CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cegah Corona, PGI Perintahkan Gereja Gelar Ibadah Virtual ke Jemaat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7335faa72768179d341944/cegah-corona-pgi-perintahkan-gereja-gelar-ibadah-virtual-ke-jemaat

Cegah Corona, PGI Perintahkan Gereja Gelar Ibadah Virtual ke Jemaat

Cegah Corona, PGI Perintahkan Gereja Gelar Ibadah Virtual ke Jemaat

PGI juga mengimbau kepada seluruh pimpinan gereja untuk dapat melaksanakan ibadah secara virtual agar menimimalisir penyebaran virus.

Suara.com - Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengajak masayarakat untuk menerapkan jaga jarak atau social distance karena merebaknya wabah virus Corona (Covid-19).
PGI juga mengimbau kepada seluruh pimpinan gereja untuk dapat melaksanakan ibadah secara virtual agar menimimalisir penyebaran virus.
Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom menuturkan untuk sekarang ini jemaat bisa memulai untuk mengurangi segala bentuk perjalanan, pertemuan dan pelbagai aktivitas di luar rumah yang tidak terlalu penting selama dua pekan depan.
"Sebagai persekutuan orang percaya, di satu sisi kita terpanggil untuk memperbanyak dan mempersering perjumpaan antarmanusia, termasuk persekutuan ibadah, di rumah dan di Gereja. Namun di sisi lain, kita juga memiliki tanggung jawab untuk ikut menghentikan penyebaran Covid-19 ini," demikian seperti yang dikutip dari siaran pers PGI di situs www.pgi.or.id pada Rabu (18/3/2020).
Pendeta Gomar lantas mengimbau kepada pimpinan-pimpinan Gereja untuk mengubah bentuk peribadahan yang semula harus di gereja namun kini mesti dilakukan di rumah masing-masing.
Dengan kecanggihan teknologi, peribadahan bisa dibantu dengan media sosial ataupun alat digital lainnya.
"Kita harus dapat menilai penyelenggaraan ibadah di rumah masing-masing, sebagai juga persekutuan ibadah yang tak kurang nilainya dengan persekutuan ibadah di Gereja, terutama di tengah masalah nyata yang sedang kita hadapi kini," ujarnya.

Karena adanya imbauan untuk tetap beraktivitas di rumah, Pendeta Gomar pun menjelaskan kalau jemaat bisa melakukan aktivitas seperti berbincang bersama keluarga hingga berdoa. Menurutnya, momen tersebut berharga karena menjadi kesempatan bagi keluarga untuk berkumpul.
Lalu, apabila masih ada gereja yang tetap melakukan aktivitas seperti biasa, maka PGI mengimbau untuk terlebih dahulu melakukan penyemprotan disinfektan di ruang ibadah sebelum digunakan. Kemudian setidaknya harus ada fasilitas cuci tangan dengan air mengalir serta sabun antiseptik.
Tidak lupa, PGI juga meminta adanya penyediaan pembersih tangan atau hand sanitizer dan alat pengecek suhu tubuh di pintu gereja.
PGI juga mengimbau kepada jemaat untuk tidak melakukan kontak langsung dan menggantinya dengan salam tanpa bersentuhan apabila hendak menyapa. Di dalam gereja pun sedianya para jemaat bisa mengatur jarak dengan jemaat lain agar tidak berkerumun.
"Pemberian persembahan yang umumnya menggunakan kantong kolekte sebaiknya diganti dengan pemberian ke kotak khusus yang diletakkan sesuai aturan masing-masing Gereja untuk memudahkan lalu lintas umat yang akan memberi persembahannya," tuturnya.
"Demikian pula dalam penghitungan persembahan seusai ibadah, sebaiknya para petugas menggunakan sarung tangan sekali pakai dan tidak mengusap seputar wajah selama proses penghitungan, sebelum mencuci tangan dengan bersih."

https://www.suara.com/news/2020/03/1...ual-ke-jemaat



Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis : Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu. " Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"
Matius 4:5-7


profile-picture
profile-picture
profile-picture
capt.sabaru dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buncitbubar
Langkah yg baik..
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
bagus.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
subannalloh emoticon-Nyepi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Tidak sedikit yang masih suka mencobai Tuhan dengan tetap memaksakan diri menyelenggarakan/mengikuti pertemuan2 ibadah yang dihadiri banyak orang emoticon-linux2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Ada perdebatan ibadah harus ke gereja kagak yaemoticon-Leh Uga
baguslah.
kalo bisa selamanya
profile-picture
indomerahputih memberi reputasi
Lihat 2 balasan
perasaan ini agama umatnya kalo dibilangin lebih nurut kagak ngeyelan kayak toko sebelah emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Quote:


Ke gereja klo ga tatap muka mana enak... Ga bisa liat yg minim2...
Lihat 2 balasan
Quote:


Yg ketutup rapat tinggal mata aja disikat ......
Beda ya sama warung sebelah. Ada gk ada jin tetep kesurupan
Lihat 1 balasan
ya, tinggal bikin Live "Sunday Service" via youtube spt yg sdh rutin tayang dari US, UK, AU.. Indonesia ada tp msh dikit / recorded spt GKI Solo
Nanti perpuluhannya bijimane dong?

emoticon-Blue Guy Bata (L)

Lihat 2 balasan
bagus nih..
himbauan yang baik
Quote:


Quote:


Quote:


Cegah Corona, PGI Perintahkan Gereja Gelar Ibadah Virtual ke Jemaat


GIF
Quote:


jelas ada.. tapi sekedar perdebatan internal.. gak sampai seheboh seperti "tetangga" emoticon-Ngakak

Quote:


bisa scan qr code, transfer, dll
haiyyaaa, ibada virtual pake vpn gak? wa cara setting ipnye pegimane tuh. haiyyyaa, puji astutu, halilintar, dhuarrr.
Quote:


Hanya org goblok yg bisa sange liat org sholat dg pakaian tertutup bahkan muka aja ga jelas cantik atau jekeknya bs konak...
Lagian... Laki2 kan didepan... Gmn cara liat nya.. Plus ada tirai pulak...
Quote:


Satu kelakuan yg sangat jarang lo temuin... Disamakan dg kelakuan yg hampir selalu lo temuin di gereja...
Quote:


Halilintar, puji tuhan dhuar. Ibadah di geleja emang asyik, bapa yesus pastor wisa ngeliat paha cina waaa. Haiyyya puji tuhan.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di