CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Guntur Romli: Gatot Nurmantyo Bukan Ahli Agama, Tak Perlu Didengar Pendapatnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74b6d8dbf7643b1e5dd87d/guntur-romli-gatot-nurmantyo-bukan-ahli-agama-tak-perlu-didengar-pendapatnya

Guntur Romli: Gatot Nurmantyo Bukan Ahli Agama, Tak Perlu Didengar Pendapatnya

Guntur Romli: Gatot Nurmantyo Bukan Ahli Agama, Tak Perlu Didengar Pendapatnya

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli meminta masyarakat tidak mendengarkan pernyataan eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang menyebut di negeri mayoritas Islam malah ada gaung fobia terhadap masjid.

Guntur Romli mengatakan Gatot Nurmantyo bukan ahli agama maupun alim ulama.

Saya hanya menggarisbawahi Pak Gatot bukan ahli agama, bukan ulama yang tidak perlu didengar pendapatnya soal agama.

Menurutnya, instruksi Presiden Jokowi dan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk sementara waktu umat Islam beribadah di rumah sudah benar adanya. Hal tersebut guna menghindari penyebaran virus corona (Covid-19) yang kian mewabah. 

"Dengan segala hormat, Pak Gatot bukan ahli agama, bukan ulama jadi tidak perlu didengar juga pendapatnya. Semua ulama dunia dan Indonesia sudah sepakat, kalau ada bahaya sebaiknya dihindari," kata Gun Romli kepada Tagar, Rabu malam, 18 Maret 2020.

Dia menjelaskan, menurut kaidah dar'ul mafasid muqaddamun ala jalbil mashalih, menghindari bahaya patut lebih diprioritaskan daripada mengambil manfaat.


"Penyebaran virus corona itu bahaya, yang bisa dihindarkan dengan tidak ada keramaian (misal shalat jamaah di masjid) meskipun shalat jamaah itu ada manfaatnya, yakni pahala," ujarnya.

Politisi muda PSI itu menyayangkan persepsi Gatot meskipun di Indonesia bebas mengeluarkan pendapat. Namun, seyogianya harus memberi keterangan yang memberi kemaslahatan bagi umat muslim, bukan malah sebaliknya.

"Meskipun komentar di negeri ini bebas-bebas saja, tapi sebaiknya harus bijak melihat kondisi. Jangan sampai berkomentar yang bisa menjerumuskan orang pada bahaya atas nama agama. Ada Hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari tentang orang jahil yang dianggap pembesar tapi berfatwa tanpa ilmu malah bikin tersesat," ucapnya.

"Ketika Dia tidak menyisakan seorang alim pun, umat manusia akan menjadikan orang-orang jahil sebagai pemimpin mereka, kemudian para pemimpin itu ditanya. Mereka pun berfatwa tanpa ilmu sehingga mereka sesat dan menyesatkan (HR. al-Bukhari)" tambahnya.

Namun, dia enggan berkomentar lebih jauh mengenai motif dan motivasi Gatot berpendapat demikian. "Soal niat [color=inherit]politik wallahu a'lam, saya hanya menggarisbawahi Pak Gatot bukan ahli agama, bukan ulama yang tidak perlu didengar pendapatnya soal agama, dengan segala hormat," ujarnya.


Dia menegaskan, sesungguhnya imbauan yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo terkait social distancing agar tidak membuat penyebaran corona semakin meningkat, seharusnya dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia dan para pemangku kepentingan di dalam negeri.


"Kan sudah disampaikan terus menerus oleh Presiden Joko Widodo, itu yang meski kita lakukan," katanya.

Apabila masih ada yang mengabaikan, maka akan membahayakan diri sendiri dan berpotensi merugikan orang lain. "Itu kan sama saja membahayakan diri sendiri dan orang lain," ucap Guntur Romli.
 

Sebelumnya, Gatot Nurmantyo menggelorakan gerakan meramaikan masjid dan tetap melaksanakan ibadah salat berjamaah di tengah merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia.

Seruan tersebut disampaikan melalui akun media sosial Instagram bercentang biru dengan akun @nurmantyo_gatot. Dalam seruannya, dia menilai ada yang salah dengan pemahaman mengenai pola penanggulangan Covid-19 di Indonesia.


"Sepertinya ada yang keliru..?? Di negeri asalnya covid-19-cina, yg penganut paham komunis dan sebagian besar tdk beragama beramai-ramai mendatangi Masjid dan Belajar Berwudhu hingga mengikuti Sholat Berjamaah," tulis Gatot di akun tersebut, dikutip Tagar pada Rabu, 18 Maret 2020.


"AYO MAKMURKAN MASJID & GALAKKAN GERAKAN SHOLAT BERJAMA'AH UNTUK MINTA PERTOLONGAN ALLAH..!!," kata Gatot Nurmantyo. []

Spoiler for spoiler:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
zevazeva dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh guntur907
gagal total breemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
die ahlinye gagal total
profile-picture
profile-picture
Proloque dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Untuk kali ini ente bener
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
si Gagal Total cuma pengen nongolin lagi namanya yg udah lama tenggelam, refrensinya ustadz gila konstipasi...si julkipli muhammad ali emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 3 lainnya memberi reputasi
polemik internal, nyimak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
mari ramaikan masjid dg sholat berjamaah.. mati di mesjid Alhamdulillah..dr pada mati penyakitan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DuaLapanSatu dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gatot ini masih berdelusi bahwa parpol2 bakal rebutan nyalonin dia jd capres di 2024 nanti

Udah menjurus ke menderita gangguan jiwa mantan jenderal satu ini



emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh teteat
Gatot emoticon-Big Grin

Kalau ditelusuri pasti ujung2nya 2024, sama kayak yg kemarin nyuruh orang berdesak2an untuk menanti angkutan umum.
emoticon-Malu
Panggung corona jadi rebutan...

emoticon-Big Grin
Pak gatot ingin mengurangi jumlah umat muslim di Indonesia gan... Biar gak jd mayoritas lg Hahaha
Dalam keadaan darurat sebaiknya mengindari keramaian.
Menjaga jiwa juga termasuk syariat.

bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
sanyhani memberi reputasi
Ane kira pak Prabowo itu udah yg paling delusional, tapi tampaknya posisi itu bakal direbut oleh pak GaTot
Quote:


Julkipli Muhammad Ali siape gan?emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Quote:


Oalah nyang Ono gan emoticon-Leh Uga, kirain pejabat ape emoticon-Ngakak
Efek dielu2kan kemaren, ni orang jd kecanduan. Lagian kalo emang bandel mau ke masjid, plis balik lagi ke rumah, jgn sebar ke kerumunan lain.
astajim emoticon-Kagets
namanya ber pendapat mah bebas aja, kalo diterima atau tidak itu hal lain
profile-picture
sanyhani memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di