran dijalan.


Ane merasa bangga dan terkesan,bisa bertemu bus ini dijalan,salah satu bus legendaris dari Sumatera.Bangga karena ALS merupakan bagian dari sejarah transportasi di Indonesia,dan juga mungkin hanya di Indonesia ada bus menempuh jarak kurang lebih 3000 kilometer sekali jalan untuk rute Medan-Jember emoticon-I Love Indonesia (S)


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber


Pada tahun 2012 Kementrian Perhubungan RI menobatkan trayek Medan-Jember sebagai rute otobus terjauh,FYI gan sist jarak Medan ke Jember adalah 2.945 kilometer,hampir menyentuh angaka 3000 emoticon-Belo
Bus ALS jurusan Medan-Jember ini melewati tiga per empat bagian dari Pulau Sumatera dan tiga per empat bagian dari Pulau Jawa emoticon-Big Grin emoticon-Belo


Bus ini sudah melewati puluhan kota di Sumatera dan Jawa,tentu perjalanan akan lebih lama.Mungkin seminggu untuk trayek ini (ane belum tahu tepatnya berapa) cmiiw,teman ane dulu Medan-Jakarta ditempuh sekitar 3-4 hari.Walaupun perjalananya cukup jauh,nyatanya trayek ini masih bertahan sampai sekarang.Medan-Jakarta via jalur lintas tengah Sumatera menawarkan pemandangan alam yang eksotis,karena melewati dua danau besar di Sumatera.Danau Singkarak dan danau Toba emoticon-Belo


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber


Selain dikenal dengan trayek jarak jauhnya,ALS juga mendapat julukan sebagai Raja Paket Dari Sumatera.Nah kalau melihat bus ALS di jalan,coba perhatikan atap bus.Pasti ada tumpukan barang menumpuk,dari paket itu lah gan sist salah satu rejeki kru berasal.Walaupun membawa paket barang diatap bus adalah salah satu ciri khas bus Sumatera,tapi ALS lah yang paling identik dengan bus pembawa paket barang ini dilintas Sumatera.


Samapai mendapat julukan Raja Paket Dari Sumatera,karena paket yang cukup banyak yang dibawanya.Dari Sumatera ke Jawa,maupun sebaliknya,melalui ekstrimnya lintas Sumatera.Tak salah julukan Raja Paket disematkan pada bus ini.


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

(Kru ALS sedang menata paket barang)

Sumber Foto


Awak bus ALS sendiri, biasanya dilengkapi oleh 2 sopir dan 2 kondektur (terkadang ditambah 1 mekanik) selama perjalanan,kalau sekarang cuma 2 kondektur dan 2 sopir.Terkadang juga kru bus ALS menjadi mekanik bagi busnya sendiri,ketika ada masalah pada bus dijalan.


Rute yang panjang dan menguras tenaga,mungkin sudah dianggap seperti hiburan oleh mereka ya gan sist.Melintas Jawa-Sumatera,singgah diberbagai kota dan bertemu dengan beragam jenis orang,bisa menjadi penghilang penat mereka yang rela berhari-hari tidak bertemu keluarga.


Yang unik dari penuturan kawan ane,armada ALS ini adalah titipan,tidak ada pemilik tunggal dari keseluruhan bus als ini.
Bisa dilihat dari nomor yang tertempel pada body bus, semisal dari nomor 351 jika akhiran nomor adalah angka 1 maka bus itu milik ketua dari PT. ALS tersebut,nomor akhiran 2 diketahui milik keluarga H.Kolol,nomor akhiran 5 milik keluarga Japarkayo,dan seterusnya.Dimana angka terakhir adalah kode dari pemilik bus tersebut,bisa dibilang seperti bisnis keluarga.CMIIW gan sist,kalau ada yang tahu soal kode pada bus ALS silakan dikomen nanti emoticon-Big Grin


Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Sumber Foto


Untuk dapur pacu yang digunakan,ALS ini identik dengan mesin dan chasis Mercedes-Benz.Walaupun pada awal terbentuknya memakai chasis chevrolet dan Dodge,tapi setelah itu ALS setia menggunakan chasis dan mesin Mercy.Sering kali ane bertemu ALS dijalan pasti melihat logo Mercy dibody atau tulisan dikacanya.Seperti foto diatas,dikaca tertempel tulisan O500RF 1836.Adalah tipe mesin Mercy yang digunakan bus tersebut,dengan dibalut body Legacy Sky SR1 dari karoseri Laksana (Ungaran,Semarang).Mungkin dari pihak manajemen ALS punya pertimbangan sendiri,kenapa memilih setia pada mesin Mercedes-Benz sampai sekarang.Jalur lintas Sumatera yang cukup ekstrim mungkin cocok dengan mesin Mercy,dan juga ketahanannya karena melintasi puluhan kota dari Sumatera sampai Jawa.



Itu tadi sejarah singkat ALS,Raja Paket Dari Sumatera,walaupun dibutuhkan perjalanan yang cukup lama untuk sampai tujuan.Nyatanya bus ALS tetap jadi favorit bagi masyarakat untuk kembali ke kampung halaman di Sumatera maupun Jawa.Terbukti dari trayek jarak jauhnya yang bertahan sampai sekarang,tidak mudah bagi ALS bertahan sampai sejauh ini.Apalagi adanya pesawat,membuat beberapa orang berpikir 2 kali untuk naik bus menuju Sumatera dengan bus.


Harapan ane sih dengan dibangunnya tol trans Sumatera kedepan,mampu memberi dampak positif bagi transportasi bus,khususnya bus Sumatera yang melintas jalur Sumatera-Jawa.


Dan ketika tol tans Sumatera benar-benar selesai dibangun,harapannya transportasi bus bisa jadi alternatif ketika tiket pesawat melambung tinggi,mungkin dalam jarak tempuh bus akan kalah dari pesawat.Tapi satu hal yang kita tidak dapatkan dari pesawat,pemandangan alam eksotis yang kita lewati saat melewati lintas Sumatera adalah bonus yang luar biasa indahnya.


Apalagi jika melewati jalur lintas tengah Sumatera yang melewati danau Singkarak dan danau Toba,sungguh hal yang menakjubkan dan tidak terlupakan tentunya.





Sekian dulu dari ane,sampai bertemu lagi emoticon-Toast





Sumber:
Pemikiran pribadi dan pengalaman kawan TS
Referensi:1 , 2
Foto: blogger busmania,google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novatax dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 9
Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara

Terjawab!!!,Medan-Jember 2 mingguan emoticon-Hammer (S)
Nice info gan emoticon-Big Grin
Quote:


ALS sang gps penyelamat,makasih udah disahre ceritanya gan emoticon-Big Grin

Quote:


Info penting soal lintas Sumatera,nice share gan emoticon-Big Grin

Quote:


Mungkin bisa usul ke raja salman,ALS versi arab emoticon-Ngakak (S) emoticon-Big Grin

Quote:



Cerita seru dan nostalgia dari kawan2 kaskuser emoticon-Toast
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:
profile-picture
profile-picture
iskrim dan ciptawan memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Masih sepi,mumpung masih pejwan emoticon-Ngacir

Secuil Kisah Sejarah Transportasi Indonesia,ALS Si Raja Paket Dari Sumatera Utara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
jaman dulu kaya bis ala indihe emoticon-Ngakak
profile-picture
salis93 memberi reputasi
Quote:


indihe apaan gan ? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
iskrim dan ciptawan memberi reputasi
Pengalaman naik bus als super executive rute padang - medan emoticon-Recommended Sellerl
Waktu tempuh 22 jam, lagu dalem bus lagu lagu era 80 - 90 an.
Berhenti untuk sholat subuh di mesjid daerah tepian danau toba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 4 lainnya memberi reputasi
enak banget naiknya apalagi duduk di depan berasa semakin dekat dg sang pencipta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novriexx dan 14 lainnya memberi reputasi
Quote:


mantap nih pengalamannya gan emoticon-2 Jempol
kira2 kapan terakhir naik ALS ?

Quote:


itu buat bus yang ugal2an gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Abc..Z memberi reputasi
cuma kalo sekarang armada als kebanyakan yg udah uzur ya bre?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 3 lainnya memberi reputasi
naik bis hehe kangen gw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 4 lainnya memberi reputasi
Bus Medan jelek jelek.
emoticon-Baby Boy
Quote:


sebagian ada yang uzur,dirombak bodynya biar terlihat kekinian.seperti dirombak jadi body jetbus/sr2 gan.untuk melawan sempati star yang menggila dijalur sumatera.


banyak juga armada barunya gan,kemarin baru keluar dari karoseri adiputro.kurang tahu tipe chasisnya yang mana,yang pasti itu mercedes-benz emoticon-Big Grin


Quote:


kapan terakhir naik bus gan ? emoticon-Big Grin

Quote:


gak kok dek,itu sebagian foto lawas,terlihat jelek karena faktor jalan lintas Sumatera yang ekstrim.membuat body bus terlihat kotor,perlahan ALS sudah mengupgrade body bus mereka dek emoticon-Big Grin

kalo ini termasuk jelek gak dek ?

Spoiler for Bonus:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Quote:


Sekitar 3 taon yg lalu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


sudah lama rupanya,kalo ane naiknya bus kelas ekonomi.dua minggu sekali emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Transjakarta gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


bukan gan,tapi sugeng rahayu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Whahahaha
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan ampekduo memberi reputasi
Ane sukak sejarah...
emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Husssh... Jangan menghina... emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan lupis.manis memberi reputasi
Ngetop banget ini P.O. ALS. emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan ciptawan memberi reputasi
ntu kalo trek jauh sopir nya ada berapa bre apa satu doang ama kenek atau gantian di tiap² wilayah
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di