CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
7 Negara Dengan Hutan Terluas Di Dunia, Indonesia Diurutan Berapa ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e72ea060577a9462840072f/7-negara-dengan-hutan-terluas-di-dunia-indonesia-diurutan-berapa

7 Negara Dengan Hutan Terluas Di Dunia, Indonesia Diurutan Berapa ?

Hai... agan agan sekalian, berjumpa lagi dengan saya emoticon-Hai

Keberadaan hutan sangatlah penting dalam menyokong semua aspek kehidupan di Bumi kita ini. Hutan memegang perang penting dalam menjaga kadar oksigen dan karbondioksida di bumi supaya tetap stabil. Hutan juga menjadi rumah dari berbagai macam flora dan fauna di bumi. Keberadaan hutan juga dapat menopang kehidupan manusia, menyediakan kebutuhan manusia dalam hal ekonomi, sosial dan budaya. Di berbagai negara di bumi ini, menyimpan berbagai keankaragaman hayati didalamnya, termasuk salah satunya dalam hal luas hutan. Dari sekian banyaknya negara di dunia, tujuh diantaranya masuk kedalam daftar negara dengan hutan terluas di dunia. Negara mana saja itu ? emoticon-Thinking Langsung saja cekidot... berikut adalah daftarnya.emoticon-thumbsup

1. Rusia
Quote:


Sudah hal yang wajar jika Rusia menempati posisi pertama dalam hal luas hutan. Luas wilayahnya saja mencapai 17.098.242 km mencakup dua benua. Karena luas wilayah itu, Rusia juga memiliki hutan seluas 7.762.602 km[sup]2 [/sup]membentang dari Karelia dekat perbatasan Finlandia hingga jauh ke timur disemenanjung Kamchatka. Hutan Rusia yang luas tersebut dipenuhi dengan berbagai satwa liar yang unik dan endemik seperti beruang coklat, serigala, lynx, beruang kutub, babi liar, ular berbisa, hingga Laba laba Karakurt yang merupakan laba laba paling berbisa terbesar di dunia. 

2. Brazil
Quote:


Brazil dikenal memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia, hutan Amazon. Hutan Amazon menyimpan berbagai macam satwa liar yang ganas dan berbahaya seperti ikan piranha, Boa dan ular anaconda. Hutan Amazon juga menjadi rumah bagi 40.000 spesies tanaman dan 1.600 spesies burung. Di pedalaman hutan Amazon juga menjadi tempat tinggal suku-suku pedalaman asli Amerika selatan yang belum terpengaruh teknologi modern. Luas hutan di Brazil secara keseluruhan mencapai 4.776.980 km[sup]2 [/sup]. Karena luas hutannya tersebut Brazil menduduki posisi ke dua sebagai negara dengan wilayah hutan terluas di dunia.

3. Kanada
Quote:


Kanada merupakan negara dengan wilayah hutan terluas ke tiga di dunia dengan luas mencapai 3.101.340 km[sup]2 [/sup]. Hutan di Kanada menopang berbagai aspek kehidupan masyarakat didalamnya, seperti perekonomian, sosial dan budaya. Sebagai negara maju, pemerintah Kanada selalu berusaha untuk menjaga kelestarian ekosistem hutan. Hal ini ditunjukkan dengan menetapkan 96% hutan di Kanada sebagai hutan milik publik, dan sisanya dikelola pihak swasta. Dengan demikian akan dapat mengurangi kerusakan hutan akibat penebangan dan pembabatan liar.

4. Amerika
Quote:


Amerika Serikat menempati urutan ke empat dengan total keseluruhan luas hutan mencapai 3.030.890 km[sup]2 [/sup]. Sebenarnya luas hutan tersebut telah jauh berkurang semenjak era kolonialisai dimulai. Pada abad ke-17 ketika para kolonial datang ke Amerika Utara, mereka mulai membabat habis dan melakukan penebangan hutan seluas 120.000.000 hektar untuk kemudian dibangun lahan pertanian, pos perdagangan dan pemukiman penduduk. Karena pembabatan hutan tersebut, banyak hewan khas Amerika telah punah.

5. China
Quote:


Berbeda dengan negara Amerika, hutan di China justru mengalami perluasan setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan pemerintah benar benar menggalakkan program khusus perluasan hutan. Menurut data yang diperoleh Food and Agriculture Organization (FAO), dimulai dari tahun 1990 dengan luas hutan 157.000.000 hektar, kemudian pada tahun 2005 luas hutan Cina telah menjadi 197.000.000 hektar. Meskipun data terbaru luas hutan China secara keseluruhan belum diumumkan. Tapi pada tahun 2020 ini pemerintah China telah menargetkan perluasan hutan bertambah 40.000.000 hektar.

6. Republik Demokratik Kongo
Quote:


Jika dibandingkan dengan beberapa negara sebelumnya, luas daratan Kongo tidaklah seberapa, sekitar 2.344.858 km[sup]2 [/sup]persegi saja. Tetapi jangan salah, dengan luas daratannya tersebut, nyatanya Kongo memiliki hutan seluas 1.819.326 km[sup]2 [/sup]loh. Atau dapat dikatakan lebih dari setengah wilayah Kongo merupakan hutan lebat dengan rata rata pohon berukuran besar. Meskipun begitu karena gejolak politik dan perekonomian yang kurang stabil, membuat hutan Kongo rentan terjadi pengerusakan dan penebangan liar. 

7. Australia 
Quote:


Hutan di negeri Kanguru ini, kian hari kian menyusut. Hal ini disebabkan karena kebakaran hutan hebat yang terus melanda diberbagai wilayah di Australia. Total keseluruhan hutan Australia terakhir kali tercatat seluas 1.470.832 km2. Hutan Australia menjadi rumah dari berbagai spesies hewan endemik dan lucu, seperti Koala, Kanguru, ekidna, wombat dan Quoka. Pastinya sungguh disayangkan jika hutan di Australia terus mengalami penyusutan akibat kebakaran hutan.

Di atas adalah daftar ke tujuh negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Wah... sayang sekali ya..Indonesia belum masuk daftar di atas. Meskipun begitu kita harus tetap bersyukur dan bangga, Indonesia masih memiliki hutan yang cukup luas dengan keanekaragaman hayati didalamnya. emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace

Sumber penulisan: https://ilmugeografi.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 6 lainnya memberi reputasi
First!!!emoticon-thumbsup
kalo di indo mah.. hutan hutan pada dibabat habis oleh oknum" buat keperluan ini lah... itu lah.. apalagi sekarang didaerah sumatra hutan udah menyusut banyak
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Indo nomor berape ye ? emoticon-Bingung setau ane, ane pernah baca kalau indo diurutan ke sembilan
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di