CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Corona dan Segala masalah yang dia timbulkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e759b9a018e0d2fff453610/corona-dan-segala-masalah-yang-dia-timbulkan

Corona dan Segala masalah yang dia timbulkan

Ini hanyalah curahan hati penulis tidak bermaksud menyinggung pihak manapun dan memojokkan pihak manapun , jadi marilah kita bersatu mencari solusi bersama apa yang harus kita lakukan untuk menekan jumlah penderita dan jumlah kematian di INDONESIA , dengan bahu membahu dan tolong menolong smoga saja wabah ini dapat segera berakhir

jika ada kesalahan kata dan perbuatan saia mohon maaf yang sebesar besarnya

Saat ini kita rakyat indoensia tidak hanya kita saja tapi semua orang di dunia , sedang menghadapi wabah namanay CORONA alias COVID-19

Di indonesia sendiri jumlah penderita kian cepat bertambah itu juga diikuti dengan jumlah kasus yang meninggal yang jumlahnya kian nambah dan banyak

dikutip dari
https://www.worldometers.info/corona...us/#countries  per tanggal 20 maret 2020

Corona dan Segala masalah yang dia timbulkan

dari data diatas kita dapat melihat dari 369 kasus yang positif 32 nya meninggal loh gaes jadi tingkat mortalitasnya di negara ckup tinggi 9.7%

sedangkan untuk seluruh dunia tingkat mortalitasnya 4.12 %
Corona dan Segala masalah yang dia timbulkan

Yang menjadi pertanyaan di sini , strategi apa yang harus kita ambil agar jumlah penderita yang meninggal tidak semakin banyak ?

Corona dan Segala masalah yang dia timbulkan


Dari gambar diatas dapat kita lihat alur diagnosis untuk COVID-19

yang menjadi pertanyaan saia di sini :

kita ambil saja contoh kasus ini contoh ya belum tentu ada pasiennya

1. Tn A habis plg dinas dari Manado ( anggep saja saat ini Manado belum ada ksus positif Covid-19  ) beliau naik pesawat ke Manado , nah saat pulang ke lokasi tempat tinggalnya Sidoarjo ( anggap saat ini belum ada yang positif ) setelah hari ke 3 Tn . A ini mengalami pilek batuk baisa tidak seperti orang sakit berat tidak juga demam , otomatis dia tdk termasuk ODP dan PDP karena belum kontak ke tmp yang positif dan kontak dengan orang yang positif , yang menjadi pertanyaan saia di sini => apakah Tn.A ini pasti tidak kontak dengan orang yang positif ? Beliau ke manado dari sidoarjo kan naik pesawat , nah klo misal nih di pesawat tadi ada penumpang yang habis pulang dari kota apa LN yang sdh endemis korona gmn ? Apalagi kalau setelah itu Tn.A memutuskan untuk ke jakarta setelahnya dari sidoarjo untuk melakukan perjalanan dinas pekerjaannya , kemudian dia kembali lagi ke sidoarjo ... Di sini jika posisi sebagai dokter apakah kami dokter boleh mengeluarkan surat keternagan klo pasien ini sehat dan layak terbang ke JAKARTA ??? terus nanti dr jakarta dia pulang ke sidoarjo bagaiaman ???  yang paling krusial saat di pesawat Sidoarjo-Manado di dalam sana kan banyak penumpang lain ?? kalau ternyata salah satu positif gmn ? gmn cr kt ngelacak ? Kalau ada yng bisa bantu kasih solusi kalau kita dapat kasus seperti ini gmn bs komen di bawah ya kakak2 sekalian paramedis sekalian

2. Mr X , keluhan batuk pilek sudah 1 minggu , hari ke 1 dan 2 dia demam tapi hari ke 3 sampai sekarang dia tidak demam , dia punya riwayat sakit paru sebelumny sehingga kalau batuk sering sesak , batuknya memang tampak ngekel dan grok2 tapi saat dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan rhonki dan wheezing , cuman yang jadi masalah adalah jadi dia sempat rawat inap di RS yang menjadi pusat rujukan kasus korona untuk kasus bedah, dan saat setelah plg keesokan harinya mulai muncul gejala demam dan batuk ringan , sekarang demam sudah hilang dan batuk semakin memberat , tapi Mr X tidak ad riwayat berpergian ke negera apa kota endemis , sebagai tenaga medis apa yang perlu kita lakukan ? orang ini apaka juga nda termasuk ODP ?? Mr X disarankan untuk mengisolasi diri di rumah selama 14 hari ,tapi karena faktor pekerjaan beliau tidak bisa melakukan , kemudian kita sebagai tenaga medis apa yang harus kita lakukan ? Mr.X jg perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan anak istrinya sehinggai tidak bs mengisolasi diri selama 14 hri...

Di atas hanya contoh kasus saja ya jadi belum tentu kasusnya ada , yang menjadi pertanyaan di sini sebagai tenaga medis apa yang harus kita lakukan ? 

Kemudian masalah kedua yang harus kita pikirkan bersama , bagaimana kalau walau orang tersebut tidak berperigan dari luar negri ,apa kota endemis , atau kontak dengan pasien yang positif covid-19 , tapi pekerjaan orang orang ini mengharuskan mereka bertemu banyak orang dari berbagai kota secara langsung atau berpergian dari 1 kota ke kota lain ? 

contoh nya paling gampang
1. orang yang bekerja di RS/Klinik/Puskesmas/Fasilitas kesehatan lain , di sini konteksnya bukan cuman dokter dan prawat, di sana kan juga ada bagian lain seperti pasien lain yang emergency dan perlu pengangan segerea /apoteker / laborat / gizi / admin / cleaning service / gizi / bapak sopir ambulan / bapak satpam / bapak parkir ??? untuk orang orang yang beresiko tinggi terpapar virus ini apakah mereka smua sudah pendapat informasi yang ckup ? APD yang ckup? apakah suara mereka sudah didengar dengan baik apa yang saat ini mereka btuhkan sebagai garda terdepan ?? ingat korona mmg boleh lagi endemis skrg , tapi gimana nasib pasien lainnya ? penyakit lain juga tidak hilang gitu aja lo dengan adanya korona ? Contoh aja pasien emergency yang perlu penanganan segera seperti usus buntu / orang mau melahirkan / orang srangan stroke akut / serangan jantung koroner akut / dan masih banyak lagi , belum lagi pasien yang harus mendapat rutin pengoabtan seperti orang kemoterapi mereka ini orang yng hrs benar benar kita berhatikan karena imunocomprimised, apa yang harus kami lakukan jika dalam 1 RS tiba2 ada pasien meninggal dan pasien ini ternyata positif corona ? apakah 1 rs ini otomatis jadi ODP atau kah hanya orang yg kontak erat ? Andaikan pasien td yang positif dan meninggal masuk lwat igd , sedangkan perputaran pasien di igd kan cepat , gmn pasien pasien lain yang kuar masuk igd tadi ? mereka smua termasuk ODP juga kah apa bagaimana ? kalau ada yang bisa bantu jawab tolong bantu ya

2. Mas atau Mbak yang melayani pembelian kita di pompa bensin / supermaket / rstoran / teller bank , bukankah mereka juga berhak mendapatkan APD yang layak ? ratusan bahkan ribuan orang yang mungkin mereka layani setiap hari nya , mereka plg ke rmh juga ada keluarga yang harus mereka temui , apakah mereka juga tidak beresiko tinggi ???

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk menghindari supaya penyebaran virus ini tidak semakin luas ? tingkat kematian tidak semakin tinggi ?

Apakah lockdown merupakan solusi terbaik ? tapi bagaimana kelangsungan ratusan juta penduduk indonesia jikalau sampai lockdown ??? 

Apakah sama seperti kanker ? semakin dini dia diketahui maka prognosis dan angka harapan hidup pasien semakin tinggi ? 

inilah PR yang harus kita pikirkan bersama , bagaimana agar kita dapat trace dengan baik orang-orang yang seharusnya mendapat tes untuk virus ini , mungkin dengan deteksi dini virus ini , semakin cepat orang memperoleh pengobatan dan semakin cepat mereka diisolasi maka dapat semakin turun pula angka penderita baru dan angka kematian .

Apakah orang-orang yang berisiko tinggi tertular virus ini harus memperoleh tes terlebih dahulu untuk mencegah agar penyebaran ?

Apakah orang dengan penyakit komorbid yang beresiko meninggal lebih tinggi harus memperoleh tes lebih dahulu untuk menurunkan kematian?

Adakah yang tau jika dari terinfeksi virus ini btuh waktu berapa hari agar hasil tes nya positif ? baik yang katanya rapid apa swab tadi ini kan jg bs jadi pertimbangan pada hari ke berapa ODP td harus di cek ? apa harus tunggu ODP naik jd PDP baru dites ? 

marilah bersama tidak hanya tenaga kesehatan / pemerintah kita smua yang memahami baik dari segi ekonomi , bisnis , teknologi ktia saling membantuk mencari solusi bersama untuk masalah corona di indonesia ini

Contoh aja dari tetangga sebelah tidak bermaskud menyindir pihak manapun ya

https://www.channelnewsasia.com/news...


Di singapore ada aplikasi yang mentrace, jadi dengan mengaktifkan aplikasi ini kt dapat tahu saat kita berpergian keluar user mana saja yang kt temui dalam jarak penularan virus ini , menurut saia ini cukup efektif ya , karena kalau 1 aja positif pemertintah mudah melacak siapa saja yang kontak dengan yang positif ini sebagai ODP , jadi jangan sampai tunggu muncul gejala segera ambil tindakan.

Semoga curahan hati ini membantu dan saia tidk bermaksud menyinggung pihak manapun CMIWW





profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh emperi2121
Halaman 1 dari 3
Ane baca2 dolo yah Gan...
emoticon-cystg
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Quote:


Bantu tag gan klo ada kenalan tenaga mrdis / org yg paham ekonomi / yg ngeri IT gan wkwkwkwkwk
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
semoga cepatt berlalu wabah virus corona covid 19 dari negeri ini
profile-picture
profile-picture
ventisca dan ciptawan memberi reputasi
Quote:


Aminnn
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan ampekduo memberi reputasi
baca dulu
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan ampekduo memberi reputasi

#stayathome

#stayathome
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Diubah oleh koselnero
Paling aman ikut aja negara yg udah bs berhasil menekan penyebaran wabah ini..mau lebih spesifik lg, coba ikut kebijakan negara yg culture nya mirip2 sm indo.. emoticon-Smilie

Tp ya harus ada kerja sama dan pengertian antara pemerintah dan warganya emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Diubah oleh kopralicious
Baru pernah di era modern saat ini, pandemi yang begitu dahsyat dan global, efeknya ke seluruh aspek.

Semoga cepat berlalu.

Corona dan Segala masalah yang dia timbulkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
littlevan dan 5 lainnya memberi reputasi
nice, smoga cepat berakhir
secepatnya...
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
meranaaa
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
kata ustad nganu kan ini hny tentara Allah, bijimane ini agan2 ganteng
nyang bener nyang mane
emoticon-Mewekemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan salis93 memberi reputasi
Iya kalau masyarakat mau mawas diri dan care terhadap keadaan saat ini pasti penyebaranya nda semasif ini. Karena masih banyak orang bebal.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Corona dan Segala masalah yang dia timbulkan
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan adrianfuzagame memberi reputasi
iya malah bingung, gimana ketauannya. Soalnya gejalanya umum. Karena belum ada obatnya lebih sulit lagi jadi serba salah kalo mau ngecek. Demam & batuk/batuk & sesak nafas, pengen ke dokter tapi takut klinik/RS bekas singgah suspect corona dan disitu banyak jenis penyakit lainnya.

Ane berharap semoga wabah ini cepat berlalu. Saat ini di Indonesia kondisinya bener2 bingungin untuk ngecek & ngetes apa kita kena corona apa enggak.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan salis93 memberi reputasi
masalahnya di pengadaan masker dan hand sanitizer. harusnya untuk masyarakat normal hand sanitizer itu tidak diperlukan karena bsa pake cuci tangan. hand sanitizer diperlukan untuk orang yang bekerja dan tidak mendapat akses sabun dan air. masker jgn diblg lah semua pasti tau. penimbunan besar2an. kasusnya skrg ntah gmn? sampe di supermarket pun ga ada.. sapa yang mau disalahkan?
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
tergantung sudut pandang. yang pasti kemanusian diatas segalanya.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
bagimana gak bertambah banyak...
lah wong disuruh diam di rumah aj malah nongkrong dimana2..
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan tic_tac_tan memberi reputasi
Asal jgn ngeyel ya anggap enteng saat di tempat umum
Corona dan Segala masalah yang dia timbulkan
Corona dan Segala masalah yang dia timbulkanCorona dan Segala masalah yang dia timbulkantransportasi umum danger emoticon-Kagets


Bata only!
profile-picture
Brengkengan memberi reputasi
Diubah oleh hawk
Dampak operasi senyap, emoticon-Traveller
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Yang paling pertama dilakukan doa, kalau ada satu saja doa yg dikabulkan oleh Allah maka dengan mudah virus ini hilang. InsyaAllah
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di