CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e72d02b88b3cb28da0130a9/tips-pintar-kurangi-bangun-kesiangan-kaum-rebahan-masuk-sini

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini



Assalamualaikum GanSis!


Hai! Apa kabarnya hari ini GanSis? Semoga GanSis selalu dalam keadaan sehat dan bisa berjumpa lagi dalam thread terbaru Ane, ya. Kali ini, Ane mau bahas tentang kebiasaan bangun kesiangan, nih. Siapa yang biasa melakukan hal ini? Kebiasaan ini, umumnya sering terjadi saat hari-hari libur, ya. Kalo weekend, rasanya mau bangun itu agak sulit. Kasur serasa kaya ada lemnya, jadi susah banget buat bangun. Namun, ternyata kebiasaan ini merupakan tanda GanSis ada gejala gangguan kesehatan, loh. Kira-kira, gangguan kesehatan yang seperti apa? Simak ulasan tips pintar kurangi bangun kesiangan! Kaum rebahan masuk sini.


Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Dysania adalah keadaan yang membuat seseorang kesusahan bangun dari tempat tidur. Biasanya, bangun kesiangan ini juga bisa disebabkan oleh adanya faktor kelelahan. Namun, bangun kesiangan juga bisa jadi tanda adanya Dysania ini. Dysania dapat terjadi, saat kondisi kesehatan jiwa atau psikologis orang sedang terganggu. Sebenarnya, dysania tidak bisa dihilangkan total, tapi GanSis bisa menguranginya dengan sejumlah trik pintar berikut ini. Yuk, cek-cek di bawah!


1. Waktu tidur yang cukup

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Kebanyakan orang sering mengaku sudah tidur dalam jangka waktu yang panjang, tapi ternyata masih ngantuk juga. Hal ini bisa terjadi karena waktu tidur yang kurang berkualitas cantik. Oleh karena itu, tidur dengan waktu yang cukup itu penting agar mendapat tidur yang berkualitas cantik. Waktu tidur yang tepat untuk orang dewasa berkisar antara 7-9 jam. Dengan waktu tidur yang cukup ini, akan memungkinkan GanSis kembali segar dan siap beraktivitas lagi.

2. Susun kamar sampai menarik dan nyaman

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Saat kita tidur dan istirahat, pasti butuh tempat yang nyaman. Jadi, sangat disarankan untuk menghias dan selalu rapikan kamar agar tetap bersih. Hal ini dilakukan agar dapat tidur yang nyenyak juga. Pastikan pula, temperatur udara kamar sejuk dan tidak terlalu panas agar lebih nyaman. Selain itu, sebelum tidur cobalah untuk redupkan penerangan kamar dan meminimalkan suara agar dapat beristirahat dengan tenang.

3. Jauhi HP dan TV sebelum tidur

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Ketika menjelang tidur, hindari seluruh perangkat elektronik seperti, HP, tablet, laptop, dan TV. Aktivitas bermain HP ataupun nonton TV sebelum tidur berpotensi membuat seseorang susah masuk ke alam mimpi. Sehingga, pada akhirnya pola tidur pun jadi tidak teratur.

4. Jauhi pemakaian kafein, alkohol, dan nikotin

Sebisa mungkin, jauhi mengonsumsi kafein, alkohol, dan nikotin, khususnya ketika sore atau malam hari sebelum tidur. Kandungan benda-benda tersebut dipercaya dapat menurunkan kualitas tidur yang baik. Sehingga pengguna akan berakhir merasakan kelelahan di pagi harinya.

5. Jangan menunda-nunda waktu

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Biasanya orang akan set alarm agar bisa bangun tepat waktu. Namun, tak sedikit yang akan mematikan alarm setelah berbunyi dan kembali tidur lagi. Setelah jeda 5-10 menit, maka alarm akan berbunyi lagi. Ingat pepatah tentang waktu? Waktu adalah emas. Itulah pepatah yang sering dikatakan orang-orang sukses. Jika mau sukses, maka hargailah waktu itu sendiri. Jadi, kebiasaan seperti menunda-nunda waktu, jelas akan mengakibatkan seseorang itu merugi. Misalnya saja dari hal kecil seperti bangun tidur ini. Kebiasaan seperti ini, akan memicu seseorang selalu menunda melakukan hal baik lainnya.

6. Hidangan sarapan favorit atau spesial

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Setelah tidur semalaman pasti perut akan terasa kosong dan lapar. Oleh karenanya, penting sekali untuk coba menyusun dan membuat menu sarapan favorit terspesial. Metode ini, bisa dicoba agar GanSis dapat segera bangun dari kasur untuk menyicipi makanan favorit. Jadi, seseorang biasanya akan lebih bersemangat untuk bangun.

7. Terapkan pola hidup yang sehat

Pola hidup sehat sangat penting untuk diterapkan. Metode awal ialah dengan cukupi keperluan cairan tubuh. Metode ini penting agar tubuh tidak dehidrasi. Sehingga akan membuat kualitas tidur GanSis lebih bagus. Kemudian metode selanjutnya, ialah jangan memakan makanan yang membuat GanSis kelebihan kandungan gula dalam tubuh.

8. Olahraga rutin

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Kegiatan olahraga rutin sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Aktivitas olahraga akan membuat tubuh menciptakan hormone serotonin. Hormon serotonin mempunyai tugas dalam badan yakni mengatur tidur, nafsu makan, dan mood tetap bagus. Namun, jangan olahraga berlebihan juga sesaat menjelang tidur sebab ini bisa mengganggu jam internal tubuh GanSis.

9. Hadiahkan penghargaan setelah pencapaian

Tips Pintar Kurangi Bangun Kesiangan! Kaum Rebahan Masuk Sini


Nah, ini poin yang biasanya sering disepelekan banyak orang. Sebenarnya, memberi hadiah pada diri sendiri setelah pencapaian itu bagus. Saat sudah berhasil bagun pagi secara rutin, cobalah untuk rayakan pencapaian ini meski kecil. Bisa dimulai dari perayaan kecil seperti menyiapkan makanan yang lezat dan Bebaskan waktu untuk jalan santai di sore hari ke objek favorit.


Nah, itulah ulasan tentang tips pintar kurangi bangun kesiangan! Kaum rebahan masuk sini. Semoga dengan adanya trik ini bisa membantu GanSis mengatasi masalah Dysania, ya. Gunakan waktu sebaik mungkin agar bisa meraih mimpi lain yang belum tercapai. Siapa yang ada kebiasaan bangun kesiangan? Yuk, coret-coret di bawah!

Jangan lupa kasih emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Toast ya GanSis!


Nama Penulis: Fia Permatasari
Sumber Referensi: Ref 1 | Ref 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fiaperm
Halaman 1 dari 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fiaperm
Dysania bukanlah penyakit, melainkan gejala dari kondisi medis tertentu. Dysania akan  membuat seseorang enggan beranjak dari tempat tidur karena merasa lelah. Dysania bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, dan salah satunya adalah depresi.

Penyebab Dysania adalah sebagai berikut:

1. Depresi
2. Sindrom Kelelahan kronis
3. Anemia
4. Sleep apnea
5. Penyakit jantung


Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fiaperm
Gimana GanSis? Mau cobain tips di atas?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fiaperm
Quote:


Jauhi hp kayanya susah yaaa
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan fiaperm memberi reputasi
Quote:


Huum susah wkwk, padahal kalo yg baik itu minimal jauhi penggunaan HP 1 jam sebelum tidur
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Tipsnya bagus dan idealnya begitu..emoticon-Big Grin
Tapi susah utk hidup disiplin sesuai manajemen waktu..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan fiaperm memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pola hidup sehat itu penting gan
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan fiaperm memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalo belum dicoba, jangan bilang susah dulu. Hehe.. Udah coba belum gan?

Quote:


Iya, penting bgt. Selain mengurangi rasa malas bangun pagi, ia juga bagus menjaga tubuh agar tetap sehat kan ya?
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Diubah oleh fiaperm
Pejwan
Nomor 5 ane banget tuhemoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan fiaperm memberi reputasi
Tubuh lelah adalah bahan ngantuk terbaik
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan fiaperm memberi reputasi
Quote:


Halo gan emoticon-Smilie

Quote:


Wkwk, alarm bunyi rasanya pen matiin aja ya apalagi kalo weekend emoticon-Ngakak
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Quote:


Hehe iya gan, kalo lelah tubuh bawaannya ngantuk banget ya
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
klo baca kayaknya enak banget ya gan
tapi mah actualnya, paling cuma 2 atau 3 point aja yang sanggup dijalanin
emoticon-Ngakak

Tolong ane dibata, untuk bikin rumah gan ~
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
kurangi nonton film wikwik di malam hari yang bisa mengakibatkan letih di pagi hari emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan fiaperm memberi reputasi
Olahraga si jelasss bisa jadi solusi
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan fiaperm memberi reputasi
dysania=kesulitan bangun dari tempat tidur... tapi tips nomor dua kayaknya malah makin mendorong jiwa rebahan bergejolak ya? hahaha emoticon-Ngakak

btw, tips oke nih walaupun beda tipis sama tips menghindari insomnia..

insomnia bikin tidur telat, makanya bangun kesiangan.. masuk akal siih emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane malah pengen banget bisa bangun kesiangan emoticon-Hammer (S)
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Diubah oleh almara96
ane selalu bangun jam 4emoticon-Cool
tidur jam 9emoticon-Big Grin

BATA!
susah juga jauh dari hp haduh
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di