CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
TEKHNIK DAN METODE MEMASANG BAN SEPEDA MOTOR
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e72b8e8c0cad73fbe544b1e/tekhnik-dan-metode-memasang-ban-sepeda-motor

TEKHNIK DAN METODE MEMASANG BAN SEPEDA MOTOR

TEKHNIK DAN METODE MEMASANG BAN SEPEDA MOTOR

Assalamualaikum warrohmatulah wabbarakatuh.


Selamat berjumpa kembali dengan kami, alhamdulilah segala puji dan syukur kami dengan penuh bahagia dapat menyapa semuanya tentunya untuk memberikan informasi yang onovatif dan inspiratif seputar dunia outomotive sepeda motor dan pada pertemuan serta perjumpaan kali ini kami akan mengambil tema mengenai tekhnik dan metode dalam memasang ban  pada sebuah sepeda motor. Untuk lebih jelas mengenai semuai berikut informasinya.


baca juga : tekhnik membuka ban pada sepeda motor


Setelah proses membuka untuk mengganti atau menambal pada bagian ban dalam selanjutnya adalah proses memasang kembali ban tersebut dan pada proses memasang kembali ban pada sebuah sepeda motor sebaiknya harus ekstra hati hati  agar ban dalam yang sedang kita pasang tidak terjadi  luka dan membuat bocor kembali adapun untuk langkah dan tekhniknya tidak  jauk beda dengan tekhnik pada saat membuka ban sebuah sepeda motor hanya saja untuk pemasangan banyak hal hal yang harus di perhatikan serta di pahami agar nantinya hasilnya lebih maksimal serta berdampak di kemudian hari. Dan untuk hal hal yang perlu di lakukan dalam proses pemasangan ban dalam pada sebuah motor  adalah sebagai berikut.

A. Peletakan pada ban dalem.
Sebelum kita melakukan proses pemasangan ban dalam pada sebuah sepeda motor yang harus di perhatikan adalah dalam meletakan ban dalam pada bagian dalam sebuah ban luar caranya dengan memastikan ban dalam merata mengikuti alur tengah ban dalem sehingga tidak menekuk atau melipat pada ban dalam tersebut.

B. Mengecek bagian dalam dari ban luar.

Memastikan bagian dalam dari ban luar tersebut bersih tidak ada kotoran serta tidak runcingan baik itu dari tusukan paku, dan tusukan lainya dengan cara membersihkan dengan memakai kaos tangan atau juga kain hal itu bertujuan agar terkena luka pada saat membersihkan bagian dalam dari ban luar tersebut.

C. Mengontrol dan memastikan ban dalem aman dari bocor.
Mengontrol dan memastikan kondisi ban dalam telah aman dari kebocoran adalah sangat penting dilakukan.

Dan sebelum kita melakukan proses yang kami sebutkan di atas sebaiknya kita harus mempersiapkan alat alat yang di gunakan dalam proses pemasangan ban dalam pada sebuah sepeda motor, di antaranya adalah.

1. Sebuah kain atau kaos tangan.

2. Bak atau ember kemudian diisi air secukupnya.

3. Kunci dengan no 12, 14, serta 17. 19 atau kunci inggris.

4. Alat untuk mencongkel atau obeng min.

5. Kunci untuk membuka sentil atau pentil pada bagian dop pada ban dalam juga dapat  memanfaatkan tutup dop yang dilengkapi kunci sentil atau pentil.

Setelah alat yang akan di gunakan terpenuhi dan lengkap sekarang melangkah kedalam proses pemasangan ban dalem pada sebuah sepeda motor meliputi di antaranya.

A. Memasang sentil atau pentil pada bagian ban dalem

B. Memompa atau menambah tekan angin pada bagian ban dalam.


C. Mengontrol keamanan ban dalam.
Setelah ban dalam terisi angin kemudian mengontrol keamanan ban dalam, adapun untuk caranya memasukan ban dalam yan sudah terisi angin ke dalam bak atau ember yang terisi air sambil dengan memutar secara pelan pada bagian ban dalam untuk memastikan tingkat keamanan dari  bocor pada ban dalam .

D. Meratakan dalam memasang ban dalam.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta agar posisi yang sesuai dan mapan, pastikan memasang dengan benar serta rata pada ban dalam tidak melipat atau menekuk.

E. Pencongkelan atau pemasangan.
Dalam memasang ban dalam lebih berhati hati serta usahan congkel atau stang congkel tidak sampai mengenai ban dalam yaitu dengan cara mengepaskan bagian ujung congkel atau stang menempel terhadap bagian lingir bagian dalam setelah keduanya sudah menempel tarik stang congkel kebawah secara berurutan, secara perlahan tenang dan pasti. Perlu di ketahui biasanya pada saat proses memasang ban biasanya berbeda dengan pada saat membuka ban, kalau pada membuka ban awal yang lebih sulit akan tetapi pada saat memasang ban tingkat kesulitanya pada saat saat terakhir.

F. Memompa atau mengisi tekanan angin.
Apabila proses pemasangan selesai untuk selanjutnya adalah memsang mur pada bagian dop atau bunglon untuk ban dalem, dengan memkai kunci dengan no 12 sambil memasang sentil atau pentil pada dop atau bunglon ban dalem setelah itu semua selesai lakukannya proses pemompaan atu mengisi tekanan angin terhadap ban sebuah sepeda motor.


baca juga : asal usul motor honda pitung atau c70

Inilah cara atau tekhnik dalam memasang ban dalem semoga semua yang telah kami sampaikan dan informasikan ini dapat dengan mudah di pahami dan di mengerti sehingga dapat di praktekan semuanya. Sekian dan terima kasih sampai bertemu dan berjumpa lagi.

Wassalamualaikum warrohmatulah wabbarakatuh.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di