CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jejak Pasien 285 di Sulsel yang Divonis Corona Usai 4 Hari Wafat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e74216182d495669441f863/jejak-pasien-285-di-sulsel-yang-divonis-corona-usai-4-hari-wafat

Jejak Pasien 285 di Sulsel yang Divonis Corona Usai 4 Hari Wafat

Jejak Pasien 285 di Sulsel yang Divonis Corona Usai 4 Hari Wafat

Makassar - Pasien positif virus corona (Covid-19) nomor 285 di Sulawesi Selatan (Sulsel) baru divonis positif corona usai 4 hari meninggal dunia. Pasien wanita itu diketahui baru saja pulang dari ibadah umrah.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengungkapkan, almarhumah dari Tanah Suci kembali ke Makassar pada 3 Maret 2020 lalu. Sepekan kemudian tepatnya tanggal 10 Maret 2020 pasien 285 mulai mengalami diare dan batuk.

"Covid (kasus ke) 285 itu baru kembali dari umrah, seminggu kemudian (tanggal 10 Maret) mengalami keluhan diare dan batuk," kata Nurdin saat konferensi pers di kediamannya di Perumahan Dosen Unhas, Tamalanrea, Makassar, Kamis (3/20/2020).


Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichan Mustari secara terpisah sempat menjelaskan riwayat pasien 285 usai pulang dari umrah. Menurutnya, pasien 285 pulang umrah pada 3 Maret 2020 dan mengalami sakit seperti yang diungkapkan Nurdin. Namun pasien 285 saat mengeluhkan sakit masih dirawat di rumah, dan baru pada tanggal 15 Maret dilarikan ke salah satu rumah sakit swasta di Makassar.

"Tanggal 3 dia (pasien 285) pulang (umrah), dia sempat di rumah, kemudian tanggal 15 dia masuk (rumah sakit) meninggal," kata Ichsan Mustari.

Kembali ke penjelasan Nurdin, pasien 285 saat dirawat di rumah sakit sempat diperiksa terkait sakit yang dikeluhkan saat itu, yakni demam dan sesak nafas. Belum sempat tim dokter mengambil sampel swap, pasien 285 sudah meninggal dunia.

"(Pasien 285) dirawat di Rumah Sakit Siloam (Makassar) dengan keluhan demam, sesak, dan ketika dilaksanakan foto thoraks menunjukkan penomonia di kedua paru-paru. Dan yang bersangkutan belum kita mengambil sampel (sudah) meninggal dunia," ujar Nurdin.



Bahkan pasien 285 tidak sempat ditetapkan sebagai kategori orang dalam pemantauan (ODP), atau pasien dalam pengawasan (PDP). Sampel baru diambil sesaat setelah pasien meninggal dunia dan sampel swap tersebut dikirim ke Balitbangkes Kemenkes untuk dicek corona.

"Belum (ditetapkan) status, jadi sebenarnya pada saat meninggal baru kita mengambil sampel. Jadi kita mengambil sampel swap, tentu kita tidak tahu, (karena) yang bisa memberi penjelasan ini tentu yang memiliki keilmuan patologi," ungkapnya.

"Baru tadi (Kamis 19 Maret sore) kita menerima hasil bahwa almarhum itu terjangkit (corona). Jadi belum hasilnya kita dapatkan dari Jakarta, tanggal 15 (Maret) almarhumah sudah meninggal," tuturnya.


Dinas Kesehatan Sulsel kini tengah melakukan pelacakan (tracing) jejak pasien 285 karena baru diketahui positif corona setelah 4 hari meninggal dunia. Apalagi menurut riwawatnya, pasien 285 sempat dirawat di rumah usai pulang dari umrah pada 3 Maret lalu dan baru dilarikan ke rumah sakit pada 15 maret.


"Kita sudah mengambil langkah-langkah setelah kami mendapat hasil dari uji lab yang Covid 285. Itu Dinas Kesehatan sementara melakukan tracing (melacak)," ucap Nurdin.

Pelacakan juga dilakukan ke pasien positif corona lainnya, yakni pasien nomor 286 yang sudah merasa sehat saat divonis corona. Keluarga dari pasien 285 dan 286 kini tengah diisolasi di rumah.

"Kita sudah mulai mengisolasi keluarga dan kita terus melacak dengan siapa saja mereka (2 pasien corona) bersentuhan, dengan siapa saja dia bertemu, dan tentu ini juga penting sekali untuk kita lakukan pemeriksaan, lakukan isolasi," pungkasnya.


Sumber : [url]https://news.detik.com/berita/d-4946543/jejak-pasien-285-di-sulsel-yang-divonis-corona-usai-4-hari-wafat/2 [/url]




profile-picture
profile-picture
falin182 dan chisaa memberi reputasi
Biasanya org Indonesia kalau pulang dari umrah akan mengadakan selametan sama kerabat dan teman2. Bisa jadi banyak kerabat yg sudah terpapar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
falin182 dan 8 lainnya memberi reputasi
Ketularan di mana nih, bandara?
Quote:


Bisa jadi umrahnya termasuk paket jalan2 gan
Lihat 1 balasan
Quote:


Seharusnya emang di tutup perbatasan tapi gak lock down. Paling gak barang masih bisa masuk. Kita masih bisa dagang. Orangnya yg gak di bolehkan masuk
Diubah oleh chisaa
Lihat 2 balasan
Wah wah.. Ini ni yang sulit melacaknya. Kita sulit tau udah kemana aja almarhumah sebelum meninggal.
Sulit juga melacaknya, apalagi datanya juga lama karena harus dibawa ke jakarta dulu

bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
buset divonis corona setelah 4 hari wafat

tenaga test nya cuma 2 3 orang ya?
Lihat 1 balasan
Swab gan bukan swap


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di