CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Arief Poyuono Usul Anggaran Ibu Kota Baru Dialihkan untuk Atasi Corona, Anda Setuju?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74b227af7e934de361ebc9/arief-poyuono-usul-anggaran-ibu-kota-baru-dialihkan-untuk-atasi-corona-anda-setuju

Arief Poyuono Usul Anggaran Ibu Kota Baru Dialihkan untuk Atasi Corona, Anda Setuju?


Jumat, 20 Maret 2020 Arief Poyuono Usul Anggaran Ibu Kota Baru Dialihkan untuk Atasi Corona, Anda Setuju?

Arief Poyuono saat wawancara dalam program NGOMPOL JPNN.com (Foto: Dokumen JPNN.com)

jpnn.comJAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono usul agar sejumlah dana di beberapa pos pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 dialihkan untuk penanganan virus corona atau Covid-19.

Ia menjelaskan, duit yang harus dialihkan untuk penanganan corona itu seperti pembangunan ibu kota baru (IKN0 di Kaltim, anggaran pertahanan untuk pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista), serta mobil-mobil pejabat.


"Anggaran pembangunan ibu kota baru, anggaran pertahanan untuk pembelian alutsista, serta mobil mobil pejabat, sebaiknya ditiadakan dulu dan dialihkan untuk pencegahan virus corona yang jauh lebih penting," kata Arief, Jumat (20/3).


Baca Juga:




Arief pun menyarankan semua pejabat negara, mulai level bupati, presiden, BUMN, harus rela gajinya dipotong hingga 25 persen untuk anggaran pencegahan virus corona.


"Karena anggaran pencegahan virus corona tidak ada yang bisa memprediksi berapa besar akan di habiskan," ungkap Arief.


Selain itu, Arief meminta Bank Indonesia serta pemerintah harus membuat kebijakan yang bisa menghambat arus modal dalam bentuk mata uang dolar Amerika dan lainnya keluar secara bebas dari Indonesia. "Ini guna mencegah arus modal asing keluar dari Indonesia," tegasnya.


Baca Juga:




Namun, Arief menegaskan, harus ada insentif bagi investor yang tidak mengeluarkan modalnya dari Indonesia. "Misalnya berupa insentif potongan pajak," kata anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra itu.


Menurut Arief, bila tidak dilakukan maka arus modal keluar akan makin besar, dan BI tidak sanggup lagi melakukan intervensi untuk menekan mata uang dolar keluar yang berakibat rupiah bisa mencapai Rp 19 ribu per USD.


Arief menambahkan, bila rupiah terpuruk, akan berdampak pada persoalan kredit macet di perbankan. Sebab, industri-industri yang berbahan baku impor akan bermasalah, dan tidak mampu lagi berproduksi.


Baca Juga:




"Sebagai akibat bahan baku mahal karena kurs rupiah yang melemah, yang berakibat tidak mampu bayar kredit di bank," paparnya.


Lebih lanjut Arief menegaskan yang lebih penting adalah Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Jokowi - Wapres KH Ma'ruf Amin, harus satu komando dan suara.


"Jangan buat pernyataan-pernyataan yang membuat panik masyarakat terkait virus corona," tegas Arief. (boy/jpnn)





profile-picture
profile-picture
rachmacool dan odjay05 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Nggak setuju..emoticon-Big Grin
Ibukota Baru kerjakan saja sesuai target awal..emoticon-Big Grin

Kapingin lihat beneran mampu nggak dia memisahkan Pusat Pemerintahan dengan Pusat Ekonomi 2 periode ini..emoticon-Big Grin

Dah dikasih kesempatan 2 periode, masak nggak ada hal besar atau prestasi besar yg dihasilkan..emoticon-Big Grin

Prestasinya terbesarnya selama ini cuma buzzer nya berisik di social media aja..emoticon-Ngakak (S)

Dana utk Corona tetap jalankan saja dari Anggaran Kesehatan Nasional saja..emoticon-Big Grin
Ambil dari situ sesuai rencana awal..emoticon-Big Grin
Kalau kurang suntik dana lagi..emoticon-Big Grin

Jangan ambil dari dana sana sini yg akan mengacaukan segi/bidang lainnya..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
setuju banget lah
kalo gak bisa silahkan potong gaji pns, bumn, mpr dpr, pres dan menteri

entah berapa t dana di sana
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Lihat 1 balasan
Hahaha..modyar..dikasih pilihan sulit deh..bagai buah simalakama
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Setuju!! semua yg dapat digaji dari pajak juga harus kerja jadi garda terdepan melawan corona, jangan malah WFH emoticon-DP

profile-picture
profile-picture
extreme78 dan jokohadiningrat memberi reputasi
Aku kira tidak ada masalah.


emoticon-Jempol
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
yg paling deket,
potong gaji Pejabat, Anggota dhewan dan PNS untuk insentif tim medis & relawan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 2 lainnya memberi reputasi
emang udah ada duitnya ??
Pns gaji 7 juta mau dipotong? Yg pns pejabat tinggi aja kali yang dipotong
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan extreme78 memberi reputasi
anggaran formula E aja menurut ane emoticon-Cool
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
skrg dah ada 27T untuk penanganan covid, diambil dari pos anggaran yg belum terpakai dan yg blm di transfer ke kementerian atau daerah.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh entecavir
usul yang baiklah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


good point sri...emoticon-Jempol
profile-picture
muantapdjivva memberi reputasi
Lanjut aj si menurut ane secara udh dapet pelajaran ekonomi ama pemerintahan tumpekblek jd satu kenak bencana kek gini lgsung kolaps semua, motongin gaji pejabat ane setuju tuhemoticon-Leh Uga dpr jg sekalianemoticon-Big Grin
mending anggaran buat kebutuhan DPR yang disunat buat corona emoticon-Malu
profile-picture
kakidal27 memberi reputasi
anggaran belanja dpr/d saya setujuh
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Quote:


Mending potong gaji dan tunjangan pejabat dan anggota dewan lah
si bangke ini lagi... ah elah
Setuju pake banget pak. Lagian ibu kota baru gak akan kemana2..bisa nyusul nanti
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di