CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Apa itu St Patrick's Day?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7227f2337f93750c143417/apa-itu-st-patricks-day

Apa itu St Patrick's Day?

Kemarin, tanggal 17 Maret, sebagian besar dunia merayakan hari Saint Patrick atau St Patrick's Day. Namun, di sebagian besar tersebut tidak termasuk Indonesia. Bahkan, banyak dari kita yang belum tau apa sih yang dirayakan di hari tersebut?

Apa itu St Patrick's Day?

Zaman sekarang, hari Saint Patrick identik dengan parade besar-besaran di jalan mengenakan pakaian berwarna hijau dan juga konsumsi bir beralkohol. Namun, perayaan pertama hari Saint Patrick terjadi ratusan tahun yang lalu dan sangat berbeda dengan perayaannya dewasa ini.

Saint Patrick sendiri adalah sosok yang dikenal karena telah menyebarkan agama Kristen ke seluruh penjuru Irlandia. Yang mana Irlandia sekarang dikenal sebagai negara Kristen. Semasa hidupnya, ia sama seperti orang lain, tidak diistimewakan. Ia mulai dihormati di abad ke-7, tiga ratus tahun setelah kematiannya. Menurut Britannica, salah satu legenda yang paling terkenal mengenai dirinya adalah kebiasaanya menggunakan shamrock (daun bercabang tiga) untuk menjelaskan konsep Tritunggal -- Bapa, Putra, dan Roh Kudus -- ke umat non-Kristen.

Apa itu St Patrick's Day?
Pengunjung mengenakan kostum leprechaun.

Pada abad ke-17, tepatnya tahun 1631, sebuah hari raya untuk menghormati Saint Patrick mulai diadakan setiap tahunnya. Hari itu dirayakan setiap tanggal 17 Maret, yang dipercayai merupakan tanggal kematian Saint Patrick. Perayaannya sendiri lebih cenderung bersifat religius, daripada perayaan pesta seperti sekarang.

Di Boston pada tahun 1737, diadakanlah parade besar-besar hari Saint Patrick untuk yang pertama kalinya. Namun, New York lah yang sekarang mengadakan parade hari Saint Patrick paling besar di seluruh dunia. Parade di New York dimulai pada tahun 1762, ketika para prajurit perang asal Irlandia yang sedang menetap di New York memutuskan untuk berbaris di tengah kota. Dengan begitu, mereka tetap merasa dekat dengan rumah meskipun sedang berada jauh dari kampung halaman mereka.

Apa itu St Patrick's Day?
Sungai Chicago di hari Saint Patrick.

Bukan hanya di New York, di Chicago pun ada tradisi unik yang mereka lakukan setiap hari Saint Patrick. Sungai Chicago atau Chicago River diwarnai menjadi hijau terang, yang merupakan warna yang identik dengan negara Irlandia. Namun, warna itu baru menjadi simbol Irlandia sejak terjadinya Pemberontakan Irlandia terhadap Inggris Raya pada tahun 1798. Untuk membedakan diri dari tentara Inggris Raya yang mengenakan seragam merah, para tentara Irlandia mengenakan seragam berwarna hijau, dan hingga sekarang warna tersebut melekat dengan identitas negara mereka.

Di Irlandia sendiri, hari Saint Patrick selalu membawa jutaan turis untuk datang merayakan langsung kesana, yang tentunya memberikan keuntungan untuk keuangan mereka. Sayang, karena adanya virus Corona yang sedang mewabah, banyak perayaan hari Saint Patrick yang mesti dibatalkan tahun ini. Namun tentunya, orang-orang akan tetap merayakan sendiri, meskipun hanya acara kecil-kecilan.

Diterjemahkan dari artikel di Insider, "The history behind St. Patrick's Day". 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakksss383 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TheNinetiesKid
Halaman 1 dari 4
Reserved emoticon-Angkat Beer

Quote:
profile-picture
NunggingGan memberi reputasi
Diubah oleh TheNinetiesKid
nice info gan.

tp 300 thn setelah kematiannya? wew
profile-picture
TheNinetiesKid memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nice inpoh.
sampe jd judul lagu greenday
profile-picture
TheNinetiesKid memberi reputasi
St. Patrick's Day populer di dunia karena keturunan Irlandia ada di mana-mana, terutama negara-negara Barat. Bahkan populasi mereka jauh melebihi negeri induk.

Amerika Serikat memiliki sekitar 33 jt-an keturunan Irlandia, itu berarti 11% dari total populasi. Afrika Selatan, Argentina, Inggris, Kanada, dan Meksiko juga memiliki keturunan Irlandia yang lumayan banyak. Dari beberapa negara tujuan migrasi, Australia memiliki persentase terbesar sekitar 7 jt-an atau 30% dari total populasi.

Ciri-ciri keturunan Irlandia bisa melihat nama belakang mereka yang biasa menggunakan partikel Mc atau O'. Mc berarti "anaknya si" mirip akhiran -son atau -sen dalam budaya Jermanik. Kalau O' berarti "keturunan dari". McCain, McCarthy, McMenemy, O'Brien, O'Connor, O'Sullivan, dll. Cuma nggak harus Mc dan O' juga, seperti Fitzgerald, Kelly, Kennedy, Murphy, Nolan, dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nagari dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kenapa nggk irish day gitu emoticon-Ngakak
Baru tau aku emoticon-Cendol Gan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
profile-picture
fachri15 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bakal jadi penyebab meledaknya korban corona lewat event ini emoticon-Hammer2
.
Atas gue homo
Diubah oleh queenyza
wah sungainya itu jadi ijo emoticon-Wow
pakai apa supaya hijau
Hari raya santo patrick atau patrisius kalo di indonesia. Seorang yg dianggap sebagai santo pelindung irlandia. Dimana orang irlandia berada, disitu st. patrick beserta emoticon-Smilie
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Dan nama yg berakhiran "an" juga sudah pasti keturunan irlandia. Hogan, brennan, callahan, nolan, sheeran, sullivan, donovan, keegan, riordan, milligan emoticon-Smilie
profile-picture
astrophel memberi reputasi
Diubah oleh jokerandbane
Apa itu St Patrick's Day?
Oalah klo di info fransiskus ya penyebar agama katolik

Gembokedemoticon-Shakehand2
Diubah oleh arco12
wah keren nih
wow nais info. ane dari dulu denger saint patrick tp gak ngerti itu apa/siapa
wowow.. unik yaa kisahnyaa... bahkan baru dimasyurkan namanya setelah ratusan tahun... semogaa hidup bahagia di syurga sana ya eyang...
kebiasaaanyya menggunakan shamrock (daun bercabang tiga) untuk menjelaskan konsep Tritunggal-Bapa,Putra, dan Roh Kudus ke umat nonKristen masih belum ada bayangan di benak ane nih gan sis.. kayak mana sih?? ada yang punya fotonya?? share dong...
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di