CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Temuan ane soal corona..
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7413f9337f9339434cfe97/temuan-ane-soal-corona

Temuan ane soal corona..

Halo gan sis.. to the point aja.. skr kan lagi demam corona nih.. ane iseng2 aja searching apa virus corona dan bagaimana virus bekerja.. dan inilah temuan ane.. let's go..

"Pemahaman terhadap karakter virus korona menjadi kunci pengendalian wabah Covid-19 di tengah pandemi dan upaya pencegahan di masa-masa mendatang."


Secara resmi, nama virus korona disebut dengan Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2), sementara penyakit yang muncul disebut dengan Covid-19.

Penamaan virus didasarkan pada struktur genetiknya yang bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan tes diagnostik, vaksin, dan obat-obatan. Ahli virologi dan komunitas ilmiah yang melakukan riset wabah virus korona dinamakan Komite Internasional tentang Taksonomi Virus (ICTV).

Nama SARS-CoV-2 dipilih karena virus tersebut secara genetik memiliki keterkaitan dengan virus yang menyebabkan wabah SARS tahun 2003. Dalam komunikasi risiko, WHO tidak memakai istilah SARS kepada publik, melainkan virus Covid-19. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi ambiguitas di tengah masyarakat.

Sedikit berbeda dengan virus, penamaan berbeda penyakit yang disebabkan virus tertentu bertujuan untuk membahas upaya pencegahan, penyebaran, penularan penyakit, keparahan infeksi, dan pengobatannya.

Karakter virus korona

Pemahaman terhadap karakteristik patogen baru menjadi kunci pengendalian di masa mendatang. Penelitian hingga tingkat genetik dan struktural telah mengidentifikasi fitur kunci di virus korona yang terletak di bagian permukaan.

Fitur kunci permukaan virus menjelaskan mengapa patogen baru tersebut mudah menyerang sel manusia, khususnya organ-organ pernapasan. Virus korona memiliki sejenis protein yang mampu mengikat membran sel inang.

Proses pengikatan membran sel dipicu oleh rilis sejenis enzim dari sel inang yang disebut dengan furin. Sebaran furin ternyata banyak ditemukan di jaringan manusia, termasuk paru-paru, hati, dan usus kecil. Infeksi mampu meluas ke berbagai organ tubuh manusia.


https://bebas.kompas.id/baca/riset/2...rona-covid-19/

so.. ane search lagi dong apa itu furin ato purin..

Purin adalah unsur yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Peningkatan jumlah purin biasanya berasal dari makanan, Beberapa makanan memang mengandung banyak purin dan anda tentu wajib mengetahuinya. ... Makanan laut seperti kepiting, udang, tiram, kerang, kerang adalah beberapa makanan tinggi purin.

lalu konklusi dari ane supaya agan2 semua terhindar dari corona dari sisi makanan adalah..

* Hindari mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1000 mg purin/100 g bahan makanan) seperti : daging merah, jerohan, roti manis, unggas, daging rusa, seafood seperti remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, hering, makarel, sarden, caviar.

* Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, namun dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan), seperti: jamur, asparagus, kembang kol, lentils, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dll

* Bahan makanan yang mengandung rendah purin, diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain: buah-buahan dan sayuran segar, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, coklat, dll.

* Kurangi konsumsi lemak jenuh karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat.

* Batasi alkohol, bir, ragi.

* Minum air putih dalam jumlah cukup karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

https://www.kompas.com/lifestyle/rea...tasi.Asam.Urat

saran dari ane buat para dokter dan ahli buat menanggulangi virus corona.. bikinlah vaksin yg bisa menghancurkan ato merusak purin/furin tsb


insyaAllah yaa gan semoga artikel dari ane ini bs berguna buat agan semua agar kelak menangkal bisa virus corona..

CU
profile-picture
profile-picture
kureno23q dan balineseryuu memberi reputasi
Diubah oleh zinaitudosa
ane tambahin...

Sementara itu, seorang ilmuwan dari Scripps Research Translational Institute Kristian Andersen menyebut, paku pada virus corona terdiri dari dua bagian yang terhubung.

Lonjakan jumlah virus akan aktif ketika bagian tersebut dipisahkan. Dalam SARS-klasik, pemisahan ini terjadi dengan beberapa kesulitan.

Tetapi dalam SARS-CoV-2, jembatan penghubung kedua bagian dapat dengan mudah dipotong oleh enzim furin yang dibuat oleh sel manusia.

Sebagai contoh, sebagian besar virus pernapasan cenderung menginfeksi saluran udara bagian atas atau bawah.

Secara umum, infeksi saluran pernapasan atas lebih mudah menyebar, tetapi cenderung lebih ringan. Sementara infeksi saluran pernapasan bawah lebih sulit ditularkan, tetapi lebih parah.

Menurut Andersen, SARS-CoV-2 tampaknya menginfeksi saluran udara bagian atas dan bawah, mungkin karena dapat mengeksploitasi furin di mana-mana.

Saat virus tersebut berada di dalam tubuh, mereka akan menyerang sel-sel ACE2 yang melapisi saluran saluran udara manusia.

SARS-CoV-2 tampaknya menginfeksi saluran udara bagian atas dan bawah, mungkin karena dapat mengeksploitasi furin di mana-mana. Ketika infeksi berlanjut, paru-paru tersumbat dengan sel-sel mati dan cairan serta membuat pernapasan menjadi lebih sulit.

https://www.kompas.com/tren/read/202...page=all#page4
profile-picture
balineseryuu memberi reputasi
Diubah oleh zinaitudosa
https://www.sehatq.com/artikel/makan...-dihindari/amp

Penderita asam urat mungkin memahami betapa tersiksanya harus mengurangi (atau bahkan berhenti sama sekali!) mengonsumsi makanan-makanan yang membuat kadar asam urat melejit. Sering dikatakan makanan seperti tempe, tahu, daging merah, kacang merupakan pantangan asam urat.

Penyakit asam urat berlebih atau gout sering mengenai lansia. Salah satu penyebab tingginya asam urat adalah konsumsi makanan yang mengandung purin. Purin adalah sebuah zat yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berguna dalam pembentukan sel.

Dalam tubuh, purin akan diolah dan menghasilkan asam urat sebagai produk akhirnya. Inilah mengapa bila mengonsumsi makanan mengandung purin dapat meningkatkan asam urat. Namun, tidak banyak yang tahu makanan apa saja yang mengandung banyak purin.

Kategori makanan berdasarkan kandungan purin

Berdasarkan kandungan purin, makanan atau bahan dasar makanan terbagi menjadi lima kategori.
Temuan ane soal corona..

Makanan bersumber dari hewan

Makanan bersumber dari hewan terbagi menjadi tiga golongan, yaitu jeroan, daging hewan ternak, dan ikan atau makanan laut.

1. Jeroan

Makanan olahan dari jeroan hewan merupakan makanan dengan kandungan purin tertinggi. Hati babi menempati posisi jeroan dengan purin tertinggi diikuti hati ayam, jantung ayam, hati sapi, dan otak sapi.

Temuan ane soal corona..

2. Daging

Daging merah dikatakan merupakan pantangan asam urat. Namun, kenyataannya tidak selalu demikian. Kandungan purin pada daging hewan tergantung lokasi daging tersebut.

Dada ayam mentah ternyata memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibanding bagian ayam ataupun daging mentah lain.

Temuan ane soal corona..

3. Ikan dan makanan Laut

Makanan yang berasal dari laut pun memiliki kandungan purin. Beberapa produk laut seperti ikan teri dan sarden ternyata memiliki kadar purin yang tinggi.

Temuan ane soal corona..

Makanan yang bersumber dari tanaman

Beberapa orang mengatakan bayam dan kacang-kacangan merupakan pantangan asam urat. Namun, nyatanya tidak semua kacang-kacangan memiliki kandungan purin yang tinggi.

Pada bayam pun hanya daun muda bayam yang memiliki kandungan purin yang cukup tinggi..

Temuan ane soal corona..
Diubah oleh zinaitudosa
Nice infoh... Trit kaya gini malah sepi.. Trit saling hujat malah rame 😭
Quote:


bad news is a good news.. emoticon-Big Grin
profile-picture
arjunabuncit memberi reputasi
numpang meramaikan gan..nice info gan..berguna bgt buat ane secara langsung..info ini ane share ke tempat lain ya.


emoticon-Shakehand2
Quote:


Oiy gan nambahin drtd kan yg dibahas apa aja yg mengandung purin , ada ga gan yg bisa mengurangi kadar purin yg alami sehingga corona ga berkembang..
ada tambahan lagi.. ane ambil dari tirto..

Hasil Riset: Masa Inkubasi Virus Corona Covid-19 Bisa Hanya 5 Hari

Sejumlah riset menyimpulkan hasil mirip tentang masa inkubasi virus corona jenis baru (Sars-Cov-2) yang menyebabkan penyakit Covid-19. Masa inkubasi ialah waktu antara ketika pasien terpapar virus corona dan mulai menunjukkan gejala mengalami penyakit Covid-19. 

Hasil sejumlah riset tersebut sejalan dengan perkiraan Badan Kesehatan Dunia (WHO) selama ini. WHO memperkirakan masa inkubasi virus corona adalah 1-14 hari. Namun, dalam catatan WHO, di banyak kasus, masa inkubasi virus ini umumnya hanya lima hari. 

Salah satu hasil studi yang menunjukkan bahwa masa inkubasi Sars-Cov-2 (virus penyebab Covid-19) rata-rata bisa sekitar 5 hari diterbitkan jurnal Annals of Internal Medicine pada 10 Maret lalu.

Studi yang dikerjakan oleh peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Stephen A. Lauer dengan sejumlah koleganya itu memuat kesimpulan bahwa rata-rata masa inkubasi virus corona menyerupai yang terjadi pada penderita SARS, yakni 5 hari saja.

Sedangkan dalam hitungan konservatif, mayoritas dari 181 kasus yang diamati dalam penelitian ini menunjukkan masa inkubasi terjadi dalam kurun 11,5 hari. 

Meski demikian, studi ini memberikan catatan bahwa masa inkubasi virus corona bisa memerlukan waktu lebih lama lagi di sejumlah kasus ekstrem. Studi itu juga menilai rekomendasi pengawasan selama 14 hari terhadap pasien suspect Covid-19 didasari bukti yang memadai.

Studi lain yang diterbitkan jurnal Eurosuveillance pada 6 Februari lalu juga memuat kesimpulan tak jauh berbeda. Kajian yang dikerjakan oleh peneliti dari National Institute for Public Health and the Environment (RIVM), Jantien A. Backer dan dua koleganya itu menunjukkan bahwa masa inkubasi virus corona penyebab Covid-19 rata-rata sekitar 6 hari.

https://www.google.com/amp/s/amp.tir...ya-5-hari-eEzY

ini chat chapture ane dengan salah satu kaskuser bahas soal antibodi dan purin..

Temuan ane soal corona..

Temuan ane soal corona..

Temuan ane soal corona..

nah seperti chapture chat ane bahwa untuk menghilangkan purin cukup mudah hanya perlu minum banyak air putih.. makanya ane berkesimpulan.. bila suspect masi dalam masa inkubasi virus artinya dalam masa 2 sampe 14 hari.. ato bahkan dalam 5 hari saja.. suspect corona dianjurkan buat minum air putih sebanyak2nya.. sampe masa inkubasi virus itu selesai.. ketika masa inkubasi selesai.. corona tidak akan bisa lagi menyerang purin.. karena purin ini tadi sudah di lockdown dengan asupan air putih yg banyak.. sehingga tidak ada yg corona eksploit di tubuh suspect ketika masa inkubasi virus selesai.. dan meminimalisir resiko kematian suspect tentunya.. dan tentunya jg suspect ketika dalam masa inkubasi dilarang makan makanan yg mengandung purin.. monggo mungkin bs sebagai wacana kaskuser disini.. karena ini hanya sekedar teori menggabung2kan dari yg ane baca.. untuk prakteknya memang harus diuji coba ke suspect positif corona yg masi dalam masa inkubasi virus..

cheers.. emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh zinaitudosa
Quote:


minum banyak air putih gan sesimple itu.. ternyata bs menghilangkan purin yg ada di tubuh kita..
profile-picture
rimba84 memberi reputasi
EPILOQUE dari ane.. dan ane copas dari kiriman WA teman.. mungkin sedikit cliche si..

Saya jadi penasaran dengan arti Qarana, saya sengaja membuka kamus al-Qur’an. Saya dapati lafald Qarana (قَرْنَ) ada di QS. Al Ahzaab: 33. Saya jadi tercengang ketika melihat potongan ayat tersebut.

وَقَرْنَ فِيْ بُيُوْتِكُن وَلَا تَبَرجْنَ تَبَرجَ الْجَاهِلِيةِ الْاُوْلٰى وَاَقِمْنَ الصلٰوةَ وَاٰتِيْنَ الزكٰوةَ وَاَطِعْنَ اللهَ وَرَسُوْلَهٗ ۗاِنمَا يُرِيْدُ اللهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرجْسَ اَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهرَكُمْ تَطْهِيْرًاۚ - ٣٣
Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya

Pesannya sangat jelas bahwa lafadz Qarana mengandung arti perintah untuk tinggal. Tinggalnya dimana? Dirumah-rumahmu, di keluargamu, karena kata Nabi rumahku adalah sorgaku. Rumah kalian adalah sorga kalian semua. Ciptakan sorga di keluarganya masing-masing. Coronavirus menggiring kembalinya kesadaran bahwa yang paling hakekat dalam kehidupan adalah keluarga. Sehingga Nabi sendiri memberi parameter kebaikan manusia diukur dari kebaikannya kepada keluarganya
خَيْركُمْ خَيْركُمْ لِأهْلِهِ وَاَنَا خَيْركُمْ لِأهْلِى
"Sebaik-baiknya kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku (Rasulullah) orang yang terbaik diantara kalian kepada keluargaku”

Seakan Allah sedang berkata, “wahai manusia modern, janganlan cari kepuasan di gedung-gedung mewah yang menyediakan berbagai macam kamuflase kesenangan yang tak sejati, kebahagiaan itu bukan karir dan gajimu yang selalu tak memuaskanmu, karena selama ini yang kau kejar sebagai kenikmatan itu hanyalah fatamorgana dunia yang kalian anggap kenikmatan dan keindahan (itu semua perilaku jahiliah). Padahal sesungguhnya sorga itu ada di keluargamu, ada di rumahmu masing-masing yang bisa kau bangun dan kau ciptakakan. Kembalilah kepada keluargamu masing-masing dan berbahagialah atas berkumpulnya keluarga.”

Dalam ayat berikutnya, dapat kita mentadaburi bahwa Corona yang diturunkan ini sejatinya untuk membersihkan manusia dari dosa, membersihkan sebersih-bersihnya dari segala hal yang sifatnya kamuflase, talbis, menuju kesejatian hidup.

"buat ane arti rumah dalam ayat alqur'an tsb adalah tanah.. karena manusia diciptakan dari tanah dan akan kembali ke tanah (rumah) untuk menuju kesejatian hidup.. dan lalu bagaimana tanah ini bisa menjadi subur?? dengan bantuan air tentu saja.."


terima kasih sudah berkenan membaca thread ane.. semoga agan semua bisa mengambil manfaat dari thread ane ini..

jaya selalu indonesia..

salam! emoticon-Jempol
nyimak
minum jahe, pala, merica + susu
makan daun kelor

Quote:


Ok gan.ntap
Susah kayaknya gan kalo ane pilih2 makan, di saat sekarang ini.

Syaratnya berarti memang cuma istirahat dan banyak minum air putih ya.

Ane lagi sakit tenggorokan nih, was-was apakah ini coronavirus atau radang tenggorokan biasa. Ane gak diikuti gejala lain misal demam tinggi, batuk & sesak nafas. Cuma ada juga yang positif covid-19 tapi sehat wal'afiat aja.

Serba salah ya....
Lihat 2 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di