CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BPJS Kesehatan Siap Jamin Biaya Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7449abaf7e930a6f63c460/bpjs-kesehatan-siap-jamin-biaya-covid-19

BPJS Kesehatan Siap Jamin Biaya Covid-19

BPJS Kesehatan Siap Jamin Biaya Covid-19

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ada kegaduhan yang tak perlu di saat wabah virus corona mendera. Ini dapat kita lihat dari beberapa viral di media sosial dan media jejaring. Tentu saja, situasi ini bisa dimaklumi sebagai suatu kewajaran. 

Ada kekhawatiran, ada kepedulian, dan ada keharusan untuk memastikan. Memang, ada banyak hal yang harus disiapkan dalam menghadapi wabah, khususnya Covid-19.

Bagaimana kesiapan cadangan dan distribusi pangan untuk publik, bagaimana pasokan energi, bagaimana kesiapan organisasi dan kelembagaannya,bagaimana regulasinya, bagaimana ketersediaan dan distribusi obat-obatan dan peralatan kesehatan, bagaimana kesiapan laboratorium dan test kits, bagaimana kesiapan ruang isolasi dan tenaga medis serta para medis, dan bagaimana dengan biaya pelayanan kesehatannya. Tentu masih banyak juga hal lainnya.

Tulisan ini hanya akan mengulas salah satunya saja, yaitu tentang biaya pelayanan kesehatan untuk ODP (orang dalam pemantauan), PDP (pasien dalam pengawasan), suspect dan positif Covid-19. Karena ada yang mempertanyakan tentang kehadiran negara dan BPJS Kesehatan dalam pembiayaan pelayanan kesehatan untuk kasus Covid-19.

Pada tanggal 3 Maret 2020, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Bambang Wibowo, dalam suatu konferensi pers, telah menyatakan bahwa pemerintah akan menanggung biaya pasien yang terinfeksi virus corona.

“Kan sudah diumumkan sebagai sebuah KLB (Kejadian Luar Biasa). Jadi semua pembiayaan mulai dari suspect atau sakit itu semuanya ditanggung oleh pemerintah,” katanya. Jadi negara dan pemerintah sangat hadir dan selalu hadir.

Pemerintah telah mengumumkan status KLB sejak 4 Februari. Menteri Kesehatan telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/104/2020 tentang Penetapan Infeksi Novel Coronavirus (Infeksi 2019-nCoV) Sebagai Penyakit Yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangannya. 

Pada poin kesatu ditulis: Menetapkan Infeksi Novel Coronavirus (Infeksi 2019-nCoV) Sebagai Penyakit yang Dapat Menimbulkan Wabah. Pada poin keempat disebutkan bahwa segala bentuk pembiayaan dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan/atau sumber dana lain yang sah. 

Sedangkan pada poin kelima lebih spesifik lagi, karena tertulis juga termasuk untuk “biaya perawatan bagi kasus suspek yang dilaporkan sebelum keputusan menteri ini mulai berlaku”. 



profile-picture
chisaa memberi reputasi
realita di lapangan?
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Mencium aroma busuk
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
nyimak dulu dagh.. emoticon-Games
Quote:


Jadi bagaimana ?
cari uang diatas wabah corona
Jangan2 cuman bisa cover flu deman dam batuk doang lagi ujung2nya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
chisaa memberi reputasi
lah katanya gak ditanggung

tar si sri mundur
yg belom bikin masih bisa bikin gak sih?
tar testnya pake alat kw nggak
cieee yg baru dpt suntikan
Quote:


kayaknya mereka ngambil kue dari pemerintah emoticon-Bingung
Palsu, riilnya bpjs berbelit2 saat sakit, tidak terlayani dengan baik, beberapa diminta pindah RS
makin tekor dah lu, bener bener dari maren ngumpet malah masuk kandang macan
Semoga bener bener dicover pemerintah yaa, secara ini wabah nasional huhu
Quote:

👇👇👇👇👇👇
Quote:


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di