CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Lockdown Hari Pertama di Malaysia Melawan Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e72dbaf9a972e6eff0973ab/lockdown-hari-pertama-di-malaysia-melawan-corona

Lockdown Hari Pertama di Malaysia Melawan Corona

Lockdown Hari Pertama di Malaysia Melawan Corona
Ilustrasi (Foto: AP Photo)

Jakarta - Malaysia mulai menerapkan kebijakan lockdown di negaranya guna menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). Bagaimana situasi Malaysia setelah menerapkan lockdown?

Ternyata situasi lockdown di Malaysia tidak mencekam seperti yang dibayangkan. Bayangan kita lockdown itu, Malaysia akan seperti kota mati yang warganya hanya beraktivitas di rumah, ternyata tidak. Sejumlah masyarakat masih ada yang keluar dan beraktivitas di luar.

Di salah satu tempat makan di Penang, menurut laporan media lokal The Star, masih ada banyak orang yang menunggu pesanan makanan dengan beberapa sibuk mengobrol soal larangan pergerakan di Malaysia.

Di beberapa restoran juga masih ada yang mengantre untuk membeli makanan meskipun food court itu tidak menyediakan meja dan kursi untuk makan di tempat. Padahal, otoritas Malaysia secara resmi memberlakukan perintah pengendalian pergerakan atau movement control order (MCO) mulai Rabu (18/3) hingga 31 Maret di seluruh wilayahnya.

Selain mengantre di restoran, sejumlah warga Malaysia juga terpantau di tempat jogging dan di taman yang ditutup sementara. Seperti di Taman Metropolitan di Kuala Lumpur.

Beberapa taman di Malaysia ditutup untuk dua minggu. Pihak Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) juga telah memasang pemberitahuan.

DBKL telah memasang pemberitahuan bahwa 13 taman publik di Kuala Lumpur, juga perpustakaan umum, ditutup sementara. Namun pada Rabu (18/3) pagi, masih ada warga yang berjalan santai dan jogging di area taman.

Sebagaimana diketahui, Malaysia telah mengkonfirmasi 673 kasus virus Corona di wilayahnya, dengan dua orang meninggal dunia. Jumlah ini merupakan yang terbanyak di kawasan Asia Tenggara. Sebagian besar kasus virus Corona di Malaysia diyakini berkaitan dengan acara tablig akbar di sebuah masjid di Sri Petaling, Kuala Lumpur.

Dewan Keamanan Nasional (NSC) dalam pernyataannya mengimbau warga tetap tinggal di rumah dan tidak pergi keluar kecuali untuk kebutuhan penting selama MCO diberlakukan dua pekan ke depan. NSC juga menyarankan warga Malaysia mempraktikkan social distancinguntuk meminimalisasi risiko terinfeksi virus Corona.

"Untuk meningkatkan efektivitas perintah pembatasan pergerakan, publik disarankan tetap di rumah setiap waktu kecuali memenuhi kebutuhan dasar," imbau NSC, seperti dilansir Malay Mail.


Malaysia

Indonesia kapan ?
Nunggu yang positif 10.000 ?
Atau nunggu korban berjatuhan diangka 1000 ?
Semoga semua sehat selalu
profile-picture
kutil75 memberi reputasi
Diubah oleh gethighwithme
nunggu ada yg tumbang dijalanan kayak di wuhan baru sadar pemerintah kita
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Udah mulai ada warga yg cuma batuk dan demam aja tiba2 meninggal kok, tapi lockdown juga percuma kalo lihat sikon masyarakat Indonesia yg super degil...
Diubah oleh mewtwo68d
Lihat 1 balasan
Lock down kl diindo malah jadi ajang kerusuhan & penjarahan
untuk indonesia kelihatannya sulit.

karena siapa yang mau garansi pasokan makanan untuk masyarakat per keluarga dan per orang tetap terjamin?
kalau sampai keluar rumah pun gak boleh gimana mau mendapatkan makanan walaupun punya uang simpanan ?
belum kalau listrik pulsanya habis, gelap gulita. mau beli pulsa apakah toko-toko atau gerainya pada buka ?

serba salah kalau mau diterapkan di indonesia. banyak hal yang mesti dipertimbangkan dan dipersiapkan lebih dulu kepastiannya.

emoticon-Traveller


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di