CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
[Fact or Hoax] Benarkah Pria di Video Ini adalah Tentara US Sebarkan Corona ke Cina?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74a9cac9518b56c304b2af/fact-or-hoax-benarkah-pria-di-video-ini-adalah-tentara-us-sebarkan-corona-ke-cina

[Fact or Hoax] Benarkah Pria di Video Ini adalah Tentara US Sebarkan Corona ke Cina?

[Fact or Hoax] Benarkah Pria di Video Ini adalah Tentara US Sebarkan Corona ke Cina?

Dua video pendek yang diklaim sebagai rekaman tentara Amerika Serikat yang dikirim ke Cina untuk menyebarkan virus Corona Covid-19 viral di media sosial. Dalam dua video itu, terlihat dua pria yang berbeda di sebuah kereta yang menggosokkan air liurnya ke tiang gerbong.

Di Facebook, dua video itu dibagikan oleh akun Sidik Purnomo pada 19 Maret 2020. Akun ini menulis narasi bahwa pandemi Covid-19 adalah rencana Amerika. Menurut akun itu, pada Oktober 2019, Amerika membawa atlet militernya ke Wuhan, Cina, untuk mengikuti Pertandingan Militer Dunia.

Meskipun memiliki militer terbesar di dunia, kata akun tersebut, Amerika berada di urutan ke-35, di belakang negara-negara seperti Iran, Finlandia, dan Slovenia. Bahkan, banyak yang tidak pernah berpartisipasi dalam acara apapun.

Menurut akun itu, mereka justru tinggal di dekat pasar grosir makanan laut Huanan, Wuhan. "Tim AS pulang pada 28 Oktober 2019 dan, dalam dua minggu, kasus kontak manusia pertama Covid-19 terjadi di Wuhan," demikian narasi yang ditulis oleh akun tersebut.

[Fact or Hoax] Benarkah Pria di Video Ini adalah Tentara US Sebarkan Corona ke Cina?

PEMERIKSAAN FAKTA
Video 1


Fakta: Video ini tidak direkam di Cina, melainkan Belgia.

Video ini diunggah pertama kali di media sosial pada 9 Maret 2020. Perusahaan Transportasi Antar Kota Brussels memberikan penjelasan bahwa pria itu sedang mabuk dan telah ditangkap oleh polisi serta petugas keamanan perusahaan.

Tampak dalam video itu bahwa pria tersebut sedang memegang minuman kaleng. Perusahaan pun menyatakan bahwa kereta bawah tanah tersebut dibersihkan setiap hari.

PEMERIKSAAN FAKTA
Video 2


Fakta : Video ini adalah video parodi yang sengaja dibuat oleh Joel Werner, seorang manajer di Solitude Capital Management, perusahaan asuransi keuangan yang berbasis di Hong Kong.

Awalnya, Werner bermaksud untuk mengedukasi publik bahwa begitu mudah membuat kabar bohong mengenai virus Corona. Namun, misinya itu gagal total karena malah mengundang kemarahan dan kecaman dari warganet yang menganggap aksinya itu tidak pantas dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Perusahaan MTR Hong Kong juga melaporkan ulah Werner tersebut ke polisi.

Werner meminta pun maaf secara terbuka melalui akun Facebook-nya pada 18 Maret 2020. "Saya ingin meminta maaf kepada masyarakat Hong Kong atas tindakan saya di MTR hari ini. Sebelumnya, hari ini, saya menelepon polisi Hong Kong dan MTR Corp untuk menjelaskan video tersebut dan meminta maaf secara pribadi atas segala kesulitan yang ditimbulkan."

Kepada South China Morning Post, Werner mengirim dua video yang ia rekam. Salah satu video menunjukkan bahwa dia mengoleskan hand sanitizer ke telapak tangan dan pegangan kereta sebelum memulai aksinya.

Teori konspirasi

Teori konspirasi "tentara Amerika merupakan penyebar virus Corona Covid-19 ke Cina" berasal dari cuitan Zhao Lijian, juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, pada 12 Maret 2020 di media sosial yang dilarang di Cina, Twitter.

Ia mempromosikan teori konspirasi itu dengan membagikan video Robert Redfield, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), saat berpidato di depan Kongres AS pada 11 Maret 2020.

Dalam video itu, Redfield mengatakan bahwa terdapat beberapa kematian di Amerika akibat influenza yang kemudian diidentifikasi sebagai kasus Covid-19.

Namun, Redfield tidak menyebutkan kapan orang-orang itu meninggal. Zhao pun menyatakan dukungannya pada teori konspirasi bahwa virus Corona Covid-19 mungkin dibawa oleh tentara Amerika ke Wuhan.

Zhao juga membagikan artikel dari situs konspirasi Kanada, Global Research, yang menyebutkan bahwa Covid-19 berasal dari Amerika.

Amerika pun menanggapi tudingan itu dengan memanggil Duta Besar Cina di Washington DC, Cui Tiankai, pekan ini untuk mempertanyakan cuitan Zhao tersebut.

Pada 18 Maret 2020, Presiden Amerika, Donald Trump, juga menyebut virus Corona Covid-19 itu sebagai "virus Cina".

Pernyataan Trump ini memicu kemarahan warga Cina yang menilai bahwa istilah "virus Cina" bisa menimbulkan xenofobia dan stigma. Perang kata-kata yang terjadi ini membuat hubungan Amerika dengan Cina semakin memburuk. Kedua belah pihak saling mendukung teori konspirasi mengenai siapa yang bertanggung jawab atas penyebaran virus Corona Covid-19.

Dilansir dari The New York Times,
Victor Shih, associate professor dari University of California yang mempelajari politik Cina, mengatakan bahwa pernyataan Cina itu kemungkinan besar merupakan upaya untuk mengalihkan dan menangkis kesalahan.

Di awal wabah, pemerintah Cina banyak dikritik. Kemarahan publik meletus pada Februari 2020 ketika seorang dokter diberi sanksi karena memperingatkan rekan-rekannya tentang virus Corona.

Setelah virus Corona Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019 dan warga negara Amerika pertama yang mengidap Covid-19 diumumkan pada 21 Januari 2020, beberapa kelompok serta individu menyebarkan berbagai rumor palsu di Facebook tentang misteri asal-usul virus.

Teori konspirasi yang lebih dulu muncul, yang tampak berlawanan dengan narasi saat ini, adalah bahwa virus Corona Covid-19 adalah senjata biologi yang bocor dari laboratorium virus di Wuhan,
Cina.

Namun, seluruh versi teori konspirasi itu tidak memiliki pijakan bukti dan penjelasan secara sains.

Bukti-bukti yang ada justru menunjukkan bahwa virus itu kemungkinan menular ke manusia dari hewan yang belum teridentifikasi, seperti yang pernah terjadi di masa lalu pada jenis virus Corona lain.

SARS-CoV pada 2002-2003 misalnya, diperkirakan berasal dari kelelawar dan menyebar ke manusia melalui musang. Pada 2012, muncul pula MERS-CoV yang kemungkinan berasal dari kelelawar, dan menyebar ke manusia melalui unta.

Covid-19 yang disebabkan virus Corona jenis baru, SARS-CoV-2, dilaporkan terjadi pada orang-orang yang memiliki kaitan dengan pasar ikan di Wuhan yang juga menjual berbagai hewan hidup. Pada 22 Januari 2020,

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika, Anthony Fauci, mengatakan bahwa virus baru itu "hampir pasti" berasal dari hewan, yang kemudian menular dari orang ke orang.

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta di atas, dua video yang diunggah oleh akun Facebook Sidik Purnomo bukanlah video tentara Amerika yang menyebarkan virus Corona Covid-19 ke Cina.

Pria dalam video pertama adalah seorang penumpang kereta di Belgia yang sedang mabuk. Sementara pria dalam video kedua adalah seorang manajer perusahaan di Hong Kong yang sengaja membuat video parodi.

Adapun narasi yang berisi teori konspirasi "tentara Amerika merupakan penyebar virus Corona Covid-19 ke Cina" berasal dari salah satu pejabat Cina yang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Dengan demikian, unggahan akun tersebut adalah MENYESATKAN

[Fact or Hoax] Benarkah Pria di Video Ini adalah Tentara US Sebarkan Corona ke Cina?
https://cekfakta.tempo.co/fakta/689/...ek%20Fakta_Ika

Yg ane bold paling atas ko mirip dgn postingan para agen chingcongland di kaskus ya emoticon-Big Grin

kenapa banyak kesamaan komunis dan kadal gurun?
Doyan teori konspirashit, tukang fitnah, ngibul, dan mewek di dzolimi, why? emoticon-Big Grin

Jadi sah ya si trump bilang "Chinese Virus"
because it came from China
emoticon-Shakehand2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gocapan dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gombalnews
Halaman 1 dari 2
mirip yg disini ya posting bolak balik kaya ngejunk

heran jg gw ngaku maju tapi masih percaya konspirasi mirip ama oknum damai
profile-picture
profile-picture
Lockdown666 dan gombalnews memberi reputasi
Quote:


haiyaaa ciilaaka luuwa weelas waaa


Jelas laaaVirus ini asal dr CingCongLen disebarkan oleh SICKmen of Asia waaa!!!!

Yg percaya Berita HOAX CingCongLen khan cuman Chicombot SUB-human DOOWGOOL macam si AnisSandi amee Schiver waaa!!!!

SICKmen of Asia yg waras ajee gak percaya sama pemerintah nyeee waaa!!!!

Apelagi Free Thinker macam kitee2 haaa!!??


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gocapan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
Lockdown666 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


Quote:


ane gak terlalu peduli dgn videonya org dgn mudah blg itu hoax murahan

yg ane bold teori konspirashit hohohihi khas chingchong land klean adalah NGIBUL
emoticon-Shakehand2
Lihat 1 balasan


Quote:


ane lebih percaya media sekelas tempo dari pada GOMBALTIME apalagi bullshitan klean para agen 50cent army
stop pembodohan publik, oke chong?
emoticon-Shakehand2
profile-picture
Lockdown666 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
asik lempar lemparan tuduhan, bsk lempar lemparan nuklir... gw tinggal ngumpulin tutup botol
Quote:



50 cent .... 50 cent ... emoticon-Ngakak

Yg video tentara amerika sebar corona itu memang HOAX.

Tapi soal Virus tsb dari Amerika itu BUKAN HOAX ... tp tuduhan.

Ngerti gak bedanya? Kalau 50 cent memang gada otak emoticon-Ngakak
Diubah oleh anis.sandi1
Umat tifu2 wa emoticon-Imlek
yaelah, cinak wannabe di sini udah terlanjur menjadikan video itu buat bahan coli. Sama aje nih cinak wannabe ama kadrun cuman beda topeng doang.
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jhonlenon60
ini awalnya sebenernya ribut antara huawei sama apple. trus terakhir sampe perang dagang. dan baru baru lagi demo demo di hongkong. sekarang ni virus laknat. ya lo tarik aja benang merahnya.
Tujuan virus ini sebenernya mau bikin krisis ekonomi resesi global. Tapi ga tau bisa berhasil apa engga. Kita liat aja.

Tapi menurut ane sih. Kalau ada militery games di wuhan dan tentara amerika menginap di penginapan deket di pasar tradisional. Cina membuat pernyataan tersebut masuk akal sih. Jadi dia bikin pernyataan ga asal asalan berdasarkan fakta.
profile-picture
Lockdown666 memberi reputasi
Diubah oleh aditcj123
Tak mungkin ada asap kalo tak ada api, sah?emoticon-Shakehand2
biasalah, efek samping menjadi negara superpower.

efek positif menjadi negara superpower: ekonomi bagus, rakyat makmur, militer kuat, teknologi canggih

efek negatif menjadi negara superpower: banyak haters, dicurigai macam-macam sama haters.


di sekolah pun sama, yang langganan juara kelas banyak haters nya (terutama saingan2 di sekolah nya), dan dicurigai macam-macam, dicurigai pake dukun biar pinter lah, dicurigai nyogok guru lah, dicurigai dapet bocoran soal ujian lah.
profile-picture
Lockdown666 memberi reputasi


Quote:


Quote:


ane kan dah blg di atas video nya skip aja dah jelas itu hoax murahan

baca pelan pelan tentang teori konspirashit nya
klean kan suka bawa klipingan dgn video dr redfield, si redfield gak pernah blg tuh kapan org" US ini meninggal

klipingan klean jg banyak nyatut dari gombal reasearch nya kanada, diatas di jelasin itu media dongeng konspirashit
media yg ada global" terutama globaltime nya chingcongland adalah media gombal
everybody knows
emoticon-Cool
Lihat 1 balasan


Quote:


teori dgn dasar yg kuat, maksudnya ocehan si Zhao?
emoticon-Ngakak
Quote:


yg di bold justru debunked kibulan PKC di awal wabah, katanya gak nular dr orang ke orang.. my ass
emoticon-Shakehand2 emoticon-Ngakak
Lihat 32 balasan
&t=398s







ga hoax ga makan itu 50 cent army VIRUS CCP emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Lihat 3 balasan
sudah biasa, pengikut the poo tidak berbeda jauh dengan kadrun
Setelah perang dagang membawa dampak ke seluruh negeri

Sekarang perang virus, tanpa harus menurunkan prajurit untuk menjajah ke berbagai negara
Cuih....

NAJIS AMATTTT kalian 50 cent army Xi Jinping fans club.


Buang-buang waktu ternyata saya debat sama mereka.
profile-picture
gombalnews memberi reputasi
Diubah oleh taklamakin
[Fact or Hoax] Benarkah Pria di Video Ini adalah Tentara US Sebarkan Corona ke Cina?[Fact or Hoax] Benarkah Pria di Video Ini adalah Tentara US Sebarkan Corona ke Cina?
gara2 sebuah usapan air liur nda jelas gtu aj pd ketular penyaKit corona ?! cKcK.. itu tentara dendam ap coba ama china gtu amat..
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di