CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tes Massal Segera Dilakukan, Pasien Corona Berpeluang Dirawat di Rumah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7479b882d4954cf01ff683/tes-massal-segera-dilakukan-pasien-corona-berpeluang-dirawat-di-rumah

Tes Massal Segera Dilakukan, Pasien Corona Berpeluang Dirawat di Rumah

https://katadata.co.id/berita/2020/0...rawat-di-rumah

Tes Massal Segera Dilakukan, Pasien Corona Berpeluang Dirawat di Rumah
Juru bicara nasional penanganan corona Achmad Yurianto memperkirakan dengan tes tersebut, nantinya hanya pasien corona dengan kondisi sakit sedang hingga berat yang mendapatkan pelayanan rumah sakit. 





Quote:

Kalau tes massal dilakukan, kira-kira berapa kasus positif yang bakal terdeteksi?

Saya coba cari data negara yang sudah melakukan tes dalam jumlah besar, dan berapa kasus yang ditemukan di negara itu. Saya dapatkan data untuk Korea Selatan di sini: https://www.statista.com/statistics/1095848/south-korea-confirmed-and-suspected-coronavirus-cases/

Data per 19 Maret 2020
Dites: 307.024
Positif: 8.565

Artinya 8.565/307.024 = 2,7% positif terinfeksi.

Jumlah penduduk Korea Selatan sekarang: 51 juta. Yang sudah dites berarti 307.024/51 juta = 0,6% penduduk Korea Selatan.

Perhatikan juga bahwa total jumlah tes yang sudah dilakukan di Korea adalah 300 ribuan. Itu lebih sedikit daripada jumlah alat tes yang kabarnya dibeli untuk Indonesia, 500 ribu.

Selama ini Korea Selatan disebut-sebut sebagai negara yang paling banyak melakukan tes. (RRT pasti mengetes lebih banyak, tapi tidak ada data lengkap). Persentase kasus positif KorSel bisa jadi gambaran apabila nanti tes cepat sudah dimulai di sini. Mungkin untuk batas minimal.

Dan melihat kasusnya relatif langka tapi mengumpul, saya pikir strategi tesnya lebih baik jangan secara acak. Kalau mau mengejar sebanyak-banyaknya hasil positif, utamakan kasus-kasus risiko tinggi dulu: orang-orang yang pernah kontak dengan orang terinfeksi. Yang berisiko rendah harap bersabar.
profile-picture
profile-picture
srirahayu14 dan gabener.edan memberi reputasi
Karena mustahil juga kayanya kalo dirawat di RS semua. Ane sih feelingnya samep ribuan yg positif. Semoga feeling ane salah emoticon-Matabelo
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ga jadi dikarantina di hotel?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
yang bahaya justru yang positif tapi gejala ringan karena kalau tidak diisolasi bisa berkeliaran terus menyebar virus
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Gimana tuh cara ngetesnya? Apa datang ke RS atau dinbagikan ke warga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
lbh irit ni bleh baru dpt anggaran n sumbangan dapet alat tes disuruh beli ujung2nye kalo sspect suruh dirumah maaing ajeemoticon-Wakaka
Teknisnya masih belum jelas. Tapi utamakan tenaga medis dan keluarganya duluan yg dites karena mereka justru yg saat ini berada di posisi paling rentan.
Diubah oleh dwibi
cara tes nya gimana,? satu2 dateng ke rumah...?

klau lpemerintah suruh masyarakat kerumah sakit buat tesnya... bakar aja tuh alat tesnya...
sampai sini pemerintah masih tenang2 aje, w yakin sebenarnya pemerintah coba ulur2 waktu tunggu vaksin corona ada. yang sayangnya seperti menunggu godot.

semoga aja datanya gk dimanipulasi, kalo ampe manipulasi hasil ya wassalam dah

emoticon-Traveller
Utamakan dulu buat DKI Jakarta dan Jabar, setelah itu baru disusul daerah² lainnya, sebab test kit datangnya juga masih dalam jumlah terbatas.
kemungkinan tes nya ga random tapi tes ke daerah yang banyak terdeteksi terkena covid sesuai tracing.
klo random itu sia-sia karena ada juga daerah yang belum terkena dampak sama sekali buat apa di tes.

prosedur nya mengikuti di luar negeri, isolasi mandiri selama masih terdeteksi covid ringan ketika kondisi sedang sampai berat ke RS yang ditunjuk.
karena banyak juga yang share di luar mereka masih isolasi mandiri walaupun terdeteksi covid19 berdasarkan saran dari dokter dan terus diawasi juga melaporkan perkembangannya.
disana rata-rata diminta minum banyak air untuk hydrating juga meminum suplemen immunity boost.
mungkin emg bagusnya gt..apalagi klo beneran ada ledakan pasien yg positif covid emoticon-Nyepi
self isolation, maksudnya biar mati sendiri gitu dirumah?

kalo ane sih gak sudi, bakalan ngotot dirawat di RS lah. kalo sampe tetep gak diterima, dan diusir pulang dg ancaman. mending keluyuran sekalian, lanjutin aktifitas lain ditempat umum seperti biasa

kalo emang kudu mati, setidaknya bisa ngajak orang lain sebanyak mungkin. biar rame. toh, ujung2nya tetep aja mati emoticon-Big Grin
Diubah oleh kureno23q
Quote:


Kalo seribu mungkin. Tapi misal puluhan ribu kayanya udah terlalu besar. Iya gan ane gak keluar rumah kecuali penting bgt
Quote:


Nah karantinanya di mana? Rumah masing2? Apa gak terlalu riskan?
Di indo kapasitas ranjang rs nya 1 per 1000 penduduk
Kalo yg positif dirawat semua ya mana cukup

Tapi kalo yg tajir sama org penting mah parah gak parah pasti dpt perawatan jg ntr
Negara emg sayang sm yg punya uang
semoga korbannya nggak semkain bertambahh sehingha bisa ditangani dengan baik dan sembuhh dari ni viruss
ane lockdown dulu ini pejwan
untuk yg positif terkena corona memang lebih diutamakan dirawat dan dipantau lebih intensif dan yg baru ada gejalanya bisa langsung diisolasi
nah mending tes masal sih, biar ketauan mana yang kena mana yang nggak sih


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di