CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diancam AS, RI Terancam Batal Beli Sukhoi Su-35 Rusia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e727f4868cc9556b31e4871/diancam-as-ri-terancam-batal-beli-sukhoi-su-35-rusia

Diancam AS, RI Terancam Batal Beli Sukhoi Su-35 Rusia

Diancam AS, RI Terancam Batal Beli Sukhoi Su-35 Rusia

Diancam AS, RI Terancam Batal Beli Sukhoi Su-35 Rusia

Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia terancam batal membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35 Rusia karena ancaman sanksi dari Amerika Serikat.

Rumor pembatalan ini muncul setelah seorang pejabat Indonesia yang tak ingin disebutkan namanya menuturkan pihak AS telah menegaskan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo bisa kena sanksi jika terus melanjutkan kontrak dengan musuh bebuyutannya itu.

Dikutip dari Bloomberg, pejabat yang mengetahui kontrak pembelian jet itu mengatakan bahwa sejumlah rekan telah berulang kali mempertanyakan mengapa Indonesia tidak boleh membeli jet Rusia dalam beberapa pertemuan dengan pihak AS dan menteri pertahanan Negeri Paman Sam.

Pejabat itu memaparkan bahwa pejabat AS dengan gampangnya hanya menjawab bahwa itu adalah kebijakan Negeri Paman Sam.

Amerika memang memiliki undang-undang yang dapat menjatuhkan sanksi terhadap negara lain, terutama negara mitra, jika kedapatan menjalin transaksi alat utama sistem pertahanan (alutsista) dengan musuh AS.


Undang-undang itu dikenal dengan Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA). UU itu berlaku bagi Rusia dan beberapa negara lain yang juga dianggap AS ancaman seperti China.

Tak hanya memerintahkan Indonesia untuk membatalkan kontrak pembelian Su-35 dari Rusia, pihak AS juga menawarkan Indonesia untuk membeli F-16 buatannya.

Namun, pejabat Indonesia mengungkapkan Jakarta tengah mencari cara bernegosiasi dengan AS untuk membeli F-35.

Kedutaan Besar Rusia di Jakarta tak segera dapat menjawab pertanyaan CNNIndonesia.com untuk mengonfirmasi kabar soal kontrak pembelian Su-35.

Duta Besar RI di Moskow, Wahid Supriyadi, menjelaskan seluruh keputusan pembelian ada Jakarta. Pelaksana tugas juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, juga mengatakan keputusan akuisisi alutsista tersebut berada di Kementerian Pertahanan RI.

Dalam wawancara eksklusif dengan CNNIndonesia.com pada Februari lalu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva mengatakan bahwa sanksi merupakan strategi AS dalam persaingan industri pertahanan.

Namun, dia meyakini sanksi AS tidak akan mencegah dan menghentikan Indonesia membeli peralatan militer Rusia. Hal itu bisa dilihat dari mitra Rusia lainnya yang tidak terancam dengan sanksi AS dan tetap membeli alutsista dari mereka.

Dilansir dari kantor berita Sputnik, Rusia mengaku belum mendapat pemberitahuan resmi dari Indonesia jika ingin membatalkan kontrak pembelian senilai U$1,1 miliar itu.

Diancam AS, RI Terancam Batal Beli Sukhoi Su-35 Rusia

"Belum ada pernyataan penolakan resmi, tidak ada yang mengirimkan kami dokumen apa pun soal hal ini dan tidak ada pemberitahuan lisan kepada kami terkait ini. Jadi saya pikir ini informasi yang minim verifikasi," kata Direktur Kerja Sama Teknis Militer Rusia, Dmtry Shugaev.

Shugaev berharap kontrak pembelian ini masih berjalan lantaran Indonesia berminat untuk memiliki teknologi Su-35 Rusia. (rds/dea)
sumber

*********

Ayolaaah.... Jujur aja.
Masalah utamanya karena diancam AS atau karena ada kendala dalam skema pembayaran?
Bukankah Rusia sendiri agak berat dengan 2 hal yang diminta Indonesia? Pertama adalah skema pembayaran dengan 50% pembayaran melalui komoditas hasil perkebunan, dan yang kedua adalah pembangunan pabrik Sukhoi untuk transfer teknologi?

Tapi jika benar masalahnya adalah ancaman AS, maka terbukalah mata kita bahwa Indonesia tidaklah sebesar luas wilayahnya. Benar kita adalah bangsa yang besar. Tapi untuk urusan nyali, nampaknya nyali Indonesia tidaklah sebesar jumlah rakyatnya. Bahkan sejak era Suharto hingga Jokowi, Indonesia tetap tunduk kepada AS, siapapun presiden AS yang menjabat. Hanya era Sukarno kita benar-benar punya nyali sebagai bangsa yang besar.

Nyatanya, meskipun ada nama besar Prabowo Subianto di daftar pertama Departemen Pertahanan, toh AS tak peduli, dan Prabowo tak bisa berbuat apa-apa. Mau melawan? Pakai jalur apa untuk melawan? Lagipula justru Prabowo masih mengutak-utik isi perjanjian tekan kontrak pembelian 11 Sukhoi yang sudah diteken Menhan ssbelumnya pada bulan Februari 2018. Terlalu banyak maunya. Ibarat kata, jika pembeli terlalu cerewet minta ini itu kepada penjual, penjual juga akan malas meladeni.

Akankah Indonesia jadi berpaling pada pesawat tempur buatan AS? AS sendiri telah menawarkan pesawat tempur F16 (lagi) seri terbaru. Tapi nampaknya Indonesia justru enggan dan melirik F35. Makin mahal, makin ribet karena berpeluang kena sangsi tak akan bisa terbang andai AS melalukan kebiasaan buruknya memberi sangsi.

Ah, nampaknya mimpi rakyat Indonesia melihat skuadron lengkap Sukhoi baru sebatas mimpi.
Ya sudah, bermimpi sajalah kita.


profile-picture
profile-picture
extreme78 dan hawk memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Seharusnya klo ga boleh beli sukhoi rusia,amerika tawarin dong F-16 nya dgn harga lebih murah,pasti indonesia berpaling ke F-16 klo harga lebih murah..
Atau beli keduanya,beli sukhoi 6 biji,beli F-16 5 biji kan adil..emoticon-Traveller
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Santai ada opung luhut

emoticon-Request
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
skema pembayaran dengan 50% pembayaran melalui komoditas hasil perkebunan

.......
ebuset, kalo gue jualan krupuk, boleh bayar pajak skemanya 50% kerupuk gitu gak? emoticon-DP

kalo gue jualan batu nisan, bayar pajaknya pake batu nisan (+nama)??? emoticon-No Hope

padahal pemerintah sendiri ngatur alat pembayaran yg sah adalah uang rupiah, bukan hasil kebon emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan i.am.legend. memberi reputasi
Lihat 1 balasan


Buat TS :.

Jaman Soekarno memang jaman keemasan nasionalisme ke Indonesiaan yg kuat.

Krn kita baru aja merdeka dari penjajahan.

Tp jangan lupa, berita2 yg banyak beredar saat ini banyak menutup fakta lain sisi buruk hidup du wra Soekarno :

Krisis moneter paling parah, bahkan lebih parah dari krisis moneter 1998 jaman Soeharto.

Bahan pangan mahal

Kelaparan di mana-dimana

Konflik politik berkepanjangan

Konflik militer berkepanjangan (pemberontakan dimana-dimana). Di mana para pemberontak itu tadinya juga pejuang kemerdekaan. Tp membelot dari sistem pemerintahan Soekarno.

Imbasnya kepercayaan rakyat ke Soekarno juga menurun. Demo besar2an TRI TURA yg melumpuhkan Jakarta selama berhari2 itu juga wujud kekecewaan rakyat pada Soekarno.

Dan, Sovyet tdk ngasih bantuan ke Indonesia waktu itu. Tp ngasih utang senjata.

Jd pemerintahan itu semua ada plus minusnya.



profile-picture
fardanor memberi reputasi
Lihat 2 balasan
hubungan kerja sama dengan negara mana saja harus dijaga dengan baik
Beli punya mamarika ya kudu siap disetir ama mamarika lu gk bisa tembak sana sini pake tu pesawat gk manut ya diembargo kek duluemoticon-Leh Ugakalo ama ruski terserah lu hajar kanan kiri depan belakang yg penting lunasemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 2 lainnya memberi reputasi
F-35 sama F-22 Raptor Kan Rivalnya SU-35 kalo buat di lawan emoticon-Big Grin
Pantes di bikin sanksi, karena SU-35 harganya lebih murah dari F-35 karena speknya hampir sama emoticon-Big Grin

Ya emang2 gak mau tuh US, indo kenain sanksi kalau beli SU-35.

Brengsek emang tuh emoticon-Cape deeehh
majikan arob + superboss mamarika

kombo maut sesembahan babunistan.emoticon-Ngakak
ga pake drone aja kalo ribet pesawat tempur?
Beli di black market lah emoticon-Cool
Terancam gagal kan...pdhl periode kemarin dipake coly massal emoticon-Hammer2

Turki yg nakal aj. Kgg berkutik dimainin sama 2 negara supeh poweh. emoticon-Ngakak (S)

Ujungnya In US EH we trust emoticon-Ultah
sini bilangnya netral tp lengket ke cina ma rusia emoticon-Leh Uga
beli yg murah aja vigen ato gripen, lagian kan cukup bagus emoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
agahigh dan jokohadiningrat memberi reputasi
Quote:


Itu udah tradisi dari dulu kali om, terutama kerjasama dengan Russia.

Indo Russia pernah menggunakan skema yg sama ketika membeli alutsista demi keperluan operasi irian.
profile-picture
agahigh memberi reputasi
emg dr dulu ni pswt g bakal turun.
udh tau ane...terlalu banyak maunya kita.
profile-picture
GreatCapture memberi reputasi
G boleh beli SU-35 tp ditawarin F-16....emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Najis Klo emg niat harusnya kasih penawaran yg lbh menarik lah bangsyat....!!!! Kasih kek penawaran masing2 1 skad F-16 & F-15 diskon 30%...emoticon-Malu
Solusinya adalah kilapah emoticon-Marah kita tidak boleh disetir asing








Diancam AS, RI Terancam Batal Beli Sukhoi Su-35 Rusia
ai kolyou plis inpes tumai kontrih
sebenarnya ada alternatif ke3 yang nggak mungkin di ambil Indonesia yaitu membeli alustsista dari Israelemoticon-Cool
profile-picture
mabukmurah memberi reputasi
Biarin... su35 macan ompong..
F35 all the way!!!
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di