CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gatot Nurmantyo: Warga China Ramai ke Masjid Akibat Corona, Benarkah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7382ec2525c30a3c447b24/gatot-nurmantyo-warga-china-ramai-ke-masjid-akibat-corona-benarkah

Gatot Nurmantyo: Warga China Ramai ke Masjid Akibat Corona, Benarkah?

Gatot Nurmantyo: Warga China Ramai ke Masjid Akibat Corona, Benarkah?

VIVAnews – Postingan mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo soal renungan memakmurkan masjid ramai diperbincangkan. Postingan tersebut disukai 33 ribu orang dan dikomentari hampir 2 ribu orang.
Dalam postingannya, Gatot mengungkapkan kesedihannya karena kondisi masjid yang sepi akibat virus Corona Covid-19. Ia meminta umat Islam tetap memakmurkan masjid dan tak takut corona.

Gatot juga mencontohkan saat ini di China, penganut komunis dan ateis justru beramai-ramai mendatangi masjid. Mereka belajar wudu dan mengikuti salat berjemaah.

"Namun, di negeri mayoritas muslim, justru sebaliknya. Mereka beramai-ramai menggaungkan phobia dengan masjid. Seakan-akan masjid sebagai sumber penularan Covid-19," tulis Gatot di akun instagram resminya @nurmantyo_gatot, Rabu 18 Maret 2020.

Dari unggahan Gatot tersebut, muncul pertanyaan, apakah memang benar di China kini penganut komunis dan ateis berlomba-lomba ke masjid? VIVAnews coba menelusuri kebenaran hal tersebut.

Ternyata terdapat video viral dari unggahan akun facebook yang menunjukkan warga China berlomba-lomba untuk ikut mengikuti salah berjemaah. Video tersebut diunggah akun Mas Benk pada Jumat, 7 Februari 2020.

Video tersebut menampilkan sejumlah orang melaksanakan salat. Bahkan, ada juga yang salat dengan arah kiblat yang berbeda-beda. Sementara terlihat juga banyak orang yang menonton orang salat dengan latar belakang toko bertuliskan huruf China.

Unggahan video tersebut juga diberi narasi:

Warga China di Tiongkok, saking takutnya virus corona, lihat umat Islam salat Jumat, mereka berlomba-lomba ikut salat walaupun menghadapnya bukan ke kiblat. Semoga saja ini menjadi pintu masuknya hidayah bagi mereka semua. Amin ya rabbal alamin.

Selain video di atas, viral juga video di media sosial dengan narasi yang hampir sama dengan video pertama.

Berikut narasinya

Setelah China dilanda virus corona, Allah SWT beri hadiah pada umat muslim di China yaitu terbukanya masjid-masjid seluruh daratan China.

Verifikasi Fakta

Video tersebut ternyata diunggah akun youtube Deshabimani, surat kabar milik Komite Negara Partai Komunis India pada 7 Juni 2019. Potongan judul video tersebut bertuliskan eid, yiwu, China. Ternyata video tersebut merupakan video saat salat Idul Fitri di Masjid Yiwu, China pada Juni 2019.

Sementara itu, bila merujuk pada WHO disebutkan kasus pertama Covid-19 pertama kali dilaporkan di China pada 31 Desember 2019.

Terkait video viral kedua, VIVAnews mengutip laman resmi kominfo.go.id. Dalam laman tersebut dijelaskan informasi video tersebut keliru. Masjid dalam video tersebut merupakan masjid Dongguan yang terletak di Provinsi Qinghai. 

VIVAnews menelusuri pemberitaan soal dibukanya masjid tersebut usai wabah corona, namun tidak ditemukan. Kominfo pun memastikan Masjid Dongguan ditutup berdasarkan kebijakan pemerintah China di situs Fatabayyano.net.

"Artinya, narasi dengan video yang diunggah oleh akun-akun di media sosial adalah tidak berhubungan dan keliru," tulis laman kominfo.


sumur

emoticon-Leh Uga ngoahahah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekkinovian dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
sekelas jendral kagak mungkin kalo sampe kemakan hoax
emang ada agenda aje doi
tapi kalo dungu beneran ya nggak tau juga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emol dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
rame2 ke masjid hoaks, kalo rame2 ke gereja bener ya bong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh herberthus
Lihat 3 balasan
ga hoax ga kerenemoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Begini banget ya jualan agama ditengah musibah... Ckckckckck.. mungkin emg harus ganti nama tuh doi biar ga GAgal TOTal mulu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mebipulamp dan 2 lainnya memberi reputasi
udah dibilang, kalau sudah mengadal itu ya sudah rusak otaknya.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Mesjid ditiongkok makmurlah beda sama disini.
Disini banyak minta sumbangan dijalan? Kalau ditiongkok ada ngga????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mebipulamp dan 3 lainnya memberi reputasi
Jaman beliau


Gatot Nurmantyo: Warga China Ramai ke Masjid Akibat Corona, Benarkah?


Gatot Nurmantyo: Warga China Ramai ke Masjid Akibat Corona, Benarkah?



emoticon-Najis


Belum lagi dengan kegaduhan lainnya dengan mewajibkan nonton film G30S PKI dan tebar pesona di tahun 2017



emoticon-Najis emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Untung nih orang udah ga menjabat lagi


emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
w3dhaqu dan 2 lainnya memberi reputasi
emang pantes dilengserkan jendral goblok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 3 lainnya memberi reputasi
Bloon emang. Kayak gini mau nyapres???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
w3dhaqu dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:



Gereja ga ada ritual wudhu
Wihara ga ada ritual wudhu

Yg ada ritual cuci cuci macam wudhu cmn di islam


Lagian agama lain ga ada yg klaim kalo ikutin ritualnya auto bebas corona

Dari awal aja klaim tentara auloh

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
om Gatot... nyari panggung
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Sekelas jendral tapi gk kuat palanya ngefilter berita, mo jd pleciden pulakemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan tepsuzot memberi reputasi
Emang banyak hoaks bertebaran yg bikin resah di tengah kondisi kaya gini emoticon-Matabelo
profile-picture
Quadpixel memberi reputasi
GaNur eks Pang 5 TNI dan Edy eks Kostrad (kini Gub Sumut) ya 11 - 12 lah... out of the box melawan anjuran emoticon-Amazed

mungkin bakalan berubah kalau dia sendiri kena terpapar saat shalat di masjid emoticon-Ngacir
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
ckckck mantan panglima kok gini
Jendral pekok yg nyaris mengadu domba TNI dan polri



emoticon-Cape deeehh
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
Gatot Nurmantyo: Warga China Ramai ke Masjid Akibat Corona, Benarkah?
profile-picture
abau. memberi reputasi
ahelah tot elu mantan jendral masa kena hoaxemoticon-Stick Out Tongue
Sekelas panglima klo gabung sama kadrun yah bgini kualitasnya
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di