CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Presentase Kematian Corona Indonesia Tertinggi di Dunia, Ini Kata Ahli
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7340148d9b17360e085221/presentase-kematian-corona-indonesia-tertinggi-di-dunia-ini-kata-ahli

Presentase Kematian Corona Indonesia Tertinggi di Dunia, Ini Kata Ahli

KOMPAS.com - Angka pasien positif Covid-19 di Indonesia kemarin (18/3/2020) mencapai 227 kasus dengan 19 kematian dan 11 pasien sembuh.

Jumlah tersebut mengejutkan masyarakat, apalagi Indonesia disebut sebagai negara dengan presentase kematian tertinggi yaitu mencapai 8,37 persen, melebihi Italia yang 8,34 persen.

Melihat presentase kematian seperti itu, Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH, merasa tidak terkejut.

Menurut dia, permasalahan utamanya adalah besar kemungkinan Indonesia mengalami under-diagnosis. Bila lebih banyak kasus bergejala ringan ditemukan, tentu presentase kematian akan menurun.

Jadi, ada kasus infeksi Covid-19 yang tidak terdeteksi atau terdiagnosis. Mungkin karena sakitnya ringan, mungkin karena RS atau dokternya belum aware kalau itu kemungkinan Covid-19, dan sebab lain. Sebagian di antara yang tidak terdiagnosis ini juga mungkin meninggal," kata Panji saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Oleh sebab itu, menjadi besar kemungkinan angka dipenyebut atau jumlah kasus terlalu kecil, sehingga presentase kematian dengan jumlah kasus menjadi tinggi angkanya.

Jadi proporsi yang meninggal saya rasa enggak setinggi itu. Dengan kata lain, angka kematian tinggi mungkin bukan karena virusnya lebih ganas, tapi kitanya yang kurang "ganas" mencari orang-orang yang sakit Covid-19," ujarnya.

Panji pun menambahkan bahwa pada saat ini, kita tidak mengetahui secara pasti dan terperinci tentang hal-hal atau indikator yang berkaitan, dan tidak ada angka yang benar bisa diandalkan.

Lantas, bagaimana prediksi tren angka kasus dan kematian mendatang di Indonesia?

Panji menuturkan bahwa tren ke depannya, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 akan meningkat, bahkan bisa jadi pesat jumlahnya.

Akan tetapi, perihal kematian, masih banyak faktor yang membuat angka prevalensi kematian akibat virus SARS-COV-2 ini terjadi.

Setidaknya Panji menyebutkan bahwa ada tiga hal yang bisa menjadi faktor kunci untuk menekan prevalensi kematian akibat Covid-19 ini.

Pertama, tergantung apakah kelompok yang punya risiko meninggal lebih tinggi akan banyak yang sakit, misalnya lansia.

Kedua, tergantung secepat apa pasien ditangani. Hal ini juga tergantung secepat apa Indonesia bisa mendiagnosis pasien. Semakin cepat terdiagnosis, maka kemungkinan kematian bisa dihindari semakin tinggi.

Ketiga, tergantung seberapa kewalahan sistem kesehatan Indonesia.

Sebagian pasien Covid-19 ini akan membutuhkan fasilitas khusus seperti ventilator dan perawatan di ruang ICU yang jumlahnya sangat terbatas. Jika pasien dengan kebutuhan ini tidak mendapatkan fasilitas lengkap itu, maka kemungkinan kematian juga tentu meningkat.

https://www.kompas.com/sains/read/20...ta-ahli?page=2

Dunia luar sudah mengingatkan jauh2 hari bre..
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
dari januari kita memang di harus kan utk GAMBliNg....karena smua langkah resiko nya sama besar...

ternyata kita tidak HOKI...

semangat bre..
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
pusat kurang sigap & tegas
penduduknya pun barbar
klop dah kombinasinyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan gabener.edan memberi reputasi

Takutnya ini fenomena gunung es

Yang belum tertangani lbh banyak, alat tes terbatas, kesadaran orang indo untuk jaga jarak & cuci tangan msh minim

Terlebih nih virus ibarat MLM, tiap 1 orang terjangkiti bisa menyebar ke puluhan orang dst

Sebulan 300, dua bulan bisa 3000 seperti italia
emoticon-Takut

profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Udah terima kenyataan aja walo pahit emang sistem kesehatan kita belum terlalu baik , yang kita bisa bantu nggak usah ke tempat2 yang berpotensi ada virus usahakan badan selalu sehat , dan siap2 kita sebagai rakyat menjadi relawan buat bantu yang bisa kita bantu klao makin lama nggak terkendali pasti akan kurang tenaga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan 2 lainnya memberi reputasi
itu krn angka kasus nya dikit bgt, besok naikin aja jadi 22.700 an otomatis angka kematiannya turun, begitu jg recovery nya kecil bgt emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
Quadpixel dan gabener.edan memberi reputasi
Negara-negara maju yang kesadaran hygene nya tinggi aja masih banyak yang kena. Apalagi Indonesia negara yang rata-rata penduduknya jorok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 2 lainnya memberi reputasi
Harus diakui kalo pemerintah kurang sigap soal hal ini. Feeling ane kasusnya bakal makin banyak lagi minggu depan. Semoga penanganannya tepat
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bantu dengan kita, keluarga dan teman kita tidak keluyuran, kapasitas rs kita sangat terbatas, jangan nambah2in kerjaan....penyakit yang butuh penanganan bukan hanya covid19 saja.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bajer2an terus gak ngomong solusi emoticon-Cape d...
Semua orang juga pusing enih
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan pejuang17 memberi reputasi
hidup mati di tangan tuhan
seandainya ga ada corona
mereka juga bakalan mati oleh hal lain

emoticon-Imlek emoticon-Imlek
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


Amit2. Semoga engga gan emoticon-Matabelo
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
gw prediksi 2 minggu lagi bakal ribuan orang kena kasus corona. semoga prediksi gw salah
Quote:


Amit2 bre emoticon-Takut
ane sih ngarepin persentase recoverynya bisa tinggi
Lihat 1 balasan
yg gak paham
alat deteksk aja ga beli

it kan kategori prefrentif
bilangny operasi senyap saking senyapny ga tau apa yg dkerjain
Nuruninnya ya cari banyak2 yg positif covid, pasti turun persentase fatality-nya.
Masih banyak faktor yg belum dipublish kayak sebaran umur dan riwayat penyakit sebelumnya.
Lihat 2 balasan
Pas awal2 menyepelekan. Katany org indonesia kebal, rajin wudhu n berdoa. Gw udah geleng2 kepala waktu menkes n wapres ngomong begitu. Akhirny pas kasusny meledak terpaksa ditutup2i dgn alasan menghindari kepanikan n agar tdk kehilangan muka tentuny. Masalahny satu, tingkat awareness org2 indonesia itu sangat rendah. Dgn menutup2i fakta sbnrny malah menyebabkan sebagian masyarakat jd sembrono n menyepelekan. Nanti pas korbanny udah terlanjur bnyk baru-lah mulai nyadar n kalang kabut.

profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan codimo memberi reputasi
Semoga cepat terselesaikan
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
Diubah oleh codimo
Ahli sudah berkata.
pemerintah sedari awal sudah sangat baik dalam mengantisipasi wabah virus corona
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di