CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Protes Aturan Berorganisasi, Demo Mahasiswa UBB Ricuh di depan Rektorat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e737f118d94d0729a039e10/protes-aturan-berorganisasi-demo-mahasiswa-ubb-ricuh-di-depan-rektorat

Protes Aturan Berorganisasi, Demo Mahasiswa UBB Ricuh di depan Rektorat

Protes Aturan Berorganisasi, Demo Mahasiswa UBB Ricuh di depan Rektorat
Foto: Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) demo protes Peraturan Rektor tentang Kemahasiswaan (Deni Wahyono/detikcom)

Pangkalpinang - Demonstrasi mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) di depan Gedung Rektorat berakhir ricuh. Sejumlah mahasiswa dan petugas keamanan mengalami luka.

Mahasiswa demo untuk menolak Peraturan Rektor Nomor 2 tahun 2019 tentang Kemahasiswaan. Mahasiswa menilai aturan yang baru mengintervensi organisasi kemahasiswaan.

"Kami mahasiswa Universitas Bangka Belitung menolak terkait adanya Peraturan Rektor Nomor 2 tahun 2019, dalam hal ini berkaitan dengan teknis," jelas Koordinator Aksi, Andre, kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

Mahasiswa menuntut dicabutnya Peraturan Rektor Nomor 2 tahun 2019, menolak segala bentuk intervensi terhadap demokrasi yang dijalankan mahasiswa, dan melibatkan organisasi kemahasiswaan dalam setiap pengambilan kebijakan. Massa menilai peraturan tersebut mengintervensi mahasiswa.

"Kami minta untuk aturan itu segera dicabut, karena tidak sesuai dengan organisasi kemahasiswaan Universitas Bangka Belitung," tegasnya.

Bentrok antara mahasiswa dengan satpam dipicu oleh pembakaran ban oleh mahasiswa menggunakan bensin dalam plastik. Saat petugas keamanan berusaha memadamkan api, massa menolak ban dipadamkan hingga berujung aksi saling dorong.

Sementara itu, menanggapi demo mahasiswa, Wakil Rektor I UBB, Nizwan Zukhri mengaku tidak tau persis tuntutan mahasiswa.

Protes Aturan Berorganisasi, Demo Mahasiswa UBB Ricuh di depan Rektorat
Foto: Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) demo protes Peraturan Rektor tentang Kemahasiswaan (Deni Wahyono/detikcom)

"Info didapat, peserta demo menuntut aturan tentang batasan berorganisasi minimal IPK 3,0 untuk ketua dan maksimal semester 7 dicabut, sementara untuk anggota minimal IPK 2,75," kata Nizwan.

Menurut Nizwan, batasan ini dibuat dari kenyataan bahwa seorang organisatoris tidak boleh mengabaikan dunia akademiknya. Dan IPK 3,0 bagi seorang ketua ormawa, menurutnya, masih moderat.

"Kami heran mengapa ini dipersoalkan padahal batasan itu kan tidak terlalu besar. (IPK) 3,00 itu nilai tengah-tengah, banyak kampus besar juga menetapkan hal seperti itu. Kalau ini dianggap mengkebiri demokrasi, terasa aneh karena sebenarnya kampus memiliki kewajiban untuk mengatur capaian lulusan agar semakin baik," tutur Nizwan melalui keterangan tertulis.

Hal lain yang dipersoalkan adalah batasan semester yang maksimal semester 7. Menurutnya pembatasan tersebut dibuat agar mahasiswa tetap bisa berorganisasi tanpa studinya terbengkalai.

"Kebijakan ini merespons kondisi bahwa angka masa lulus sarjana di UBB kita masih lama, padahal pengaruh ke akreditasi prodi dan kampus. Ketika dibatasi maksimalnya, mahasiswa akan bisa lulus maksimal semester 10 bagi mereka yang berorganisasi. Ini bukan mengkebiri demokrasi, tapi justru memperhatikan keinginan rata-rata orang tua yang ingin anaknya lulus cepat," tambahnya.

(jbr/jbr)

sumber

Kalau menurut ane sih kuliah yang penting IPK + perbanyak pergaulan

emoticon-Cool

Dunia kerja makin ketat dan syarat mutlak langkah pertama yang harus dilewati supaya diterima kerja adalah IPK minimal 3.0 (Kebanyakan perusahaan).

Kalian jujur gak pernah nyolong + gak pernah nipu, penurut, tapi kalau IPK anjlok ya cuma nyumbang kertas di tong sampah HRD.

Punya gagasan silahkan. Punya hobi silahkan. Berorganisasi silahkan. Tapi ya harus ingat tujuan seseorang jadi mahasiswa adalah supaya punya karir mantab.

Kalau kalian anak juragan silahkan seenaknya mau lulus cuma IPK 2.0
Tapi kalau ortu kalian pas-pasan apa gak kasihan tuh lulus cuma dapat IPK di bawah 3.0?

Kuliah 4 - 5 tahun itu kalau dihitung-hitung bisa puluhan hingga ratusan juta loh guys. UKT tiap smester, SKS, kendaraan bermotor, biaya KKN, biaya harian, UANG ROKOK, dan biaya-biaya lainnya.

Sayang banget kalau dalam 5 tahun di kampus habis puluhan hingga ratusan juta tapi cuma dapat IPK di bawah 3.0
Mau usaha???
Kasihan ortu kalian harus carikan modal lagi buat usaha kalian setelah lulus kuliah.

Mau kayak Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg?

Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg itu 3 banding ratusan juta mahasiswa. Nggak semua manusia bisa seperti mereka emoticon-Big Grin

Ayolah!
Realistis Realiistis Realistis!!!
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
transfer aja ke universitas monas, biar langsung jadi alumni

Protes Aturan Berorganisasi, Demo Mahasiswa UBB Ricuh di depan Rektorat

tiap taun reuni berkali kali, cukup siapkan infaq terbaik anda
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh kureno23q
Serius Ini berita? Di tengah virus outbreak?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ngampus itu
senin nyari cewe
selasa disamperin
rabu ngajak makan
kamis ngajak nonton
jumat h2h
sabtu ngehe ngehe
minggu tidurrrrr


emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
wow mahasiswa yang idealis
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kuliah jaman now aturannya makin ketat ya emoticon-Smilie
Semoga yang terbaik.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di