CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74476e65b24d14fa03af3e/hanya-curahan-hati-mengenai-alkes-dan-apd-yang-melambung-tinggi

Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi

Semua sekarang sedang panik tentang korona

Bagaimana imbasnya dr sektor perekonomian dan kesehatan bila digabung jadi 1 

thread ini hanya corat coret semata curahan saia sebagai tenaga kesehatan yang miris dengan apa yang terjadi di luar sana dengan harga alkes ( alat kesehatan )

Thread ini tidak bermaksud menyinggung pihak manapun no bulliying cuma mau curhat aja karena sudah pegel dengan harga alkes yang ngerembet ke mana mana yang mahal ga cuma masker aja 

padahal kan dalam prakek kami paramedis dan tenaga kesehatan nda cuma perlu masker aja loh gaes.. berikut barang-barang yang harganya melonjak drastis

1. Masker 
Semenjak booming virus corona harganya lngsung melonjak drastis skrg dikisaran krg lebih 200-30 ribu

Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi

dulu sebelum booming virus korona harusnya harga tidak segini per box
apakah masker hanya digunakan untuk melindungi diri dari virus korona ? tentu saja tidak gaes kami jg harus berlindung dr virus bakteri lain , terus kalau dokter bedah ngoperasi orang di ruang bedah ga perlu masker? bu bidan dokter kandungan mau nolong persalinan normal nda perlu masker? masih banyak gaes fungsinya

Coba deh komen deh TS yang pernah bersihin DM gangren klo ga make masker gimana rasanya >.< saya juga sekolah dlu ga cuma ongkang ongkang kaki gaes bersihin juga tuh DM gangren yang amit2 deh klo yang pernah nyium baunya semiringnya gmn wkwkwkwk

Kemudian di Klinik atau RS mmg cm dokter aja yang perlu masker ? ada byk tenaga kesehatan dan bagian dari RS/Klinik yang memerlukan masker contoh :

1. cleaning service
2. admin
3. pak sopir ambulan
4. pak satpam
5. pak tukang parkir
6. analis laborat
7. apoteker
dan masih banyak lagi gaes ... kalau barang dijual harga ga karu2an gni apa rs dan klinik dapat bertahan menyediakan APD ( alat perlindungan diri ) buat kita kesatuan ya bukan tenaga medis aja loh yang kerja di Klinik or RS ??? jadi ini bukan egois untuk tenaga medisnya aja pikirin juga orang lain yang menjadi bagian dr klinik dan RS tadi memang ga perlu pelindung ? mereka kan habis kerja jg plg ke keluarga masing2 loh gaes , ga kasian keluarga anak istri saudara apa orang tua mereka di rmh ???

terus orang lain yang perlu masker selain kami banyak contoh aja
1. orang yang sedang kemoterapi , ini mereka rentan infeksi banget loh ga cuma korona tapi karena sakit penyakit lain misal TBC , pneumonia karena penyebab lain
2. penderita HIV , mereka ini termasuk yang sistem imunnya rentan banget loh , justru kematian pasien HIV terutama karena infeksi lain bukan krn HIV itu sendiri , bisa anda bayangin klo penderita HIV dan dia sedang hamil ada 2 nyawa yang kita pertaruhkan gaes
3. penderita TBC , ini klo tidak dapat masker , trus dapat menualrkan ke banyak orang gmn ? selesai outbreak corona habis gt kita di hadapkan outbreak TBC >.<

2. Termometer
Aduh gila bener deh ini yang temp biasa axila aja sekarang harga udah naik ga cm yang digital aja agak terlalu memang

Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi


sebelum korona mewabah sampe segini ga sampe segini jg loh gaes harganya 20-25 rb aja kisaran udah dapet kayanya malah 15 rb aja bs dapet dlu

Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi
Termometer Digital ini harganya dlu kisaran 200-400 rban sebelum virus korona ini mewabah

Tapi karena termometer bukan bahan sekali pakai buang jadi ini masih tidak terlalu urgent bagi kami yang bekerja di klinik apa rs 

3.Handscoen ( sarung tangan )
Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi
aduh miris banget ini alkes bisa naik sampe segininya padahal biasa 40rba per box udah dapet loh

Nah ini juga salah satu barang krusial bagi klnik apa rs loh gaes
Sarung tangan ini fungsinya banyak , contohnya 
1. Cleaning service : mereka dalam bekerja harus selalu memakai ini masa ia  1 hari cuma pakai sepasang ? jadi habsi bersihin muntahan atau darah jatuh ato kontak dengan sampah medis gitu ga ganti sarung ???
2. Untuk jahit luka / rawat luka : tentu aja ya klo ini 1 pasien 1 pasang sarung tangan , memang kalian mau habis bekas kena drh orang lain kami ga ganti sarung tangan trus ngerawat apa jait luka kalian ?
3. untuk saat ambil darah dan ngolah darah atau ngolah sampel pemeriksaan lain bagi analis laborat , idealnya ya sampel 1 pasien wkt ngambil itu kita pake 1 pasang trus ganti lagi , klo dipake berulang ulang mau memang ? resiko penularan penyakit ga cm corona aja lama2 HIV/Hepatitis ikutan jadi outbreak ntar
4. Dokter spesialis bedah : memang dengan adanya korona kasus bedah hilang gitu aja ? contoh nih sakit sakit yang harus dioprasi segera misal usus buntu , patah tulang terbuka , kehamilan di luar kandungan terganggu .. apakah kalian rela klo opreasi ini tertunda karena handscoen nya abis pdhal ditunda artinya nyawa terancam lo gaes 
5. dokter gigi ini juga jangan dianggep remeh dokter gigi perlu banget malah handscoen nda usa ada korona pun mereka 1 pasang ya untuk 1 pasien masa dipakek trus bergantian kan? mmg kalian mau dokternya pake handscoen bekas orang untuk merawat gigi kalian ?
dan masih banyak lagi lah gaes fungsi dari sarung tangan ini bagi medis dan orang orang yang membantu berjalannya suatu sistem praktek kesehatan 

4. Aseptic Gel
Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi
ini nda usa ada corona aja udah wajib ada di klinik apa rs gaes , kami nakes habis mriksa pasien kan harus cuci tangan sebelum ke pasien lain 
sangking parahnya ada teman saia kerja di rs di sby masa ia 1 bed pasien 1 kasih 1 btol bukannya dipakai sewajarnya dicolong di bawa plg nih btol astaga

5. Alkohol 70 persen
Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi

Ini saia beberapa hari yg lalu beli sebotol ditoko cm 5000 itu mungkin krn sblmny saia ngusrkan kartu anggota kesehatan saia makanya dpt harga wajar kali ya takut dilaporin ke polisi

Barang ini tentu saja menjadi salah satu barang krusial di praktek kesehatan kami lo gaes , ya mmg si ini skrg langka dan mahal krn jd bahan dasar pembuatan antis , tapi klo harga jadi mahal gni ya , trus dalam praktek sehari-hari kudu gimana nda ada ini ?

1. rawat luka kan perlu ini
2. cuci alat alat medis kan juga perlu ini

masa mau kami memberikan pelayanan kesehatan tapi nda steril karena kelangkaan alkohol gaes???

6.Alkohol swab
Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi

ini beberapa hari yg lalu saia beli cm 11 rb 1 box itu jg saia beli krn sblmny saia berdebat soal harga masker yg mahal dan menunjukan kartu keanggotaan paramedis , mungkin klo nda ditjunukin ya dinaikkin jg harganya

barang ini juga ckup krusial karena biasanya sebelum memasang infus atau mengambil darah atau menyuntikan obat kulit kalian disberihkan dlu pakai ini supaya mencegah infeksi sekunder

barang ini mahal dan langka ? jadi waktu mau cek drh habis gni nda usa di swab dlu ? mau suntik obt ato pasang infus jg ga perlu di swab dlu ?
resiko ditanggung penumpang sendiri deh


Beberapa hari yang lalu saia sempat ke salah satu toko supplier alat kesehatan di kota saia tinggal yang barangnya bertebaran di seluruh pembelanjaan online dengan harga fantastis tentunya , masker dan aseptic gel tulisannya habis saat itu saia mengantri di luar bersama orang lain saia tanya sama penjaganya , kalau untuk tenaga kesehatan masa nda ada ? trus kami klo praktek gmn ? dengan amat terpaksa saia menunjukkan kartu keanggotaan saia yang menunjukkan klo saia tenaga kesehatan spy dapat penjelasan yang maksimal krn dr saran teman saia klo kita menujukkan kartu tsb kita dapat membeli barang yg kt perlukan 

1. kata yang jaga di depan smua masker sm aseptic udah dr pabrik langsung diambil oleh pemerintah , jadi mereka tidak memegang sama sekali  ( kalau mmg spt ini kok masih bs beredar dijual online dengan harga fantastis ??? )

2. ada salah satu orang yang iktan antri sama saia , bisa bilang begini ya anda minta donk sm rs ato klinik anda bekerja untuk menyediakan masker , kan anda kerja di sana klo nda di kasih ya ga usa kerja (  nanti kami paramedis ga mau kerja karena nda ada APD dikatain sombong ga peduli ga pengabdian , tapi masa kita harus bunuh diri kerja tanpa APD ) . Dengan harga fantastis untuk alat alat kesehatan saat ini mmg klinik sm rs sampai kapan mampu mnyediakan ? di rs saia bekerja aja udah ada himbauan klo masker stok nipis jadi dihemat2 kalau pakai...  Ini saia masih kerja di kota besar , sedangkan teman teman saia yang kerja di daerah katanya masker 1 itu bisa untuk 3 hri , trus adalagi yang maskernya dicuci trus di pakek lagi , lah ini apa ga buat makin banyak penyebaran infeksi ? ga cuma korona aja gaes infeksi sakit penyakit lain 

Ini cuma curahan hati saia saja ya sebagai tenaga medis , tidak bermaksud menyinggung menyudutkan pihak manapun , jadi klo ada yang tersinggung ya saia minta maaf sebesar besarnya , semoga kita bisa melawan musibah korona ini 

Hanya curahan hati mengenai ALKES dan APD yang melambung tinggi
( note : gambar bukan diri saia tp kriman dr salah satu TS saia )













SALAM SEHAT SMUA DARI KAMI YANG APD NYA TERBATAS DAN SEADA NYA emoticon-Siap Gan

ada titipan salam dr TS sekalian untuk disampaikan

Dari Teman2 Dokter

💔

Teman..gak usah ikutan beli termometer tembak dong,kasihan kami orang medis sedang memerlukan,dikarenakan semua ingin membeli harganya jadi “gak normal”...akhirnya aku pake term “ketiak”yang dibungkus plastik.plis jangan ikut2 an beli yang harus kami pake buat praktek.💔

Teman...gak usah ikutan beli2 masker yang di peruntukan team medis praktek,pake masker kain aza atau masker2 yang biasa dipake buat naik motor itu,kan teman2 gak ngadepin pasien yang muncrat2 air liurnya,so far masih aman...tolong kami dengan gak pake produk yang di peruntukan untuk pekerjaan kami,apalagi pake di timbun,yang bikin harganya jadi “astagfirullah”.beneran jangan gitu lah...cukup diam di rumah kan?gak ngadepin pasien yang ngeyelan ngeyelun?.💔

Teman...gak usah beli hand sanitizer,alkohol,antiseptik banyak2...buat apa?masih ada sabun kan? pakai sabun saja,kan gak kemana2,beli secukupnya aza.alat2 praktek kami gak cukup klo cuma di cuci pake sabun,tapi kudu di kasih antiseptik,siram alkohol lalu masukin mesin steril,bukan cuma pencegah penyakit corona tapi penyakit2 lain juga,memang teman2 mau kami cuci pake sabun aza alatnya? tolonglah...biarkan barang2 itu kembali normal harganya,plus tidak langka karena di borong sama teman2.💔

Teman....ini musibah untuk kita semua,kita gak usah menyalahkan siapa2,tapi kita masih bisa meringan kan beban sesama kita terutama kami yang suka atau tidak tetap harus menjalankan pekerjaan kami....jangan sampai corona ini mematikan empati kita,dan melambungkan sifat tamak kita...teman mari kita bersama2 melalui musibah ini,tanpa saling menyakiti...💔

💔

Saia tambahkan 1 poin lagi

Teman tolong jangan mborong handscoen atau sarung tangan kita btuh ini buat rawat luka / jahit luka / suntik obat / oprasi / dan masih banyak lagi

(Mohon diviralkan)
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan phyu.03 memberi reputasi
Diubah oleh oemahsehat68
Halaman 1 dari 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kicquck dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh phyu.03
pejwan dulu ntar diedit emoticon-Malu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
semoga semua akan brakhir emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
liee dan 328745 memberi reputasi
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Ane dirumah aja lah
Gak punya masker juga ALKES yang diburu sama rangorang
Ane juga bingung, kenapa hal ini selalu terjadi disaat situasi genting. Kenapa selalu kecolongan harga melonjak tinggi emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan kicquck memberi reputasi
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Mau digimanain jg, kondisi yg masuk kategori panik seantero negeri, hukum ekonomi pasti berlaku..

Demand yg sangat tinggi (diimbangi dengan tingkat keegoisan yg tinggi pula), supply yg cenderung tidak bertambah, ya pastinya harga barang naik.

Dikombo pemerintah yang tidak tanggap terhadap persoalan ini (termasuk kebijakan kerja sama ekspor-impor yg cenderung disepelekan ketika menghadapi pandemik corona), ya tidak hanya harga alkes yg naek. Sembako pun ikut terkerek naek harganya...

Bahkan orang kaya di indo udah indent ventilator lho... Yg, imo, bener2 keterlaluan...
Bahkan ane dpt info, ventilator yg ready stock dah abis... Entah bener ato ngga, ya ane sih cuma bs geleng2 kepala aja...

Quote:

Rasanya sangat sulit terwujud.
Banyak orang yg udah terinfeksi virus c19, tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi.

Dikombo budaya ketimuran dan keagamaan kita masih sangat kuat.
Diminta utk beribadah di rumah masing2, tetep ngotot dateng ke rumah ibadah.

Quote:



Betul... Pemerintah udah ambil alih utk urusan antiseptic dan masker.
Hanya bbrp toko alkes saja yg punya wewenang jual dua item ini.
Itu pun dengan sistem kuota...

Inget yah...
Yg ditangani oleh pemerintah itu yg sifatnya resmi dari pabrik.
Yg sifatnya ngga resmi (misal homemade antiseptic) otomatis ngga diambil alih oleh pemerintah. Dijual dengan harga yg tinggi.
profile-picture
profile-picture
erwaleste dan phyu.03 memberi reputasi
Diubah oleh honinbo
Quote:

Sudah telat omemoticon-Turut Berduka
Dulunya pada tau pake masker biar terhindar dari virus yang terhirup masuk lewat pernapasan, padahal sejatinya pemakaian masker itu hanya diperuntukkan bagi tim medis dan penderita sajaemoticon-Cendol Gan

Quote:

Sepakat untuk mendukung dan memberikan support ya mak, terima kasih sudah berkenan mampir lagi yaemoticon-terimakasih

Quote:

Sebaiknya begitu, ciptakan kesadaran dengan tetap berdiam diri dirumah dan jangan menambah masalah dengan melakukan panic buying secara berlebihanemoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
o.best dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya.. kalau kaga pas kerja ya dirumah aja wong pada dasarnya lebih suka rebahan daripada keluyuran emoticon-Smilie
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Quote:


Adalah benar pak emoticon-Toast
Urwel ya emoticon-Shakehand2
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Quote:

Tidak terlibat panic buying juga kan?

Kasian para tim.medis, kalo.di sini masih aman dan terkendali, masker masih banyak di toko2 alkes, kesadaran masyarakat masih terkendali.
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan kicquck memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Quote:


Gak ada yang dipakai buat beli euy wkwkw
Kadang aku mikir kalau Indonesia di lockdown pakai duit apaan buat beli bahan makanan selama 14 hari
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Ngeri sih sekarang,
jualan di atas derita nasional..emoticon-Ngamuk
profile-picture
kicquck memberi reputasi
Quote:

Aamiin, moga niat om adolf terkabulkan di Sangihe jika disana sudah mencapai lebih banyak korban yaemoticon-Shakehand2
Quote:

Daerah2 di lockdown, pemasukan dan pendapatan entah nunggu darimana, beda ya kalo yang punya pendapatan tetap
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
Quote:


Ya makanya itu
Balik lagi ya kita ngomongin masker yang harganya melonjak
Sebenernya sah2 aja sih ada orang yang menaikkan harga barang gila2an kak.. hukum penawaran kan emang begitu?
Cuma kalau kita tarik masalah ini lebih jauh, ada hal serius yang ditimbulkan
Krisis keuangan kak
Lockdown juga begitu . Gak bisa bayangin
Jadi inget mei 1998
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Quote:


Itu kasus inflasi terparah di indonesia, apa sama seperti sekarang? Kayaknya kaga. Wabah corona ini lebih parah di pulau jawa, dibanding pulau2 lain yang sudah terdeteksi wabah corona juga.
Quote:


Tapi aaku masih bingung, kenapa jakarta ya dimulai paling banyak kasusnya, sedangkan wisatawan banyaknya kan di bali emoticon-Bingung (S)
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di