CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DPR Kritik Keras Penanganan Corona, Ini Kata Pemerintah?!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74daa865b24d116739b8d0/dpr-kritik-keras-penanganan-corona-ini-kata-pemerintah

DPR Kritik Keras Penanganan Corona, Ini Kata Pemerintah?!



Jakarta - Kinerja pemerintah dalam menangani penyebaran corona (covid-19) jadi sorotan tajam. Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh menilai pemerintah gagap dalam menangani virus yang menjadi pandemi global ini.

"Mau tidak mau harus kita akui pemerintah gagap dalam menangani ini (virus corona)," kata Nihayatul dalam diskusi Strategi Pemerintah dan Pengusaha Hadapi Pandemi COVID 19 melalui telekonferensi yang dikutip detikcom, Jumat (20/3/2020).

Adapun yang dimaksud gagap ialah pemerintah setengah-setengah dalam mengambil kebijakan. Pertama, Nihayatul mencontohkan soal penunjukan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona yang dinilai tidak konsisten.

"Ini ada ego-ego sektoral yang ada di dalamnya. Pertama waktu saya komunikasi katanya akan d-ihandle oleh Menteri Kesehatan, jarak seminggu saya ketemu dengan KSP (Kepala Staf Presiden) Pak Moeldoko bilang bahwa itu semua akan dihandle oleh KSP, lalu jarak 3 hari katanya di-handle oleh Menko PMK, lalu akhirnya keluar oleh keputusan presiden bahwa itu dihandle oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)," jelasnya.
Baca juga: Pemerintah Punya 'Amunisi' Baru Lawan Corona, Ini Rinciannya

Seperti diketahui, tim reaksi cepat penanganan virus corona dipimpin oleh Kepala BNPB Doni Monardo setelah ditunjuk oleh Jokowi. Nihayatul mengaku kaget dengan penunjukkan itu.

"Saya tahu betul BNPB ini tidak punya keahlian dalam hal kesehatan, fokusnya adalah banjir. Nah ini yang menjadikan kita di DPR yang bermitra dengan BNPB selama ini kaget juga setelah BNPB ditunjuk jadi ketuanya dalam tim gabungan ini karena itu menjadi takutnya tidak fokus," ucapnya.

Kebijakan lainnya yang dianggap gagap adalah terkait kebijakan yang tidak sinkron antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Ia mencontohkan soal sejumlah kantor dan sekolah yang diliburkan tidak dibarengi dengan penutupan sejumlah tempat hiburan, sehingga banyak masyarakat menggunakan kesempatan tersebut untuk berlibur.

"Artinya setiap daerah punya kebijakan sendiri-sendiri. Nah ini menjadikan kebijakan ini tidak diikuti oleh kebijakan lain. Contoh sekolah diliburkan 14 hari, mal tetap buka tidak ada pengurangan apapun, tempat nongkrong tidak ditutup yang ada akhirnya bukan WFH, akhirnya jadi benar-benar liburan mereka pergi kemana-mana," katanya.

Menanggapi itu, Perwakilan dari Kementerian Kesehatan yang berasal dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Ira Kasih menyebut alasan BNPB ditunjuk sebagai Satgas penanganan virus corona karena tugasnya menangani bencana alam, termasuk bencana non alam dalam hal ini virus corona.

"Kenapa di BNPB karena di BNPB itu menangani bencana baik bencana alam maupun non alam. Itu terstate di dalam undang-undang wabah, makanya di sana. Walaupun satgas adanya di BNPB, tetap koordinasi dengan Kementerian Kesehatan," ujarnya.

https://m.detik.com/finance/berita-e...175.1579344410


Spoiler for semoga aman aman aman Indonesiaku -amin:


profile-picture
profile-picture
bang.didot dan extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Nihayatul Wafiroh
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmmm hewan bukan bagian dari pemerintah.......eh mereka kan bagian dari pemerintah....jadi mereka ga becus juga....emoticon-Bingung
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
trus sejauh ini apa yg tlah di lakukan para anggota dpr...

Sudahkah kalian turun menyumbang dengan gaji besar yg kalian terima
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bang.didot dan lupis.manis memberi reputasi
Quote:


Jalan2 ke Swiss emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan extreme78 memberi reputasi
goblok 22nya.
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sama aja dongok dua2nya...bukannya kerjasama ... goblok
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan extreme78 memberi reputasi
Klo kritik pemerintah,truz DPR udh berbuat apa dlm usaha tangani corona?? Ayo jgn saling menyalahkan,saling kerjasama lebih elok..
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
trs anggota dhewan udh ngapain?emoticon-Cape d...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ya udah, skrg ibunya aja yg jadi ketua gugus tugas nangani corona.
Mau liat gimana cara kerjanya.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh entecavir
Buset.. pemerintah di bilang gagap... klo gagap untuk Comedy jadi nilai.tambah
Quote:


Pd awal mulanya menkes terlalu santai.. dan menganggap enteng itu Virus
profile-picture
clcyep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Tidur siang emoticon-Cool
pemerintah sangat siap dan tidak gagap
Quote:


Ente buzzer belain mulu ...
Yakin gerak ...
Atau kepala daerah yang gerak
Untung ada pasien 01 dan 02 sadar diri ...
Kalau ga sampe mati 1000 juga dianggap bukan corona
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan clcyep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
astajim emoticon-Kagets
Napa sih alergi banget pemerintah dibilang gak siap?

Peran buzzer nastak sebenarnya juga sangat membantu dalam penyebaran korona ini

Dimulai dari tindakan menyepelekan.
Mendukung mati2an tindakan pemerintah yg gak mau transparan.. Tidak mau ambil tindakan nyata.

Malah selalu melempar isu2 baru untuk jadi pengggiringan opini nasional.

Hasilnya?

Wabah menjadi2.
Ekonomi ambruk.
Fasilitas kesehatan gak siap.
Sampai2 presidennya harus bikin statement beli obat jutaan butir padahal belum ada kesimpulan resmi kalau obatnya terbukti.
profile-picture
lqmnnhkm memberi reputasi
komentator doang dpr

Fungsinya DPR ya salah satunya mengawasi kinerja pemerintah..

Ketika dikritik kok malah nanya dpr uda kerja apa aja dan disuruh ngerjainnya aja? emoticon-Ngakak (S)

Sampe segitunya banget gak boleh dikritik ya? Bagus sih buat dukung pemerintah, tp responnya itu loh bikin emoticon-Ngakak
------
Btw ane setuju sama ibu dpr komisi 9 ini (tanpa peduli dia dari partai mana) pemerintah gagap, salah satunya sudah diterangkan dan masih ada yg lain

Semoga dgn kritik ini bisa lebih baik lagi selanjutnya
profile-picture
lqmnnhkm memberi reputasi
Diubah oleh clcyep
Woi de pe er sumbang lu JGN kritik mulu bisa nya emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Ngamuk
Quote:


Ikutan emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di