CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Tak Bisa Mengingat Kejadian Saat Masih Bayi? Ini Dia Alasannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e749a3da2d19534ac3bbe22/tak-bisa-mengingat-kejadian-saat-masih-bayi-ini-dia-alasannya

Tak Bisa Mengingat Kejadian Saat Masih Bayi? Ini Dia Alasannya!

Tak Bisa Mengingat Kejadian Saat Masih Bayi? Ini Dia Alasannya!

Agan dan Sista!

Kamu ingat ga momen ulang tahunmu tahun lalu?
Kamu inget ga momen saat interview kerja?
Kamu inget ga momen ospek kuliah?
Kamu inget ga momen pacaran saat SMP?
Kamu inget ga momen berantem sama sahabat saat di bangku SD?
Kamu ingat ga momen pertama kali bisa naik sepedah?
Kamu inget ga momen pertama kali bisa berjalan?

Pasti kamu akan menjawab ingat pada awal pertanyaan dan menjawa tidak pada akhir pertanyaan, iya kan?

Tak Bisa Mengingat Kejadian Saat Masih Bayi? Ini Dia Alasannya!

Hal ini terjadi karena setiap orang di dunia ini akan mengalami yang namanya Childhood Amnesia atau amnesia masa kecil, kondisi dimana GanSis tidak bisa mengingat dengan baik memori-memori ketika masih bayi atau anak-anak. Padahal sebenarnya, anak-anak berusia 2 tahun sudah dapat mengingat dengan baik, namun karena waktu yang terus berputar memori-memori ini akan memudar, sehingga banyak memori masa kecil yang terhapus karena termakan oleh waktu. Selain itu, hilangnya memori dimasa kecil juga dipengaruhi karena adanya memori-memori baru yang masuk, GanSis.

Tak Bisa Mengingat Kejadian Saat Masih Bayi? Ini Dia Alasannya!

Selain hal-hal yang udah ane sebutin di atas, alasan lain kenala kita tak bisa mengeingat masa kecil kita yang tidak ada beban itu dipengaruhi oleh kecepatan pembentukan sel otak. Yap! Cara menyimpan memori dan mengambil memori (ketika mengingatnya kembali) yang dilakukan oleh bayi berbeda dengan orang dewasa. Jika saat ini kita menyimpan memori terpusat pada jaringan hipopocampus, sedangkan anak-anak menyimpan memori pada permukaan otak / korteks. Penyimoanan memori yang terpusat pada oang dewasa inilah yang membuatnya dapat mengingat memori lebih baik daripada anak-anak.

Tak Bisa Mengingat Kejadian Saat Masih Bayi? Ini Dia Alasannya!

Selain itu pembentukan sel-sel pada otak bayi berbeda dengan orang dewasa. Anak bayi akan mengalami pembentukan sel neuron yang cepat di hippocampus yang justru mengganggu si bayi saat menyimpan dan mengambil memori.

Beberapa hal yang udah ane sebutin itulah yang menjadi alasan mengapa Agan dan Sista semua tidak bisa memiliki ingatan yang baik akan kejadian-kejadian saat kita masih kecil.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adekmanja69 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
hmmm begitu ternyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isanyk dan 2 lainnya memberi reputasi
oalah seperti itu tho alasannya.. pantes kok gk pernah inget momen waktu kecil ngpain aja.. memori paling mentok inget waktu jaman masih tk
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
Ya memori yg diinget saat memasuki usia sekolah. Memori yg aku inget waktu umur 4 thn, waktu itu aku udah tk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lah ane malah masih inget pas pertama kali brojol bokap ane ngomong ciluukbaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rjonzz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Baru ngerti ternyata alesannya begitu yaa.. ane mentok masih inget pengalaman pas masih 3 tahun paling yaa selebihnya gak inget lagii
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi


Quote:


Iya sihh kalo waktu masuk tk tuh memori2 awal yang paling diinget bangettt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
hmm tapi kalo inget memori pas bayi kayaknya ogah juga ah.. nanti inget sering ngompol gitu2 wkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Yang ane inget paling kejadian penting aja gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
pantes emak ane cerita ane dulu nakal ane ga percaya, soalnya ane kaga ingettt.... wakakakakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
oh jadi ini alasanya,pantes gabisa inget dulu bodornya pas kecil hehe
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
pantes yaa ga inget, ane pribadi ingetnya cuman dari jaman TK malah, itupun ga semua inget wkwk
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
ya tp coba bayangin kalau kita bisa ingat? bakal kaya gimana, aneh? jijik? sedih? senang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
umur 2-3 tahun ane masih inget dikit, tapi keitung kejadian penting dalam hidup, jadi kenangan tak terlupakan.
tapi ada satu kejadian yang ane bener2 inget tapi pas diceritain ke ortu ama keluarga ane pada kagak percaya, karena peristiwa itu terjadi sebelum ane lahir. Lah ane inget itu darimana coba?emoticon-Confused
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adekmanja69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fa.uz
ya kali masih inget bisa emosi tiap kali ketemu bapaknya
lagi tidur disodog2 mulu,, abis itu diludahin capek khannn??
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
pantes ga inget dulu pas nete kaya apa rasa asiemoticon-Leh Uga

BATA!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
AKU INGAT moment ketika aku ketahuan COLii di kamar waktu masih SD
🤭🤭🤫
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane ingat itu di usia 3 tahun,di momen2 tertentu..Pas disapih dari ASI ane inget,ane disapihnya 3 tahun,pas adek ane mau lahir ane ingat,adek ane sama ane terpaut 3 tahun..Foto2 kluarga yg di belakangnya ditulis tgl pas usia ane 3 tahun,ane ingat momen pengambilan fotonya..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Kalau kita bisa mengingat masa kecil. Ga kebayang sakitnya waktu proses persalinan... Ya kali ya emoticon-Toast
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Quote:


lah
emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Beneran gan? emoticon-Matabelo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di