CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
 Tips hidup sehat dengan membatasi konsumsi garam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e749a6382d4955c4415f6b8/tips-hidup-sehat-dengan-membatasi-konsumsi-garam

 Tips membatasi konsumsi garam

Mengonsumsi terlalu banyak gula dan garam telah terbukti memiliki  dampak pada kesehatan tubuh. Namun tak dapat dimungkiri, memasak tanpa garam dapat membuat siapapun kehilangan selera makan dann membuat rasa masakan sekan kurang.

 Tips hidup sehat dengan membatasi konsumsi garam

Memang tidak semudah itu untuk dapat mengurangi garam, sebab beberapa makanan yang dikonsumsi sehari-hari nyatanya memiliki kandungan gula dan garam tersembunyi. Seperti nasi, roti bahkan ikan asin. Namun tahukah kamu bahwa ada trik yang dapat dilakukan untuk meminimalisir asupan garam dan gula harian. Mau tahu bagaimana caranya?

1. Cabai dan Rempah-Rempah

Salah satu trik mengurangi penggunaan garam pada masakan adalah dengan  menonjolkan rasa lain. Menurut sebuah penelitian, membuat masakan dengan rasa pedas yang menonjol dapat mengurangi keinginan lidah untuk mengecap rasa garam.

Kamu bisa menggunakan cabai dan rempah-rempah dalam memasak untuk mendapatkan rasa masakan yang lebih kuat. Seperti seledri, daun bawang, bawang merah, bawang bombai, daun salam, lada, kencur dan bahan masakaj lainnya.

2. Jauhkan Garam

Usahakanlah untuk menjauhkan garam, termasuk di luar dapur. Jangan meletakkan bumbu-bumbu yang mengandung sodium, seperti garam, saus tomat atau kecap di atas meja makan. Sebab saat semua bumbu tersebut tersedia, seseorang biasanya akan cenderung meraihnya dan mencampurkannya pada makanan.

3. Masak Sendiri

Salah satu cara ampuh untuk menghindari garam dan gula adalah dengan membuat sendiri makanan yang akan dikonsumsi. Sehingga kamu akan bisa menakar sebanyak apa bumbu tambahan yang masuk ke dalam masakan.

Kamu juga dapat mengakali dengan cara memodifikasi resep masakan. Seperti mengurangi jumlah garam dan bumbu yang mengandung sodium hingga setengah dari jumlah yang dituliskan dalam resep.

4. Perbanyak Buah dan Sayur

Sebuah penelitian yang dilakukan National Heart, Lung and Blood Institute, Amerika Serikat, diet yang menganjurkan seseorang memperbanyak asupan buah, sayuran dan biji-bijian ampuh untuk menghindari keinginan mengonsumsi garam dan gula. Hasilnya pun sangat signifikan pada tubuh dan kondisi kesehatan.

Membatasi konsumsi garam hanya sebanyak 1.500 mg per hari, dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Saat kamu mengurangi garam secara teratur, penurunan tekanan darah sistolik menurun rata-rata sebesar 11,5 mmHg.

Jika kamu sering tiba-tiba merasa sakit setelah memakan sebuah masakan, hati-hati, bisa jadi kamu telah terlalu banyak mengonsumsi garam. Coba cek apa saja makanan yang telah masuk dalam satu hari.

sumber : https://www.halodoc.com/6-tips-mengu...ngi-gula-garam
Diubah oleh Ronimebew25


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di