CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e745ba0af7e935ab00d5c04/asuransi-mobil-total-loss-only-tlo-vs-all-risk-mana-yang-lebih-baik

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Awal tahun menjadi awal yang kurang baik untuk mengawali tahun baru bagi sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar Jakarta. Pasalnya, hujan yang terus mengguyur sejak Selasa (31/12) membuat sejumlah wilayah terendam, mulai dari rumah, mobil bahkan ada yang sampai hanyut. Jika sudah begitu, pemilik kendaraan harus mengetahui cara penyelamatan yang tepat untuk menanganinya. Bila salah penanganan, mobil Sahabat mungkin bakal semakin rusak sehingga kerugian yang ditanggung bisa semakin besar.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Untuk itulah, penting bagi Sahabat untuk melindungi kendaraan dengan memilih asuransi mobil yang tepat. Biasanya ketika kamu akan membeli mobil, baik itu mobil baru atau mobil bekas, pihak penjual akan sekaligus menawarkan paket asuransi mobil. Asuransi mobil ditujukan untuk melindungi mobil dari berbagai ancaman bahaya yang tidak terduga, seperti kehilangan, kecelakaan, atau hal-hal yang memicu terjadinya kerugian terhadap mobil yang bersangkutan.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Asuransi ini biasanya terdiri dari dua jenis, yakni All Risk (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Keduanya memiliki perbedaan. Untuk memilih salah satu dari keduanya diperlukan pengetahuan meski keduanya sama-sama melindungi mobil dari risiko yang mungkin terjadi. Biar Sahabat lebih paham ketika akan memilih asuransi mana yang tepat untuk mobil kesayanganmu, mari simak penjelasan di bawah ini.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)
Asuransi Total Loss Only atau disingkat TLO, akan memberikan perlindungan terhadap mobil ketika mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan secara total. Kerusakan total yang dimaksudkan adalah kehilangan mobil karena pencurian atau kerusakan yang tingkatnya mencapai 75% dari nilai mobil tersebut pada saat terjadi kecelakaan.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Contoh: ketika suatu kejadian menimpa mobil A dan pada saat kejadian mobil tersebut memiliki nilai Rp100 juta, kemudian setelah diperkirakan jumlah total perbaikannya memakan biaya sekitar Rp 76 juta, maka mobil A masuk dalam kategori rusak total meski secara fisik mobil A masih ada atau tidak hilang. Artinya, jika kerusakan mobil berada dalam tingkatan 75% atau lebih, kondisi ini masuk dalam konteks TLO.

Namun jika kerusakan dirasa di bawah angka 75%, pemilik mobil yang bersangkutan tidak bisa mengajukan klaim untuk pertanggungan TLO. Seperti contoh kerusakan-kerusakan baret pada mobil, spion hilang, ban bocor, penyok kecil, dan kerusakan kecil dan ringan lainnya. Secara garis besar, asuransi TLO hanya berfungsi ketika mobil benar-benar rusak atau justru hilang karena dicuri.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Asuransi Mobil Komprehensif (All Risk)
Nah bagaimana jika kamu hanya ingin mendapatkan perlindungan-perlindungan dari hal-hal kecil seperti penyok kecil, baret halus, kan asuransi TLO berfungsi untuk memberikan perlindungan mobil ketika mengalami kerusakan total. Disinilah asuransi mobil jenis all risk (komprehensif) yang memainkan perannya, yaitu dengan memberikan perlindungan terhadap mobil yang mengalami kerusakan kecil maupun kerugian total.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Sesuai dengan namanya all risk (segala risiko), jika Sahabat memilih untuk memberikan perlindungan dengan asuransi mobil ini, sudah pasti segala cakupan aspek kendaraan akan terlindungi. Jenis asuransi mobil ini cakupannya dapat dikatakan lebih menyeluruh. Orang yang hendak membelinya dapat memilih untuk memperluas cakupan risikonya, yakni dengan menambah pertanggungan terhadap risiko bencana alam, risiko huru-hara, risiko kerusuhan, risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga, dan semacamnya.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Tapi apakah kedua jenis asuransi mobil tersebut bisa dikombinasikan?
Sahabat tidak perlu bingung, kamu bisa kok melakukan kombinasi antara asuransi mobil TLO dan Komprehensif (all risk). Kita ambil contoh, kamu sedang dalam posisi sudah membeli mobil bekas dan melakukan pembiayaan secara kredit. Untuk dua tahun pertama, kamu menginginkan asuransi mobil TLO dan tahun ketiga dan seterusnya kamu menginginkan asuransi mobil Komprehensif (all risk) kamu bisa melakukan hal tersebut.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) vs All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Ketika kamu memilih asuransi mobil, asuransi tersebut tidak bersifat melekat terus-menerus, kamu bisa mengubah asuransi yang kamu inginkan namun yang terpenting pastikan dulu fungsi dan kebutuhannya.
Beban finansial berbanding dengan risiko kerusakan menjadi pertimbangan penting. Mobil baru pastinya akan membutuhkan biaya relatif lebih tinggi sekalipun kerusakan yang terjadi hanya kerusakan kecil. Saat usia mobil semakin tua, tidak ada salahnya beralih pada total loss only tapi jika kamu memang penggemar otomotif mobil bekas tua, tidak ada salahnya kamu memilih asuransi all risk.
Nah Sahabat, bagaimana sudah bisa menentukan jenis asuransi apa yang cocok untuk mobil kamu sekarang? 

Sumber: Garasi.id
profile-picture
profile-picture
omkumisss dan brina313 memberi reputasi
Diubah oleh officialgarasi
ohh begitu perbedaannya.. blm pernah pake asuransi kendaraan sih.. mungkin bisa jd bahan pertimbangan nanti
Lihat 1 balasan
All risk + huru harga + banjir ...,pake broker aja spt mir ,apa kbru ...
Lihat 1 balasan
saya pikir pikir dulu ya
Lihat 1 balasan
semua tergantung sj, kira2 mau asuransi yg spt apa dan dana yg disiapkan seberapa, berangkat dr situ aja jadi mau pilih yg mana
Lihat 1 balasan
Halo kakak, saya Mahasiswi Magister Manajemen Pemasaran Universitas Indonesia. Saat ini saya sedang meneliti pengaruh e-service quality dan monetary promotion terhadap persepsi, sikap, dan minat pembelian asuransi kendaraan dengan konsep InsurTech, yaitu layanan asuransi melalui website/aplikasi (pembelian polis online, klaim kendaraan online, perpanjangan polis online, dan permintaan bantuan darurat online).

Ada hadiah saldo OVO sebesar 50.000 bagi beberapa yang beruntung (pengundian akan dilakukan pada akhir penelitian). Jika berkenan boleh mengisi di link berikut ya:

http://bit.ly/InsurTechMMUI
Boleh juga nih pilih-pilih asuransi sebelum punya mobil. Hehehe.. emoticon-Toast
Lihat 1 balasan
wahh thanks banget infonya nih kebetulan emng lg pilah pilih asuransi nih karena belom pernah, tp liat keadaan dr banjir kemaren kaya emng harus asuransi deh
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Mohon maaf memganggu agan2 saya hanya sedikit kasih info, apabila tidak berkenan, jangan dispam
Mohon maaf sekali lagi agan2

Promo april toyota 2020
Calya dp 13
Avanza dp mulai dr 15 jutaan
Rush mulai dari 40jutaan
Innova mulai dri 45 jutaan
Fortuner mulai 70 jutaan

Info toyota
Riva lubis
087855889141
085261354202

toyota
#tunastoyotamampang
#tunastoyota
#allnewinnova
#innovareborn
#kredit
#cash
#innovadisel
#innovabensin
#tradein
#asuransi
#safety
#promomaret
#corona
#dpmurah

Https://www.toyotaisme.com
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di