CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Covid-19; Fatwa MUI Dituding, Kok Bisa Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74c35df4d6951f25749423/covid-19-fatwa-mui-dituding-kok-bisa-gan

Covid-19; Fatwa MUI Dituding, Kok Bisa Gan!

Covid-19; Fatwa MUI Dituding, Kok Bisa Gan!
sumber

Assalamualaikum saudaraku.
Bersyukur kepada Allah.
Bersalawat kepada Nabi Muhammad.

Masih menjadi perbincangan hangat persoalan Covid-19 di dunia. Dikarenakan wabah ini dapat menular ke orang banyak, akhirnya ulama-ulama dari masing-masing negara mengeluarkan fatwa salah satunya untuk tidak melaksanakan salat berjamaah di masjid.

Menyikapi fatwa tersebut menuai Pro dan kontra dikalangan umat, terkhusunya Indonesia. Mengapa terjadi pro dan kontra? Umat Yang pro dengan fatma Majlis Ulama Indonesia itu melihat dari sudut pandang bahwa ulama-ulama sebagai pewaris nabi.

Biasanya mereka yang pro percaya dengan sungguh-sungguh bahwa ulama sangat memikirkan umat, karena ulama-ulama yang berfatwa sejatinya berlimu, dekat dengan Allah dan mengambil keputusan sudah mempertimbangkan sangat matang sekali. Karena pertanggungjawabannya kepada Allah di akhirat kelak.

Begitulah ulama-ulama berfatwa, ukurannya selalu menggunakan ukuran Allah dan rasulnya. Tidak ada yang lebih dicintai selain Allah dan rasulnya, mereka berfatwapun karena Allah dan rasulnya.

Mereka yang kontra dengan fatwa ulama melihat dari sudut pandang pentingnya salat berjamaah, orang awam berpendapat "kenapa disebabkan covid-19 salat berjamaah tidak dibolehkan oleh Majlis Ulama Indonesia"? Urusan virus mengalahkan ketakutan kepada Allah.

Mereka yang beranggapan demikian seakan-akan tanpa disengaja telah berpendapat bahwa ulama-ulama yang berfatwa tidak pernah belajar, tidak tahu syariat. Sungguh memprihatinkan jika kita mengatakan demikian, tanpa sadar kita telah merendahkan kemampuan ulama-ulama yang berada di Majlis Ulama Indonesia.

Sadarlah wahai saudaraku, bahwa yang berada di Majelis Ulama Indonesia merupakan para guru kita yang keilmuan nya dapat dipertanggungjawabkan dan kesalehannya juga, insyaallah.

Mari kita saling mendoakan, meskipun kita tidak terlahir dari keturunan ulama, paling tidak kita dekat dengan mereka. Jika tidak juga dekat maka cintailah mereka, karena semoga saja cinta tersebut menjadi sebab rahmat Allah tercurahkan kepada kita.

Beginilah ulasan fatwa Majelis Ulama Indonesia:
{thread_title}

sumber

Ulama selalu menjadi benteng untuk menjaga umat, maka dengarkanlah nasehat ulama agar hidup selamat dunia dan akhirat.

Peristiwa semacam yang difatwakan oleh Majelis Ulama Indonesia pernah terjadi di zaman Rasulullah dan para sahabat. Mari kita belajar dan jangan berargumentasi tanpa keilmuan, karena itu dapat memberi pernyataan yang keliru.

Wassalam

Penulis: Along(@arifsyah.ma)
Sumber: Tertera pada thread
Bandar Laksamana, 20 Maret 2020
mari sama ikut fatwa ulama wahai saudaraku.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di