CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ya Tuhan, Sri Mulyani: Ada Skenario Ekonomi RI Bisa 0%!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e747a9ffacb957d8a5cfffe/ya-tuhan-sri-mulyani-ada-skenario-ekonomi-ri-bisa-0

Ya Tuhan, Sri Mulyani: Ada Skenario Ekonomi RI Bisa 0%!

Ya Tuhan, Sri Mulyani: Ada Skenario Ekonomi RI Bisa 0%!

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan wabah virus corona atau COVID-19 ini benar-benar memukul perekonomian.

Bahkan skenario terburuk, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa di posisi 0%.

"Jadi kami di Kemenkeu melakukan berbagai skenario, katakanlah COVID-nya berapa lama, berapa bulan dan kalau kemungkinan terjadinya pergerakan yang dipersempit atau bahkan sampai lockdown, juga kami membuat skenario," kata Sri Mulyani setelah Rapat Terbatas dengan Presiden Jokowi melalui video conference, Jumat (20/3/2020).

Hal ini terkait juga dengan perdagangan internasional yang terganggu distribusinya. Selain itu tingkat keterisian hotel yang masuk sektor pariwisata juga pasti menurut Sri Mulyani akan kena.

"Juga konsumsi Rumah Tangga terutama untuk konsumsi bahan pokok dan kesehatan, juga kemungkinan terjadinya disrupsi di tenaga kerja. Atau terjadinya kerugian atau kekurangan tenaga kerja," tegasnya.

Sri Mulyani menjelaskan, belum lagi soal harga minyak dunia yang belakangan anjlok.

"Dengan skenario tersebut, kami melihat pertumbuhan ekonomi tentu dari COVID-19 ini apabila masalahnya lebih berat, wabah COVID-19 bisa lebih dari 6 bulan, dan perdagangan internasional di bawah 30% sampai penerbangan shock 75%. Maka pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 2,5% atau bahkan sampai ke 0%," paparnya.

"Sampai saat ini, kami juga belum bisa menyampaikan berapa resize-nya karena, pengananan COVID-19, kita juga berharap adanya penemuan vaksin anti virus. Kalau bisa dilakukan cepat, tentu ini akan dampaknya pendek," imbuh Sri Mulyani.


"Oleh karena itu yang kita lakukan melakukan persiapan berdasarkan kemungkinan terjadi. Pak Presiden meminta skenario itu untuk disiapkan, apa artinya bila ekonomi di atas 4%, apa artinya kalau tumbuh di bawah 4%. Apa itu di atas 3% atau di bawah 3%. Dan apakah kemudian mendekati yang lebih rendah," katanya.

"Kita nggak mengharapkan itu terjadi. Makanya langkah-langkah safety net dan sektor usaha supaya tetap berjalan, harus dilakukan. Ini fokus yang kita lakukan bersama Pak Menko Perekonomian dan OJK," tegasnya.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...nomi-ri-bisa-0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Kita nggak mengharapkan itu terjadi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dageburuk dan 4 lainnya memberi reputasi
Yang bener ini pak? Dari pertumbuhan 5% bisa jadi 0%? Kalau benar, ini benar benar langka sekali. Karena anjlok sedemikian rupa itu parah sekali.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Life will find a away...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 5 lainnya memberi reputasi
Jangan harapkan THR tahun ini emoticon-Wakaka

Ga di PHK aja sudah syukur2 emoticon-DP

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh boringman
gelar tiker aja, nunggu pembelaan kaum cebong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kregdevid dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Belgia lasegar dapet udara segar
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan rizaradri memberi reputasi
Kalau pertumbuhan 0% berarti stagnan ya ?
Asal jangan dibawah 0% aja deh berarti malah bukan pertumbuhan tapi Kemunduran.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Jangan bikin tegang lah

Ya Tuhan, Sri Mulyani: Ada Skenario Ekonomi RI Bisa 0%!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 8 lainnya memberi reputasi
banyak perusahaan gulung tikar ne..
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan chisaa memberi reputasi
Pada tiarap semua emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
Quote:


emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
kalo bisa seterusnya gitu, jadi nggak ada inflasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semoga yg terbaik deh. Jangan sampe Indonesia kenapa2
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
yg dikawatirkan sektor ritel & UMKM , utk masyarakat bawah akan lebih sulit akses ke sembako kalo semua langka dan mahal..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Tentu ada negara lain akan senang dengan hal tersembud
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh buatbarulagi
Itu 1 skenario dari skenario lain, berarti menkeu sudah mempersiapkan apa yang musti dilakukan ke depannya bila situasi semakin memburuk atau sebaliknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gyle dan 3 lainnya memberi reputasi
orang-orang yg menolak langkah drastis pencegahan corona karena alasan ekonomi...tinggal tunggu waktu aja
saat wabah semakin meluas.. ekonomi akan berenti sendiri kok..emoticon-Big Grin
bahkan kalo parah, rekoveri ekonominya bisa sampai butuh waktu lama buat stabil kembali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nightonian dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
just nabung dulu gan, berharap terbaik tapi bersiap yang buruk
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
sudah ada pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, masih aja ngeyel genjot pariwisata...sekarang habis sudah semua, ekonomi hancur + rakyat banyak terinfeksi pula emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tomez dan 10 lainnya memberi reputasi
Percepat penggunaan biofuel 100%
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan alslakraditossh memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di