CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Help, Tips & Tutorial Music /
Cara Membuat Kelas di Aplikasi Google Classroom
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7438fd82d495719a45e9cd/cara-membuat-kelas-di-aplikasi-google-classroom

Cara Membuat Kelas di Aplikasi Google Classroom

sumber: https://rahasiatekno.com/cara-membua...gle-classroom/


Cara Membuat Kelas di Aplikasi Google Classroom


Pembatasan sosial yang diberlakukan selama 14 hari sejak 4 hari lalu, membuat segala aktivitas di rumah luar menjadi terbatas. Termasuk aktivitas belajar di sekolah. Hingga akhirnya pemerintah meminta kepada anak-anak sekolah mulai dari jenjang terendah hingga tertinggi menerapkan belajar di rumah. Salah satu situs yang banyak digunakan pada saat ini adalah Google Classroom.

Keputusan ini memang tak bisa dihindari demi mencegah dari wabah corona yang kian merebak. Terutama di lingkungan sekolah ini sangat rentan terjadi penyebaran virus covid-19 ini. Tentu saja pandemi yang terjadi ini benar-benar mengancam kehidupan di muka bumi.

Demi menekan penyebaran virus tersebut, maka anak-anak sekolah dan mahasiswa seperti yang telah diungkapkan di atas harus melakukan belajar di rumah.

Meski demikian, dengan adanya pemberlakukan belajar di rumah, tidak lantas kalian hanya bermalasa-malasan saja. Tentu saja dengan belajar online bisa kamu terapkan. Karena sudah ada beberapa aplikasi yang menunjang untuk belajar online, seperti misalnya Ruang Guru.

Nah, satu lagi yang bisa kamu gunakan untuk belajar online di rumah adalah dengan menggunakan Google Classroom. Memang aplikasi yang satu ini belum familiar dan masih banyak pula yang tak paham bagaimana menggunakannya. Kali ini, Rahasiatekno ingin membagikan cara untuk menggunakan aplikasi belajar online baik untuk guru maupun siswa.

Di sini akan dibagikan cara-cara menggunakan Google Classroom untuk guru dalam membuat kelas untuk siswa. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut.

Untuk bapak dan ibu guru, saat menggunakan google classroom ini harus membuat kelas terlebih dahulu. Pastikan bapak dan ibu guru telah memasang aplikasinya di ponsel.

Setelah sudah terpasang aplikasinya, kemudian lakukan login. Cara loginnya hanya perlu mengonfirmasi email anda yang pastinya adalah email berupa gmail.

Cara Membuat Kelas Di Google Classroom

Di tampilan awalnya, tak akan terlihat apa-apa saat sudah login. Di aplikasinya itu hanya terdapat ikon siluet yang hanya menampilkan tulisan create as a class to get started. Jika telah ditemukan tulisan itu, maka bapak dan ibu guru belum membuat kelas di aplikasinya itu. Oleh karena itu dipersilahkan untuk membuat kelas, yang caranya sebagai berikut.

1. Klik ikon “+” untuk menambah kelas setelah membuka aplikasinya.
2. Selanjutnya tekan continue setelah muncul notifikasi yang harus dicentang notifikasinya itu.
3. Isikan form yaitu nama dan mata pelajaran.
4. Isikan pula durasi pembelajarannya.
5. Isi room untuk nama kelas
6. Isikan subject yang berupa materi belajar
7. Tekan “create’
8. Selesai.


Selanjutnya, bapak dan ibu guru masuk ke halaman utama dan lihat ikon yang berwarna serta nama pembelajaran yang sudah dibuat.

Untuk membagikan kepada para siswanya, maka bapak/ ibu guru harus memberikan kode join untuk mengundang para siswa untuk masuk ke google classroom.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di