CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kabar Baik dari Peneliti soal Virus Corona di Indonesia, Semoga Saja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e735f0ac8393a60dd33b1b1/kabar-baik-dari-peneliti-soal-virus-corona-di-indonesia-semoga-saja

Kabar Baik dari Peneliti soal Virus Corona di Indonesia, Semoga Saja

Kabar Baik dari Peneliti soal Virus Corona di Indonesia, Semoga Saja

jpnn.com, BANDUNG - Peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) memprediksi wabah virus Corona atau COVID-19 di Indonesia akan berakhir pada pertengahan April 2020.
Direktorat Humas dan Publikasi ITB dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, berdasarkan hasil simulasi dan pemodelan sederhana dapat disimpulkan bahwa Indonesia akan mengalami puncak jumlah kasus harian COVID-19 pada akhir Maret dan berakhir pertengahan April 2020, dengan kasus harian baru terbesar berada di angka sekitar 600.

“Tentu perlu dicatat, ini adalah hasil pemodelan dengan satu model yang saya rasa cukup sederhana dan sama sekali tidak mengikutkan faktor-faktor yang kompleksitasnya tinggi,“ ujar Nuning Nuraini, salah satu tim peneliti pada Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) ITB seperti dilansir Antara, Kamis (19/3).

Nuning mengatakan, penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh kasus COVID-19 di Indonesia yang menjadi bagian dari pandemi global dan telah melahirkan berbagai riuh rendah serta kontroversi apakah tindakan yang diambil telah cukup untuk menangkal penyebaran lebih lanjut, atau kah terlampau berlebihan.

"Dalam penelitian ini, kami berusaha menjawab pertanyaan mendasar tentang epidemi yang sedang terjadi saat ini di Indonesia melalui suatu model matematika sederhana," ujar Nuning.

Dalam penelitian yang menjadi jurnal ilmiah tersebut, Nuning dengan tim membangun model representasi jumlah kasus COVID-19 dengan menggunakan model Richard’s Curve karena sesuai dengan kajian Kelompok Pemodelan Tahun 2009 yang dibimbing oleh Prof Dr Kuntjoro A Sidarto.

Model tersebut terbukti berhasil memprediksi awal, akhir, serta puncak endemi dari penyakit SARS di Hong Kong tahun 2003. Model Richard’s Curve terpilih ini lalu mereka uji pada berbagai data kasus COVID-19 terlapor dari berbagai macam negara, seperti Tiongkok, Iran, Italia, Korea Selatan, dan Amerika Serikat, termasuk data akumulatif seluruh dunia.

Ternyata, secara matematik, ditemukan bahwa model Richard’s Curve Korea Selatan adalah yang paling cocok, atau memiliki kesalahannya kecil untuk disandingkan dengan data kasus terlapor COVID-19 di Indonesia jika dibandingkan dengan model yang dibangun dari data negara lain. Kesesuaian itu terjadi saat Indonesia masih memiliki 96 kasus.


“Jadi, bisa dikatakan, jika kita punya penanganan yang mungkin sama, sesuai dengan publikasi yang ada dengan Korea Selatan, tanpa memasukkan faktor kompleksitas lainnya seperti temperatur lingkungan, kelembapan, dan lain-lain seharusnya kita bisa mendapat kesimpulan yang sama persis dengan apa yang ditulis pada publikasi kami," kata dia.

Namun, menurut Nuning, hal tersebut bukan merupakan perkara mudah.
“Korea Selatan itu kan salah satu dari beberapa negara di dunia yang paling baik penanganan kasus COVID-19-nya. Ini waktu terus berjalan, tentu sulit untuk bisa persis seperti mereka, tetapi, setidaknya, dari tulisan ini kita bisa mengetahui bahwa Indonesia perlu melakukan sesuatu untuk tetap berada dalam tren yang baik," kata Nuning.


Oleh karena itu, bagi Nuning, merujuk pada model yang dibangun, termasuk faktor-faktor yang krusial, perlu dilakukan pencegahan dari meluasnya penyebaran COVID-19.

“Tingkat penyebaran yang tinggi akan memberatkan rumah sakit karena tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung pasien COVID-19 sehingga krusial sekali bagi kita untuk menjaga laju penyebaran tetap ada di dalam kontrol kita," kata Nuning mengusulkan jika belum bisa dihilangkan sepenuhnya. (antara/jpnn)

Sumber : [url]https://www.jpnn.com/news/kabar-baik-dari-peneliti-soal-virus-corona-di-indonesia-semoga-saja [/url]

====================================================

Sebulan lagi gan..
Mudah-mudahan prediksinya ga melenceng-lenceng amat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Marketing bombastis
profile-picture
Habibananasuper memberi reputasi
ini peneliti yang memprediksi dari jurusan matematika ya? lagian masih banyak faktor lain yang mempengaruhinya kok.
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan darck91 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hampir sama dengan solusi banjir wan aibon


Mau bebas banjir nungguin musim kemarau aja


GIF
profile-picture
darck91 memberi reputasi
Kirain penelitian tentang vaksin Anti Corona..emoticon-Traveller
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Gimana itu model matematisnya? Udh masukin variabel kedunguan rakyat +62 belom? Udh masukin variabel kecepatan tindakan pemerintah belom? Udh memasukkan variabel kemungkinan datangnya secondwave belom? emoticon-Takut

Tapi moga2 bener sih prediksinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh boringman
Lihat 2 balasan
ah mosok sihKabar Baik dari Peneliti soal Virus Corona di Indonesia, Semoga Saja
semoga wabah virus corona lekas berlalu
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan Abc..Z memberi reputasi
coba hasil ramalan pak ndul mudah2n lbh cepet
Ane suka banget analisa teknikal kek gini
bisa jadi.. mungkin virus nya mulai jenuh
Indonesia ini banyak faktor lain yg gk bisa prediksi pakai pemodelan
fitur cruise control pada mobil saja gak berlaku di jalan tol Indonesia
klo gw bisa sih sebenernya sebulan harus di manfaatin bener2 ama si virus yg doyan orang tua ini, utk bisa maksimal, virus2 ini di butuhkan utk regenerasi pemimpin bangsa indonesia, leader2 yang ada sekarang banyak yang udah bekarat dan mental maling, makin tua makin rajin nyolongnya emoticon-Busa

yg begini2 jejelin corona, bagus itu.... emoticon-Cendol (S)

saatnya boomer utk naik emoticon-army
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Musim nya juga mau kemarau kan, sekarang siang sering nya puanas
Kog ane pesimis yah sama hasil penelitiannya. Kalo pake variabel yg sama dgn korsel kurang relevan utk disini.
cm berharap musim kemarau... moga2 bner abis coronanya
mudah2an bener, tapi tetep waspada dalam artian jaga kesehatan, jangan kumpul2, jangan pelesiran.. kasih waktu untuk dunia medis dan pemerintah untuk nangani ini, peran minimal kita nahan penyebaran virusnya sampai ada solusi untuk ngobatinnya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 3 lainnya memberi reputasi
nanti pas mudik2an akan rata
butuh antivirusnya juga tapi
ya kalau harapan ane malah lebih cepat lagi berakhirnya
ada yg inget Norman Kamaru?
*mungkin mksd dia corona itu mirip2 norman kamaru, semakin cepet dia viral semakin cepet pula dia pudar
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di