CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa UMKM Harus Go Digital? Ini Alasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74896e09b5ca4b1c1ec34f/mengapa-umkm-harus-go-digital-ini-alasannya

Mengapa UMKM Harus Go Digital? Ini Alasannya

Di era digitalisasi saat ini, faktanya pemanfaatan media sosial sangat efektif dalam kegiatan sehari-hari. Termasuk dalam pemanfaatannya dalam perekonomian nasional bagi UMKM. Karena dengan pemanfaatan promosi melalui media sosial. UMKM dapat mengembangkan usahanya jauh lebih luas untuk menjangkau target pasarnya. 


 
Menurut Yudi Chandra, seorang Pengamat Ekonomi Digital dari seluruh UMKM yang ada di Indonesia terhitung hingga tahun 2018, hanya ada sekitar 5 persen UMKM yang sudah go digital. Jauh sekali di bawah Amerika Serikat yang sudah mencapai 90 persen.
 
Beberapa faktor yang menyebabkan pesatnya pertumbuhan UMKM tinggi, adalah jangkauan informasi Media Sosial yang langsung sampai secara personal melalui gadget mereka. Tentunya, modal dan kemampuan bersaing secara digital ditentukan oleh kualitas SDM yang mengelola UMKM tersebut. Semakin luas pengetahuan digital marketing yang dimiliki, akan semakin efektif pula UMKM menjangkau para konsumennya lebih luas lagi.
 
Namun berbanding terbalik dengan perkembangan teknologi dan media sosial saat ini, UMKM kurang bisa memanfaatkan karena minimnya pendampingan dari pemerintah. Sehingga UMKM kesulitan akan pemahaman digitalisasi dan potensi sebagai media promosi dari media sosial.
 
Banyak dari pelaku UMKM yang belum memiliki media sosial dan sudah memiliki namun kurang optimal dalam pengelolaannya. Hal itu dikarenakan sebagian besar mereka tidak bisa mengoperasikannya karena dibuatkan oleh orang lain. Sehingga penting sekali melakukan edukasi terkait digitalisasi dan penggunaan medsos untuk bisnis UMKM.
 
KITA DIGI sebagai perusahaan IT yang berfokus pada perkembangan UMKM, Koperasi, dan Komunitas membuat suatu platform digital yang bertujuan membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dengan digitalisasi. Dengan menjadi member KITA DIGI sahabat UMKM akan mendapatkan banyak manfaat salah satunya adalah sistem POS yang diintegrasikan langsung dengan toko milik sahabat UMKM. 
 
POS dapat membantu pengelolaan transaksi penjualan sahabat UMKM dengan lebih rinci dan akurat. Tidak hanya sektor ritel, Koperasi dan UMKM juga wajib go digital dimana harus mengimbangi dengan perkembangan teknologi. Sehingga UMKM benar-benar bisa naik kelas dan bersaing di pasar global. 
 
Bukan hal yang tidak mungkin dengan go digital bisnis yang sahabat jalankan akan lebih optimal dalam meraih omsetnya. 
 
Untuk mengenal lebih jauh tentang KITA DIGI dan apa saja produk serta kiprahnya di era digital ini, silahkan sobat milenial ikuti terus info menarik lainnya di website dan media sosial KITA DIGI.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di