CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Virus Corona Bisa Menular Lewat Barang Impor Tiongkok? Ini Penjelasan Dokter
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e75b282a7276867574aefa2/virus-corona-bisa-menular-lewat-barang-impor-tiongkok-ini-penjelasan-dokter

Virus Corona Bisa Menular Lewat Barang Impor Tiongkok? Ini Penjelasan Dokter

Virus Corona Bisa Menular Lewat Barang Impor Tiongkok? Ini Penjelasan Dokter
Foto: pixabay/46713


Jagoankita.com – Sejumlah spekulasi bermunculan di tengah merebaknya wabah virus corona. Salah satunya yakni virus corona bisa menular lewat barang impor Tiongkok. Lantas benarkan demikian?

Virus corona atau COVID-19 merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit yang sudah memakan ribuan korban jiwa itu pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, Tiongkok.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, virus corona bisa menular antar manusia lewat percikan air liur penderita Covid-19 ketika bersin atau batuk.

Selain itu, virus corona pun bisa masuk ke tubuh seseorang, jika orang itu menyentuh barang yang telah terkontaminasi lalu makan dengan tangan, menyentuh hidung dan mulut, atau mengucek mata sebelum mencuci tangan terlebih dahulu.

Kembali pada topik tentang bisakah virus corona menular melalui barang impor dari Tiongkok. Barang impor Tiongkok sendiri telah menjadi barang dagangan yang digemari masyarakat Indonesia.

Hal itu lantaran barang-barang tersebut biasanya mempunyai kualitas yang bagus, namun harganya cukup miring. Selain itu, biaya pengiriman barang dari Tiongkok pun sangat-sangat terjangkau.

Virus Corona Bisa Menular Lewat Barang Impor Tiongkok? Ini Penjelasan Dokter
Foto: pixabay/cegoh


Tetapi, sejak pandemi virus corona masuk ke Indonesia, banyak masyarakat indonesia yang jadi ragu untuk membeli barang dari negeri tirai bambu itu. Mereka khawatir peralatan elektronik, mainan, pakaian maupun barang lainnya yang diimpor dari Tiongkok, membawa virus corona masuk ke Indonesia, padahal kenyataanya tak demikian.

Virus corona memang bisa bertahan hidup di permukaan benda selama beberapa jam atau hari. Namun tergantung pada jenis permukaan, suhu serta kelembapan benda tersebut.

Kecil kemungkinan virus corona bisa tetap bertahan di permukaan barang, yang sudah melewati berbagai kondisi selama pengiriman dari Tiongkok.

Ditambah lagi, hingga kini tak ada laporan kasus COVID-19 yang penularannya berasal dari barang impor Tiongkok.

Agar kamu yakin barang yang kamu beli terbebas dari virus, kamu bisa membersihkannya dengan larutan antiseptik atau alkohol terlebih dahulu.

Namun, saat membersihkannya, jangan lupa gunakan sarung tangan. Selain itu, sebisa mungkin bersihkanlah barang tersebut di ruangan yang terbuka.

Setelahnya, segeralah cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun usai menyentuh barang yang belum dibersihkan. Kamu pun bisa menyemprotkan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen, agar tanganmu bersih serta terbebas dari virus.


Sumber: Klik
Tahan 9 jam kan? Klo udah di laut 7 hari 7 malam pasti nyebur ke laut korona nya bruh emoticon-Wakaka
Diubah oleh Judess
Lihat 1 balasan
emang perjalanan kontainer dari shenzen ke priok cukup 2 jam?
profile-picture
Judess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cina udah aman emoticon-Blue Guy Bata (L)
kalo anda merasa barang impor dari china tidak aman, mending anda tdk usah pake emoticon-Big Grin
dr corona mah aman... yg ga aman dr bea masuk..... emoticon-Ngacir
Jubir pemerintah China belum lama ini mengeluarkan statement resmi, intinya begini:

"Kalau ada negara yg kuatir akan barang made in China yg dianggap berbahaya, maka silakan jangan menggunakan masker buatan China, ventilator buatan China, dan obat-obatan yg bahannya dari China. Sekian"emoticon-Wakaka
Ya udah bagi kadrun dkk ga usah pake barang impor cinak, termasuk masker dll
Gitu aja repot
Waktu delivery nya kan lama, mana mungkin tuh virus masih idup kecuali ada yg terkena virus corona nganterin barang ke ente, gitu sampe di tangan ente lgs kucek2 idung atau mata
di artikel ini nggak ada dokter siapa yang jelaskan spesialis apa kerja dimana?emoticon-Cape d...

Quote:


benar gan emoticon-Cool ternyata wartawan bodrex lebih bagus daripada media abal-abalemoticon-Hammer2
Diubah oleh nyongnyongan
buat jaga² mawon. ane dah mengurangin beli barang² online kecuali yg ane butuhkan segera. emoticon-Big Grin
God created man, heaven and earth.. The Rest was made in China emoticon-Leh Uga
Kalau nopel covid19 sih rasanya gak mungkinlah bertahan beberapa minggu...

emoticon-Cool

Tapi kalau nopel efpei212 entahlah.......emoticon-Ngacir

Soale ini pirus kagak ada matinye

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
sehau76 memberi reputasi
Diubah oleh drs.obama
jajan di aliex tuh pengiriman plg cpt 2mggu, ya kuat tuh virus? emoticon-Hammer2
Di luar cuma tahan 9 jam virusnya..emoticon-Big Grin
Apalagi kalau kena matahari, lebih cepet matinya..emoticon-Big Grin
mati lah virusnya
Entahlah kl pirusnya bermutasi😵
Kalau khawatir begitu barangnya dateng cuci aja pake sabun sih...toh virusnya juga bakal mati


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di