CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Manfaat KweTiaw atau Mietiau Untuk Tubuh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e757ff2c8393a234556cd1d/manfaat-kwetiaw-atau-mietiau-untuk-tubuh

Manfaat Mie Tiaw Untuk Tubuh

Manfaat KweTiaw atau Mietiau Untuk Tubuh

Pada artikel kali ini, akan Saya jelaskan sedikit tentang manfaat mie tiaw bagi tubuh kita. Selain memiliki rasa yang nikmat, mie tiaw juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Mari simak bersama sama.

Asal Usul Mie Tiaw
Sebelum heboh kwe tiau, di Indonesia khususnya di Kota Medan, sudah lama orang mengenal makanan yang bernama mie tiaw ini. Mie yang terbuat dari bahan tepung beras berbentuk pipih, lembut, tipis, dan berwarna putih. 

Terkadang orang menyebutnya mie tiaw, dan di lain tempat sering disebut kwe tiaw.
Pada tahun 90-an mi tiau di pinggir pinggir jalan yang dijual dalam gerobak kecil memasang brandnya dengan nama `mie balap`. 

Konon berasal dari seorang nenek Tionghoa di Jalan Sei Kera yang setiap pagi jualan kwe tiau tangannya ligat /cepat sekali mengaduk-aduk mie di atas kuali meski sudah sepuh.
Di Indonesia, kita akrab menyebut kwe tiau atau mie Tiau. Namun di Penang namanya ditulis di kedai-kedai sebagai Char Koay Teow atau Kuey Teow. 

Di Singapura pun sama, Char Koay Teow. Di Thailand, disebut Phat Thai. Konon Char kway teow artinya potongan mi beras goreng. Dibuat dengan menggoreng kwetiau dengan kecap asin dan manis, sedikit belacan (terasi), jus asam, tauge, kucai, lap cheong (sosis hidangan khas Tionghoa) dan kerang.

Di masakan aslinya, kwetiau ini juga digoreng dalam minyak babi menggunakan lemak babi. Tapi sekarang sudah banyak penjualnya yang beragama Muslim sehingga tidak perlu khawatir soal kehalalannya.


Menurut sejarah, char kway teow awalnya dijual oleh nelayan dan petani yang merangkap bekerja sebagai penjaja makanan di malam hari untuk menambah penghasilan dan konsumennya buruh karena kway teow dipandang makanan yang mengenyangkan.


Manfaat Mie Tiaw Untuk Tubuh
Mie tiaw adalah jenis pasta atau mie yang transparan yang terbuat dari tepung beras dan air. Tepung beras merupakan olahan tepung yang terbuat dari beras dengan proses penggilingan. Terdapat kandungan karbohidrat, kalsium, protein, zat besi dan vitamin C, sehingga banyak sekali manfaatnya. Antara lain adalah :

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya susu saja yang memiliki kandungan kalsium. Tepung beras pun memiliki kandungan kalsium di dalamnya, yang tentu saja kalsium sangat baik dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang.


2. Mencegah Anemia

Tidak hanya bayam, tepung beras pun mempunyai kandungan zat besi di dalamnya. Banyak memakan makanan yang mengandung zat besi dapat membantu sel darah untuk mengikat oksigen. Dengan sirkulasi oksigen dalam darah yang lancar, tubuh akan terhindar dari anemia yang sering dialami karena kekurangan zat besi.

3. Meningkatkan Metabolisme
Energi tubuh yang terpenuhi dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Karbohidrat dalam tepung beras sebagai sumber energi dalam tubuh, mampu membantu membakar kalori pada lemak dalam tubuh. Kalori akan terbakar pada saat tubuh sedang menjalani berbagai kegiatan.


4. Mencegah Terjadinya Panas Dalam

Panas dalam tidak hanya bisa diobati dengan jeruk dan alang-alang saja. Tetapi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi tepung beras. Kandungan vitamin C di dalam tepung beras dapat membantu meredakan dan mencegah panas dalam menyerang tubuh.


5. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi tepung beras sesuai dengan takarannya bisa membantu menurunkan berat badan. Apabila jumlah kalori mengkonsumsi tepung beras tidak terlalu banyak, maka kalori tersebut juga dapat dibakar dengan aktivitas metabolisme yang dialami oleh tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga berat badan.


6. Melancarkan Pencernaan

Tepung beras memiliki struktur yang lembut dibandingkan dengan beras. Mengkonsumsi tepung beras baik bagi beberapa orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan yang mengharuskan mengkonsumsi makanan yang lembut agar dapat dengan mudah diserap oleh usus. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam tepung beras juga bisa mengurangi rasa sakit ketika sedang terjadi masalah pencernaan.


Jadi seperti itulah tadi beberapa manfaat yang dapat kita pelajari pada artikel kali ini. Jangan lupa pelajari juga artikel tentang resep mie tiaw siram jika anda ingin mengetahui lebih banyak seputar mie tiaw siram lainnya. Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat.
Diubah oleh abisatya696


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di