CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ahli Sebut Pemusnahan Kelelawar Massal untuk Cegah Corona Salah Besar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7476cf8d9b1769466f8b3e/ahli-sebut-pemusnahan-kelelawar-massal-untuk-cegah-corona-salah-besar

Ahli Sebut Pemusnahan Kelelawar Massal untuk Cegah Corona Salah Besar

Ahli Sebut Pemusnahan Kelelawar Massal untuk Cegah Corona Salah Besar


KOMPAS.com - Wabah virus corona atau SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 saat ini telah melanda lebih dari 170 negara di dunia. Penyakit ini pertama kali terjadi di Wuhan, China dan diduga berasal dari salah satu jenis Coronavirus pada kelelawar yang bermutasi.

Kendati penelitian terbaru dan analisis genomik mengungkapkan bahwa transmisi utama terjadi antar manusia ke manusia, beberapa pemerintah daerah melakukan pemusnahan ratusan ekor kelelawar jenis kalong dan codot demi mencegah virus corona. Lantas, perlukah pemusnahan massal kelelawar sebagai mamalia terbang pembawa (vektor) virus Covid-19 itu?

Peneliti Biosistematika Vertebrata Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sigit Wiantoro angkat bicara tentang pemusnahan masal kelelawar ini. Kendati penyebaran dan penularan awal Covid-19 ini adalah dari perdagangan satwa liar di Wuhan, Tiongkok, namun Sigit menegaskan bahwa solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya wabah virus ini di kemudian hari adalah dengan tidak mengganggu dan merusak satwa liar dan habitat alaminya.

“Membasmi kelelawar justru dapat memberikan efek yang berlawanan terhadap penyebaran penyakit,” kata Sigit, di Cibinong, Jawa Barat pada Rabu (18/3/2020). Sigit mencontohkan upaya pembasmian kelelawar di Amerika Selatan untuk mengontrol rabies yang tidak berhasil.

Ironisnya, perubahan ekosistem yang disebabkan oleh manusialah yang menjadi penyebab utama kemunculan penyakit-penyakit yang dapat ditularkan dari satwa liar ke manusia. Ini terjadi di pasar satwa liar Wuhan yang merupakan tempat hewan dibawa oleh manusia dalam keadaan stres tinggi dengan fisiologi yang melemah setelah dipindahkan dari alam liar.

"Perdagangan satwa liar di Wuhan, Tiongkok, yang tidak diregulasi dan sering kali ilegal adalah hal yang menyebabkan kemunculan dan persebaran virus Covid-19," tutur Sigit. Dijelaskan oleh Sigit, kelelawar sangat penting bagi ekosistem dan kehidupan manusia. Kelelawar jenis mamalia yang pemakan buah, memiliki peran penting sebagai penyerbuk bunga.

Sementara itu, kelelawar pemakan serangga berperan dalam pengendalian hama di lahan pertanian dan perkebunan, serta berfungsi sebagai pengendali populasi serangga yang berpotensi sebagai vektor penyakit, seperti nyamuk. Dalam ekosistem hutan, kelelawar berperan penting sebagai penebar biji yang kemudian tumbuh menjadi pohon-pohon baru penyedia oksigen bagi manusia.

“Menjaga populasi kelelawar yang sehat dengan tidak mengganggu dan tidak membasminya, merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit serta menjaga keseimbangan ekosistem,” ujar dia.

KOMPAS


-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-

Beberapa pemda sangat reaktif,
tapi sayang pengambilan keputusannya sembrono,
tidak ada konsultasi dengan ahli terkait.

Ini takut sama virus corona yang lagi -in-,
kemudian dapet info virus corona ini loncat dari kampret,
kesimpulannya: kampret harus dibasmi.

Padahal virus corona yang lagi ngetren yang sudah dinamai SARS-Cov-2 itu sudah menular dari manusia ke manusia jadi kampret lokal sudah out of equation,
mau dibasmi ya gak ngaruh ke pandemi.

Dan yang tidak diperhitungkan lagi bahwa kampret ini punya andil juga di dalam ekosistem. Baik itu sebagai penyerbuk atau sebagai pemakan serangga. Dengan memusnahkan kampret, kita justru mengundang bencana bagi kita sendiri karena keseimbangan ekosistem terganggu.

Yang perlu dilakukan seperti kata pak peneliti lipi itu ya menjaga populasi kampretnya supaya tetap sehat, artinya ya jangan diganggu. Kemudian juga jangan membuat pemukiman deket2 dengan goa kampret atau tempat lain yang jadi penginapan kampret. Intinya melakukan social distancing dengan kampret namun tidak perlu membully kampret. Biar lah kampret hidup dengan tenang. Kampret hidup dengan tenang maka kita juga bisa hidup dengan tenang.

Tapi kalau kita ganggu kampret. Tunggu aja pasti ada "revenge of the kampreters" emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh widya poetra
Halaman 1 dari 6
Masih ane pantau.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
anyeb0 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg terpenting sebetulnya jangan encroach habitatnya kelelawar. Hasil penilitian di cina, ada sebuah kampung yg jaraknya tak jauh dari goa kelelawar, biarpun mereka tidak makan kelelawar, tapi kelelawar tetap menularkan virus ke hewan ternak mereka, yg kemudian menularkan ke manusia. Jadi intinya jangan hidup berdampingan dengan kelelawar, beri mereka jarak. Masalahnya jumlah manusia terus bertambah, dan alam terus makin dirusak untuk perkembangan manusia, akhirnya jarak kita dengan kelelawar semakin dekat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
autumnfairy dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
menularnya dari manusia ke manusia,ya musnahkan manusianya lah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 3 lainnya memberi reputasi
Lha wong virusnya saja beda kok...
kelelawarnya salah apa...? emoticon-Bingung (S)
wong asal muasalnya yang makan juga manusianya... emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bhethoro.kolo
Wkwk . .masih diduga dri kelelawar . . Juga diduga dari lab China . .
Cebong kampret emang nyusahin emoticon-Mad









































emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smogal dan 3 lainnya memberi reputasi
Kampret yang harus dimusnahkan? Nanti populasi hewan2 sebagai makanan kampret bisa melonjak pesat karena ga ada predator.

Lalu rantai makanan akan terganggu.
Tapi kalau nyamuk, saya setuju untuk dimusnahkan. Masalah rantai makanan yang terganggu biarin saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
necromongers dan 5 lainnya memberi reputasi
sekalian manusia musnahkan massal untuk mencegah global warming emoticon-Leh Uga
spesies paling zolim, menganggap semua yang ada di dunia diciptakan khusus untuk manusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
klo ikutin logika yang membakar.
seharusnya manusia juga di bakar, karna mereka juga pembawa/yang menularkan virus tersebut pd orang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
astagaaa... itu pemda2 yang reaktif, ngerti kesetimbangan ekosistem ga sih??

gw juga ngga suka nyamuk, lalat dan kecoa.. namun bukan berarti mereka harus dipunahkan kan??
RIP logic..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan PocongNgeBreak memberi reputasi
Monggo kampret lakukan pembelaan supaya gak disalahin teros
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Great Leap Forward 2 - Indonesian Bats emoticon-Ultah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh peyotpetot
Kampret pret

Ahli Sebut Pemusnahan Kelelawar Massal untuk Cegah Corona Salah Besar
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jazzcoustic memberi reputasi
boomer amnjing
Pempus juga seharusnya jangan tertalu tertutup mengenai daerah tinggi suspect corona, sampai2 pemda tidak mendapatkan info kalau daerahnya telah terjangkit virus
profile-picture
profile-picture
riezazura dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
pentingnya sebuah edukasi kepada masyarakat, penjelasan dari sigit wiantoro cukup bagus
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kampret telah menjelma menjadi kadal emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Dongok amat
Kampret dr tahun jebot juga ga ngapa2in, giliran ada virus begini mau dimusnahinemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
Saviyan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
itu pasar2 disulawesi atau diseluruh indonesia yg masih jualan daging hewan eksotis yg kategori bukan hewan untuk dimakan mending di stop mulai dari sekarang...

profile-picture
soray memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di