CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74a47c9a972e296d356acf/cara-membuat-roti-tawar-ubi

Cara Membuat Roti Tawar Ubi

Kali ini saya akan membuat artikel terkait dengan cara membuat roti tawar ubi yang enak dan juga mudah. Selain itu juga ada resep puding pisang kuku yang juga enak

Roti telah ada sejak ribuan tahun lalu. teknik pemanggangan roti ini juga telah berkembang sejak zaman Kekaisaran Roma. teknik ini sangat begitu terkenal, karena masyarakat Roma sangat menyukai mengonsumsi roti, dan roti pun juga sering dihidangkan dalam acara pesta atau pernikahan.

Oleh karena itu, sekitar 300 tahun yang lalu sebelum masehi, pemanggang roti ini pun juga sudah menjadi sebuah profesi yang terhormat di Roma. Pemanggang roti pada saat itu juga bisa mempersiapkan adonan roti di rumah dengan menggunakan oven.

sedikit penjelasan tentang roti tawar

Sekitar 160 tahun sebelum masehi, asosiasi pemanggang roti yang pertama terbentuk adalah di Roma. Setelah itu roti menyebar ke seantero Eropa dan wilayah Asia Timur.

Roti juga semakin terkenal, dan semakin banyak juga yang menjualnya di jalanan kota Roma, Jerman, London. Pemanggang roti kemudian pun mulai menyediakan layanan untuk pengiriman roti ke rumah rumah pembeli, karena semakin banyak nya permintaan.

1. Cara membuat Roti Tawar Ubi

Cara Membuat Roti Tawar Ubi

Bahan-bahan

Bahan Biang :
1 sdm ragi instan
1 sdt tepung terigu
1 sdt gula pasir
120 ml air hangat
Bahan Roti
200 gram tepung terigu
100 gram ubi ungu kukus, haluskan
1 butir telur, kocok lepas
1 sdm maizena
2 sdm susu bubuk full cream
1 sdm margarin
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
1/4 sdt baking soda
Bahan Olesan
2 sdm margarin

cara membuat

Campur semua bahan biang, diamkan 15 menit atau sampai berbuih.
Sambil menunggu bahan biang berbuih, kita campur tepung terigu, maizena, ubi ungu kukus yang sudah dihaluskan, susu bubuk fullcream, garam, gula pasir dan baking soda. Aduk hingga tercampur rata.
Lubangi adonan tepung, masukkan telur, margarin.dan sebagian adonan biang. Uleni hingga kalis. Masukkan adonan biang sedikit.demi sedikit.
Diamkan adonan selama 1 jam. Tutup adonan dengan serbet basah atau plastik wrap. Adonan akan mengembang hingga dua kali lipat.
Kempeskan adonan yang sudah mengembang. Gulung adonan, taruh di dalam loyang yang sudah dioles margarin, diamkan selama 30 menit.
Panaskan kukusan hingga panas. Kukus adonan roti selama 30 menit dengan api besar. Sebelum dikukus, olesi permukaan roti dengan margarin. Jangan lupa tutup kukusan dilapisi kain. Setelah matang, angkat roti dan dinginkan.
Setelah dingin, keluarkan roti dari cetakan, potong-potong. Roti siap disajikan atau diolah lagi.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di