CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
5 Kemudahan Bisa Agan Rasain dengan Ponsel Berbekal NFC
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7471f1af7e936b2c277e23/5-kemudahan-bisa-agan-rasain-dengan-ponsel-berbekal-nfc

5 Kemudahan Bisa Agan Rasain dengan Ponsel Berbekal NFC



5 Kemudahan Bisa Agan Rasain dengan Ponsel Berbekal NFC

Berbagai vendor smartphone hampir tiap bulan mengeluarkan tipe/seri terbaru, bekal fitur dan keunggulan pun tersemat demi memikat para calon konsumen. Ngomongin soal perkembangan smartphone, kayaknya setiap tahun selalu ada teknologi baru yang makin canggih dikembangkan oleh para pabrikan smartphone. Seakan-akan, teknologi yang dihadirkan pun semuanya harus serba praktis guna mendukung aktivitas para penggunanya.
Mungkin GanSis pernah mendengar teknologi NFC? Fitur yang merupakan kepanjang dari near field communication ini sangat berguna untuk banyak hal, lho... Dengan sebuah chip di dalam smartphone, banyak hal yang bisa dilakukan oleh smartphone. Jadi, kalau smartphone punya agan/sista nggak ada NFC-nya, apalagi di 2020, pokoknya ketinggalan zaman banget deh, Gan!
 Emang fungsi NFC di hp buat ngapain aja sih Gan? Nah, agar GanSis tahu beberapa fitur NFC yang bisa berguna, kali ini ane mau bagiin beberapa fungsi dari ponsel yang memiliki fitur NFC. Cekidot Nih Gan!
 
Enggak Butuh Dompet, Bawa HP Aja!
Ketika fitur NFC diperkenalkan sejak 2017 lalu, kita bisa memakai smartphone untuk melakukan transaksi. Nah, agan dan sista mungkin udah paham sama e-money yang udah banyak banget ragamnya. Dari mulai rekening bank hingga saldo OVO atau GoPay yang kerap agan pakai buat naik ojek online, semuanya bisa jadi lebih mudah dengan bantuan ponsel berfitur NFC.
Prinsipnya, NFC bisa merespon gadget lain. Entah itu HP dengan HP lainnya, atau dengan alat transaksi yang modern. Beberapa merchant modern yang ada di mall sudah banyak yang pakai alat NFC, mulai dari toko baju hingga restoran. Kalau agan/sista kebetulan nggak bawa dompet, dengan bantuan NFC, transaksi bisa selesai hanya dengan sekali tap pakai HP aja.
Di Indonesia, beberapa perbankan sudah menyalakan fitur ini. Nah buat agan/sista yang mungkin punya HP berteknologi NFC, coba tanya ke bank masing-masing. Dengan menyalakan fitur ini, dijamin, deh bertransaksi jadi lebih cepat dan pastinya aman.
 
Tukeran Kontak dengan Tos HP
Baik di platform Android maupun iOS, kehadiran ponsel yang memiliki fitur NFC memungkinkan pengguna untuk mengirim data penting. Kalau agan/sista ingat sama teknologi bluetooth, bayangkan saja kalau fitur ini jadi semakin canggih. Hanya dengan menyalakan fitur NFC di toolbar dan mendekatkan HP kita dengan HP lainnya (sesama berfitur NFC) kita bisa mengirim data, salah satunya adalah bertukar kontak.
Seperti melakukan pairing, ketika dua HP NFC-nya sudah nyala, kita hanya perlu melakukan “tos HP”. Nah, selanjutnya sistem bakal mendeteksi data apa yang ingin kita tukar. Nggak cuman bertukar nomor HP, tapi kita juga bisa follow-followan IG langsung atau mungkin berteman langsung di Facebook.
Bayangin kalau agan ketemu cewe cantik atau sista diajak kenalan sama cogan. Malu, deh, kalau kita belum punya NFC. Ujung-ujungnya, kita cape-cape ngetik nomor doang. Masih mending kalau enggak diselingi adegan salah dengar. Kemungkinannya cuma dua, kita dikira bolot atau kontak yang kita masukkan salah. emoticon-Cape d...
 
Kirim Gambar dan File Video
Nah, siapa yang sering kirim-kirim folder gambar sama video waktu zaman bluetooth lagi ngetrend. Nah, dengan NFC, kita juga bisa mengirim gambar maupun video dengan lebih cepat. Jadinya, kita nggak usah ribet-ribet ngabisin waktu dan kuota buat kirim gambar lewat WhatsApp atau email ke teman-teman.
Nah, sebenarnya fitur NFC ini jadi cukup krusial kalau agan juga punya kamera yang canggih. Beberapa kamera saku maupun profesional yang modern sudah punya fitur NFC, lho. Jadi, agan-agan nggak usah ribet lagi buat update gambar dengan memasukkan MMC ke laptop dulu, terus kirim email buat di-download di HP. Dengan menempelkan HP ke kamera, file gambar yang besar sudah langsung bisa masuk smartphone.
 
Berbagi Lokasi atau Fitur Aplikasi Lainnya
NFC itu sangat canggih. Dengan fitur share di beragam aplikasi, agan dan sista memungkinkan untuk bagikan banyak hal secara langsung. Misalnya, apakah agan pernah ditanya soal lokasi atau arah jalan? Nah, agan/sista nggak usah canggung buat pakai handphone orang tersebut. Dengan menunjukkan lokasi di smartphone agan sendiri lalu share lewat NFC, langsung, deh titik tersebut bisa sampai ke orang tersebut.
Fitur share ini sangat canggih. Kalau ngomongin soal apa saja yang bisa dibagikan, daftarnya bisa sangat banyak. Sebagai contoh, agan punya channel YouTube favorit, video paling lucu, atau playlist musik di Spotify, semuanya bisa di share dengan satu tombol dan tentunya sambil “tos HP”.
 
Cek Saldo e-Money
Apakah agan-agan juga punya kartu e-money baik dari bank atau penyedia jasa lainnya? Nah, smartphone yang memiliki fitur  NFC bisa mendeteksi saldo e-Money agan/sista dengan cara mengaktifkan fitur NFC dan kemudian menempelkan kartu e-Money ke ponsel. Jadi, nggak usah panik lagi ketika kita takut saldo di kartu e-Money nggak cukup.
***

Nah, itulah beberapa kemudahan smartphone berbekal fitur NFC yang bisa ane share sedikit. Kalau ada agan-agan atau sista-sista yang mau berbagi pengalaman menggunakan NFC di HP masing-masing,  boleh banget tinggal langsung komeng di bawah ya Gan!
Buat yang masih bingung, agan/sista bisa cek fitur NFC ini dengan melihat toolbar. Biasanya NFC sudah terdeteksi di bagian wireless/connection di masing-masing device. 
5 Kemudahan Bisa Agan Rasain dengan Ponsel Berbekal NFC
Ane sendiri lagi pakai Samsung Galaxy A51 nih Gan... Memiliki fitur NFC jadi salah satu pertimbangan ane pilih smartphone ini. Selain desainnya yang elegan (hehe, sombong) ane merasa gadget ini sudah sangat memuaskan dengan banyak fitur di dalamnya. Batrenya juga bersahabat, dengan 4000 mAH ane nggak khawatir kehabisan daya buat beraktivitas. Mulai dari main game sampai melakukan aktivitas lainnya.

Sekarang giliran agan deh komeng di mari.. Tapi Buat GanSis yang mau sombong HP apa yang agan/sista pakai yang ada fitur NFC juga boleh! Pokoknya Cusss.. Komentar di bawah Gan! emoticon-Cool



profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalonggoreng dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Sumdul pertama
Lihat 1 balasan
Reserved (1)
tahun ini sebenernya niat nyari hp nfc, karena fitur"nya emang bikin praktis...

cuma karena corona ini jadi agak nahan" pengeluaran, bukan parno tapi prihatin aja emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Masih ga mau jual samsung A5 2017
.. wkwkwk yg ganti malah iphonenya 😂😂 soalnya transaksi2 lewat A5 ntu emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
bener banget siiii!!!!
ane dlu pernah pake hp yang ada nfc nya. bener bener sangat amat memudahkan, pas itu pake A5
tapi sekarang di A20 kagak ada hiks
Post ini telah dihapus oleh KS06
Wawww....

Mantap Sekali Informasi nya Gan..
Izin Menyimak nya ya Gan...
Semoga Bisa Bermanfaat...

Terus Berkarya ya Gan...emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
capslang dan b4breakk memberi reputasi
Mau tahu tentang alat canggih deteksi corona, cek disini ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
StephensRezRah dan 2 lainnya memberi reputasi
ohh gitu ya fungsi nfc.. baru tau sihh.. masih pake hp jadul jd kaga ngerti
ane make vivo y19 ada kaga ya nfc nya?emoticon-Bingung
profile-picture
faisal6275 memberi reputasi
Yang paling kerasa sih bisa topup emoney wkwk
profile-picture
profile-picture
d14n5p dan chisaa memberi reputasi
secanggih ini ya gan teknologi jaman sekarang apalagi perang smartphone semakin memanas tahun ini kereennnn
Sudah kuduga pasti iklan A51emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
atmajazone memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
mantep dah
Quote:


Yoi gaes
profile-picture
mr.kevin95 memberi reputasi
yg plg sering jd pembicaraan temen2 soal isi kartu sih, kaya kartu tol atau flazz gt yg harus pakai nfc
tos hp donggggg
gabahaya tuh kalo tosnya beneran wkwkwkwkwk
Quote:


Ya makanya nfc ini bakal berguna banget dalam beberapa tahun terakhir ini dan seterusnya
Makany mending beli mantan flagship yg murah meriah emoticon-Ultah
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di