CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Kisahnya Berakhir Tragis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e757ee0facb952fc27ce7ed/mengenal-ignaz-semmelweis-pelopor-cuci-tangan-yang-kisahnya-berakhir-tragis

Mengenal Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Kisahnya Berakhir Tragis

Mengenal Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Kisahnya Berakhir Tragis
Assalamualaikum

Semenjak merebaknya virus corona, aksi cuci tangan marak digalakkan sebagai antipasi pencegahan menyebarnya virus covid-19. Cara ini terbukti lebih ampuh untuk membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan daripada menggunakan hand sanitizer.

Ignaz Semmelweis adalah seorang dokter Hongaria keturunan Jerman yang mengenalkan prosedur kesehatan amat sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja, yaitu cuci tangan yang benar. Ia mengenalkan prosedur tersebut untuk pertama kali pada 20 Maret 1847.

Ignaz Semmelweis lahir pada 1 Juli 1818 di Buda, Hongaria. Ia mendapatkan gelar dokternya di Universitas Vienna, Jerman, pada 1 Juli 1837. Setelahnya ia fokus di bidang kebidanan.

Pada tanggal 1 Juli 1846, Ignaz mulai bekerja di Rumah Sakit Umum Vienna. Di sana ia menjabat sebagai asisten profesor Johann Klein. Pada masa itu, Ignaz dan Johan Klein merupakan pemimpin dari klinik bidan pertama di rumah sakit tersebut.

Sewaktu bekerja itulah, Ignaz menghadapi demam yang sedang marak dan mewabah yang terjadi di wilayahnya. Banyak pasien yang meninggal akibat wabah ini, terutama ibu yang melahirkan.

Ignaz kemudian melakukan penelitian seksama, hingga ditemukanlah penyebabnya. Dokterlah yang bertanggung jawab atas penyebaran penyakit tersebut.

Dalam hal ini, Ignaz mengemukakan pendapatnya, ia menyimpulkan penyebabnya adalah tangan dokter yang kotor ketika melakukan pemeriksaan terhadap pasien, terutama ibu hamil. Ignas pun mengusulkan untuk para dokter yang akan melakukan tindakan medis agar mencuci tangannya terlebih dahulu dengan cairan kalsium hipoklorit.
Mengenal Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Kisahnya Berakhir Tragis

Usulan tersebut terbukti dapat menekan angka kematian. Namun, pro kontra mulai terjadi. Banyak dokter yang tersinggung dan menolak usulan tersebut. Para dokter yang menolak gagasan Ignas dikarenakan ia tidak dapat menjelaskan secara ilmiah mengapa cuci tangan dapat menurunkan angka kematian.

Tahun 1861 Ignaz mengalami depresi. Ia pun semakin sering melamun dikarenakan penyakit kejiwaan yang dideritanya.
Quote:


Ketika penyakitnya semakin meresahkan, Ignas pun dimasukkan ke rumah sakit jiwa pada tahun 1865. Empat belas hari setelahnya, Ignas meninggal dunia akibat dipukuli oleh penjaganya hingga meregang nyawa. Ia meninggal dalam usia 47 tahun.

Beberapa tahun setelah Ignaz meninggal, teori cuci tangan yang benar yang dipeloporinya pun dapat diterima masyarakat. Hal ini karena Louis Pasteur bisa membuktikan secara ilmiah teori kuman, dan juga Joseph Lister yang telah sukses melakukan operasi metode higienis.

Karena penemuannya, Ignas Semmelweis mendapat gelar "savior of mothers". Persembahan dari google untuknya.
Spoiler for youtube:

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Maafkan jika ada salah kata. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber gambar : Google
Referensi : 1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nagari dan 52 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
Halaman 1 dari 6
idenya luar biasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitrijunita dan 2 lainnya memberi reputasi
Bahkan cuci tangan pun ada penemunya..emoticon-Ngakak (S)

Kalau kencing harus jongkok dan cebok pakai tangan kanan penemunya siapa sri.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:


Wkwkwkska cari sana penemunya Bambwaang😆
profile-picture
profile-picture
fitrijunita dan muantapdjivva memberi reputasi
Sayangnya dia tidak bisa menjelaskan secara teori. Padahal pada prakteknya metode tersebut berhasil. Mungkin ada pihak yang tidak senang dengan gagasannya dan menghasut orang orang untuk menjatuhkannya. Terima kasih atas idenya Mr. Ignaz Semmelweis. emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vividl dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh introvertpsycho
Lihat 2 balasan
Quote:


Yang nggak setuju itu emang nggak seneng keknya ama idenya yang bisa menekan angka kematian

Mentang2 nggak bisa jelasin secara ilmiah bikin dia jadi depresi😓
profile-picture
profile-picture
sevenfiveseven dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
dimana2 sama aja, waktu kapan pun juga sama aja...

yg bener biasa jadi perdebatan, yg bnr malah ditentang... apalagi yg bnr itu cuma 1 orang emoticon-Hammer2

emang uda sifat dasar manusia ya emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Bener ini Gan, sulit buat legowo
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan arif.pambudi13 memberi reputasi
sdh biasa yg benar itu pda awalnya hrus mnerima hal sprti itu, dan ktika sdh gk ada orgnya dn yg di bilang bner baru di puji bener" telat bgt
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
walah kasihan dipukuli sampai mati ... dokter abal2 mungkin jaman dulu itu ...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yang nemuin sampai begitu ya, padahal jasa beliau sampai sekarang sangat berguna
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Iya gan. Terkadang ada yang bisa praktek namun tidak bisa mendeskripsikan praktek tersebut ke dalam teori. Padahal hasilnya nyata.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
Thread informatif ini..trims TS
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
ane jadikan HT Deh informatif sekali
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh indra.blora
Udah masuk google emoticon-Malu
Mengenal Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Kisahnya Berakhir Tragis
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Iya, udah aku cantumin barusan. Dapet ide juga gegara liat di google😅
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan juragan.goyang memberi reputasi
Quote:


Quote:


Terima kasih
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Karena banyak tekanan Gan😓
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Hooh, banyak yang kayak gitu😓
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan triwinarti memberi reputasi
Quote:


Brilian emoticon-Kissemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Oh ngono toh.. ane juga taunya dari google juga emoticon-Embarrassment
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di