CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rupiah Tembus Rp16.000 per Dolar AS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e73530a365c4f58940b9996/rupiah-tembus-rp16000-per-dolar-as

Rupiah Tembus Rp16.000 per Dolar AS

Rupiah Tembus Rp16.000 per Dolar AS

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat telah menembus Rp16.000 per dolar AS. Itu bisa dilihat berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang dipatok perbankan sebagai kurs jual. 

Kurs Bank Mandiri misalnya, mematok harga jual dolar sebesar Rp16.150 dengan harga beli sebesar Rp15.850. Sementara itu, Bank Central Asia mematok harga jual dolar sebesar Rp16.150 sedangkan harga beli Rp15.950.

Meski begitu, jika dirujuk berdasarkan data di pasar spot, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih bergerak dikisaran Rp15.380-15.405 per dolar AS. Melemah dikisaran 1,23 persen dari data penutupan perdagangan kemarin.

Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede menjelaskan, pasar keuangan regional cenderung terkoreksi karena investor global mengurangi modalnya dari pasar keuangan negara berkembang dan masuk ke safe haven asset termasuk dolar AS. Tidak terkecuali rupiah Indonesia.

"Potensi perlambatan ekonomi global yang cukup signifikan yang diikuti probabilitas pelaku pasar global bahwa resesi global mendorong investor global untuk memegang cash dollar AS," kata dia melalui pesan singkat, Kamis, 19 Maret 2020.

Selain itu, dia menegaskan, pelemahan yang terjadi terhadap rupiah juga dialami oleh mata uang negara-negara lain, misalnya, berdasarkan tahun berjalan, pelemahan rupiah sebesar 9,5 persen terhadap dolar AS, bath Thailand 9 persen, dolar Singapura 6,9 persen dan ringgit Malaysia 6,7 persen.

"Di tengah koreksi di pasar keuangan global dimana investor asing cenderung keluar dari pasar keuangan domestik, kita perlu mendorong supaya investor domestik juga masuk ke pasar keuangan baik saham dan obligasi untuk membatasi koreksi lebih lanjut yang berikutnya dapat membatasi pelemahan rupiah lebih lanjut," tuturnya.

Ia menambahkan, "Selain itu bagi masyarakat, diharapkan tidak perlu panik dan tidak bertindak spekulatif apalagi sebagian masyarakat memiliki pendapatan dan pengeluaran dalam rupiah sehingga tidak terpengaruh langsung terhadap masyarakat," kata Joshua.

https://www.viva.co.id/berita/bisnis...u-kecil-sulbar

Oooowwh Udah 16000 Ribu Toh...
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
astajim emoticon-Kagets
salah wanabud coba, si nganu jd presiden dolar bisa 10 rb
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
karena ketidakpercayaan dunia pada sikap indonesia dalam menangani virus corona kah? serius nanya
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan Aparatkaskus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waduh...
USA Pley here
Rupiah Tembus Rp16.000 per Dolar AS

NEGARA TROPIS LAH, DILINDUNGI LAH, TENTARA OWOH LAH
DOA GA BIKIN LO KEBAL CORONA JEMBHUTTT
TAI LEDIG
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azluriver dan 2 lainnya memberi reputasi
Wow..meroket sekali
tidak apa-apa
Cepet banget udh 16.000 aja, mudah2an nggak tembus sampe 20.000
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Waduuuh semoga lekas sembuh Indonesia 😭😭😭
Asu topup game makin mahal. Harusnya Google ini subsidi lah kek Steam. Steam ini itungannya kayak make rate dolar cuma enam sampe sembilan ribu doang buat game-game nya, kecuali mgkn yg triple A.

Inilah kekurangan Indonesia, ga punya bargaining power, harusnya bisa melindungi konsumen dan gamer Indo spt di China yg justru yg jual lah yg pada merengek-rengek pengen masuk, tapi itu jg krn mereka self sustain apa2 bikin sendiri. Negara kita bisa dibilang cuma mentingin diri sendiri yg penting mereka bayar pajak , sudah. Tapi gak bisa memikirkan value dan biaya yg dikeluarkan konsumennya. Kayak imbas dari kenaikan dolar gini, ini kan sesuatu yg mubazir apalagi kl untuk hiburan.
Diubah oleh donal.duck.
SEPI DARI KODOX
tinggal 800 perak lagi
ayo semangat korupsinya
Kodooxxxxx
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Saya masih nunggu yang bilang ini masih sangat aman emoticon-Ngakak Kalau belum 20000 sih
mantap pak de
profile-picture
ladahitam46 memberi reputasi

BI Catat Kurs Rupiah Jual Rp16.354/USD

JAKARTA - Kurs Rupiah terperosok sangat dalam pada hari ini. Rupiah menembus level Rp16.000 per USD.

BI mencatat kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Rupiah berada di posisi Rp16.273 per USD pada hari ini, Jumat 20 Maret 2020.

Nilai Rupiah ini mengalami pelemahan yang signifikan dibandingkan periode perdagangan kemarin, Kamis 19 Maret 2020 yang berada di posisi Rp15.712 per USD.

Sementara itu, kurs transaksi BI mencatat kurs beli di level Rp16.191 per USD. Sementara kurs jual di Rp16.354 per USD.

Investor tampaknya tengah mengincar dolar AS sekarang ini. Dolar AS dinilai lebih aman ketimbang instrumen lainnya.

"Dolar AS masih menjadi safe haven karena dinilai sebagai aset lindung nilai di saat kondisi seperti ini," kata Ekonom Bank Mandiri Reni Eka Puteri kepada Okezone.

https://economy.okezone.com/read/202...l-rp16-354-usd

Lanjutkan.....


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di