CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wabah Corona, Pemerintah Putuskan Soal Mudik Pekan Depan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e759cc7c8393a25742289f1/wabah-corona-pemerintah-putuskan-soal-mudik-pekan-depan

Wabah Corona, Pemerintah Putuskan Soal Mudik Pekan Depan

Wabah Corona, Pemerintah Putuskan Soal Mudik Pekan Depan

Kementerian Perhubungan dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi akan melakukan rapat pekan depan guna memutuskan nasib penyelenggaraan angkutan mudik Lebaran tahun ini akibat penyebaran virus corona atau COVID-19.

 “Tadi didiskusikan apakah mudik akan dilakukan seperti biasa atau ditinjau ulang atau dilarang itu belum diputuskan,” kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati melalui video conference di Jakarta, Jumat (20/3).

Ia menjelaskan saat mudik merupakan momentum berkumpulnya banyak orang, terutama di simpul-simpul transportasi, seperti pelabuhan, bandara, terminal dan stasiun, sementara itu pemerintah saat ini tengah gencar mengupayakan agar semua orang berdiam di rumah, meminimalisasi pergerakan guna membendung penyebaran virus corona yang sangat cepat.

“Semua tahu bahwa pengumpulan massa dihindari. Ketika bicara mudik sudah terbayang seperti apa dan terjadi pengumpulan masyarakat di beberapa titik,” ujar Adita, dikutip Antara.

Karena itu, pihaknya akan membentuk tim kecil yang akan mengkaji secara teknis penyelenggaraan mudik tahun ini dan akan melaporkannya ke Kemenko Maritim dan Investasi.

“Soal mudik ini tadi dibahas, kita tidak bicara soal mudik saja, tetapi juga menyambut Ramadhan dan Lebaran. Akan ada tim teknis kecil yang lebih detil melaporkan kembali ke Kemenko Maritim Inevstasi minggu depan ada meeting besar lagi,” katanya.

Adita mengimbau kepada masyarakat bahwa kejadian ini adalah darurat dan berharap untuk memakluminya.

“Pada prinsipnya adalah fokusnya adalah mencegah perluasan wabah virus corona. Memang akan ada beberapa keputusan yang tidak biasa kepada masyarakat. Kita tunggu saja kajiannya dan disosialisasikan sesegera mungkin,” katanya.

Sementara itu, Kemenhub telah menyiapkan 1.317 bus untuk 37 kota tujuan mudik gratis yang akan dibuka pada 23 Maret mendatang. Tidak hanya bus, untuk truk yang mengangkut sepeda motor disediakan 111 unit untuk mengangkut 4.995 motor.

Anggaran yang dipakai pun ada kenaikan enam persen menjadi Rp34 miliar. Sebagai rincian, khusus bus penumpang, saat arus mudik tersedia 1.087 bus yang mengangkut 48.915 penumpang.

Sementara saat arus balik tersedia 230 bus yang mengangkut 10.350 orang. Untuk truk pengangkut motor rinciannya, pada saat arus mudik disediakan 86 truk bagi 3.870 unit sepeda motor dan arus balik sebanyak 25 truk untuk mengangkut 1.125 unit sepeda motor.

Jumlah bus dan truk tersedia saat arus mudik lebih banyak daripada arus balik untuk mencegah korban kecelakaan lalu lintas saat mudik dimana masyarakat mudik di waktu yang hampir bersamaan dan saat periode arus balik masyarakat cenderung memiliki banyak pilihan waktu pulang yang lebih panjang dibandingkan arus mudik.

Kota tujuan di tahun 2020 pun ini diperlebar dari Jakarta maupun Jabodetabek dan melayani kota- kota di Sumatera seperti Padang, Palembang,Lampung.

Untuk kota di Jawa Barat tersedia empat kota tujuan. Jawa Tengah yang terbanyak yaitu 24 kota tujuan dan Jawa Timur sebanyak enam kota tujuan.

Tahun ini juga kami sediakan mudik dari Bali untuk tujuan Yogyakarta dan Surabaya.
Truk yang digunakan untuk mengangkut sepeda motor tahun ini disediakan untuk melayani delapan kota tujuan yakni Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Magelang, Kebumen, Purwokerto.






Halaman 1 dari 2
yg masup tol brp bs dpt pemasukan brp
resiko virus menyebar penanggulangan ke daerahnya brp
Harus dicegah yg mo mudik, kalo masi dibiarin mudik RIP sudah indonesiaemoticon-norose
profile-picture
crusaders2003 memberi reputasi
wis aku mending gak mudik
Lihat 1 balasan
Quote:


Tenane, mbak? emoticon-Matabelo
Gak usah mudik lah... Nambah2in kerjaan polisi sama tenaga kesehatan ntar kalo kasusnya meledak.
gak guna buat ane dari waktu di cebokin ampe sekarang udah bisa cebok sendiri dan bisa ngocok sendiri tetep stay di kampung halaman.
waduhhhh kgk bs balik kampung ...
gw gagal mudik ke london...


padahal anak2 ane udah kangen loh sama bude elizabeth.. emoticon-Frown
profile-picture
yanchespenda memberi reputasi
Mending lockdown sekarang, mumpung masih ada waktu, yang saya takutkan kalau sampai musim mudik belum terkendali maka akan semakin parah penyebarannya
Lihat 1 balasan
mudik saja tidak apa apa, tapi ingat minum jamu...kalau kena pun bisa sembuh sendiri, jadi tenang saja tidak perlu panik
profile-picture
profile-picture
buatbarulagi dan bigbuncit memberi reputasi
Quote:


Lah piye toh mas timbang mati enom
Durung kimpoi mending gak mudik emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
saran saya lebih baik ditutup untuk mudik, kali ini saja. nanti kita bisa mudik sama-sama di akhir tahun setelah wabah mereda. orang tua kita tidak memiliki imunitas seperti anda dan saya, yang masih relatif muda. justru saya kuatir membawa virus ini jauh ke desa dan mencelakakan mereka. nanti setelah kondusif kita sama-sama mudik, okeh?emoticon-Hot News
profile-picture
bowobutoijo memberi reputasi
Susah kalo disuruh untuk tidak mudik, tapi resiko dr hal itu bisa membahayakan dan makin meluasnya wabah ini emoticon-Bingung
Konflik kepentingan agama rada riskan nih masuk Ramadhan, ada tarawih, shalat Ied, jangan sampai digoreng sama oknum you know who, kemarim shalat jumat aja banyak yg tiba2 epilepsi liat spanduk himbauan pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Lah karepe kawin kapan, mbak?
Ayolah, mudik jangan dilarang. Ada yg udah pesen tiket dari jauh2 hari emoticon-Matabelo
lebih baik ga usah mudik dulu lah thn ini.
kalaupun tegas dilarang, hrs ada hukuman bagi yg melanggar
terus polisi/tentara di turunin jg buat di tempat2 kyk stasiun/terminal buat ngusir yg maksa pengen mudik
jgn dilarang tp ga ada hukuman bagi yg ngelanggar, org itu selama larangan itu tdk ada hukuman dalam bentuk denda/penjara ga bakal nurut
mmg bgsnya ga usah mudik dulu..ane jg ga mudik thn ini..apalg kmpung ane mlh di jkt
Segera diputuskan
Klo dilarang/ditunda segera disosialisasikan ke masyarakat
Gandeng ormas keagamaan buat sosialisasi
Jangan mepet2
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di